Tujuh Pilihan Olahraga Di Malam Hari | Qerja

Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk

Eka Utami, 2 years ago
Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk

Waktu terbaik untuk olahraga dilakukan pada pagi hari ketika udara masih segar dan belum tercemar polusi. Tetapi, terkadang pekerja yang sibuk tidak punya banyak waktu untuk olahraga sebelum berangkat ke kantor.

Sebagian orang bahkan tak sempat melakukan banyak gerakan di sela jam kerja waktu siang hari. Untuk menyiasati hal ini tidak sedikit pegawai yang memilih untuk melakukan olahraga malam. Nah, kira-kira olahraga apa saja yang bisa Anda lakukan di malam hari?

Jalan Kaki

Jika Anda berniat olahraga malam hari, sebaiknya memilih aktivitas fisik ringan dan santai seperti jalan kaki. Olahraga ini tidak harus dilakukan di tempat khusus. Setelah selesai bekerja, Anda bisa saja berjalan kaki dari kantor menuju stasiun kereta terdekat.

Jalan kaki malam hari bisa dilakukan 15 menit setelah makan malam. Anda akan merasakan berbagai manfaat seperti kesehatan sistem pencernaan yang prima, terhindar dari risiko obesitas, pembakaran kalori dan lemak lebih baik, hingga menstabilkan gula darah dan sirkulasi darah.

Lari

Olahraga lari pada malam hari menjadi tren di kalangan pekerja kantoran di kota besar sejak beberapa tahun terakhir. Lari di malam hari masih aman untuk dilakukan asalkan memenuhi batasan tertentu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan lari malam hari antara lain tidak makan sebelum berolahraga, tidak berlebihan, dan mengenali kapasitas diri.

Lari pada malam hari bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk karyawn yang sibuk seperti Anda. Beberapa kelebihan berlari malam hari, misalnya membantu membakar kalori, detoksifikasi, membentuk otot, relaksasi, hingga mengatasi gangguan tidur. Orang yang terbiasa lari pada malam hari akan merasakan kualitas tidur yang lebih baik dan tubuh yang segar di pagi hari.

Baca Juga: Tips dan Trik Berolahraga di Tempat Kerja

Bersepeda

Pekerja yang pergi ke kantor dengan bersepeda, tentu akan pulang kerja dengan cara yang sama. Jika Anda ingin melakukan olahraga bersepeda setelah pulang kerja sebaiknya memperhatikan hal seperti kesiapan fisik, peralatan, lampu, hingga rencana rute. Kalau bisa, pilih jalur sepeda yang relatif sepi dari kendaraan bermotor agar terhindar dari paparan polusi berlebihan.

Olahraga malam seperti bersepeda bisa membantu menurunan tingkat stres dan menciptakan tidur berkualitas. Olahraga malam juga mampu menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan membuat otot lebih lentur.

Berenang

Berenang malam hari di kolam renang umum justru akan memberi keuntungan pada pekerja yang sibuk. Anda akan merasa lebih tenang saat melakukan olahraga karena suasana area olahraga yang lebih sepi ketimbang siang hari. Selain itu, setelah berenang malam hari, Anda akan merasakan tidur lebih lelap.

Anda bisa melakukan olahraga ini pada malam hari asalkan tidak berlebihan. Jika sudah merasa cukup menggerakkan badan di dalam air, maka berhentilah. Jangan terlalu lama berendam di dalam air agar tidak terkena penyakit rematik, dan menurunkan daya tahan tubuh.

Olahraga di Pusat Kebugaran

Sumber : Victor Freitas

Jika tempat kerja Anda dekat dengan pusat kebugaran –atau bahkan berada di satu gedung yang sama, mengapa tidak memanfaatkan fasilitas tersebut? Anda bisa membuat kartu keanggotaan di pusat kebugaran dan mampir untuk melakukan beberapa latihan setelah pulang kerja. Atur waktu berolahraga di pusat kebugaran agar tidak terlalu lama sehingga mendekati jam tidur.

Latihan beban di pusat kebugaran pada malam hari baik untuk pembentukan otot yang optimal. Hal ini karena pada malam hari, tubuh mengeluarkan hormon lebih banyak untuk memperbaiki –dan memperbesar otot. Tetapi, jika tujuan olahraga bukan untuk memperbesar otot, Anda bisa memilih alat latihan yang lebih ringan seperti sepeda statis atau treadmill.

Yoga

Olahraga malam setelah pulang kerja juga bisa dilakukan setelah sampai di rumah. Anda dapat melakukan yoga sekitar 2-3 jam setelah makan malam. Beberapa pose yoga yang boleh dicoba contohnya gerakan cium lutut, dan yoga nidra atau yoga tidur.

Setelah yoga, Anda bisa mengudap buah-buahan. Kemudian, satu jam kemudian, Anda baru bisa tidur dan merasakan manfaat olahraga malam dengan optimal. Yoga malam dapat membantu menenangkan dan menyegarkan.

Tai Chi

Ternyata, jenis bela diri ini adalah salah satu olahraga yang aman untuk dilakukan pada malam hari. Tai Chi adalah gabungan seni bela diri dan olahraga yang menampilkan gerakan menyerupai aliran air yang tenang.

Gerakan Tai Chi membuat orang merasa lebih tenang. Setelah melakukan Tai Chi pada malam hari, Anda akan merasakan aliran darah lebih lancar menuju otak, dan tidur lebih nyenyak. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next