Tujuh Perusahaan Startup Asal Yogyakarta | Qerja

Tujuh Perusahaan Startup Asal Yogyakarta

Eka Utami, 10 months ago
Tujuh Perusahaan Startup Asal Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota ideal untuk memulai startup atau usaha rintisan berbasis internet. Di Kota Pelajar ini, tersedia ekosistem pendukung yang bisa membuat startup digital tumbuh subur, seperti pusat kreatif, coworking space, serta inkubator.

Beberapa startup yang namanya tak asing di telinga antara lain Sale Stock Indonesia dan Kulina adalah contoh usaha rintisan dari Yogyakarta. Berikut sejumlah startup yang dirintis di Kota Pelajar tersebut.

Fitinline

Tujuh Perusahaan Startup Asal Yogyakarta
Sumber: Fancycrave.com

Usaha Fitinline dimulai pada 2012. Saat itu, Fitinline mulai menyediakan layanan jahit online. Setelah menyadari usaha tidak berkembang, pendiri Fitinline memutuskan melakukan dua kali pivot. Kini, mereka memutuskan melakukan pengembangan, perbaikan, dan penstrukturan layanan menjadi e-learning, social network, dan marketplace.

Fitinline telah menghubungan masyarakat yang ingin membuat pakaian dengan vendor-vendor pembuat pakaian. Mereka mengklaim telah bekerja sama dengan lebih dari 180 vendor pakaian, dan sejumlah pemasok bahan baku pakaian. Semua pelayanan konsumen Fitinline tersebut berpusat di Perumahan Titibumi Residence, Sleman, Yogyakarta.

Sale Stock Indonesia

Sale Stock Indonesia adalah sebuah startup mobile-commerce yang didirikan oleh pasangan suami istri asal Yogyakarta, Lingga Madu dan Ariza Novianti pada 2014. Bisnis perusahaan ini adalah menjual pakaian wanita berkualitas dengan harga terjangkau. Sale Stock merupakan salah satu fashion start-up berbasis teknologi yang memberikan fasilitas bayar di tempat di seluruh Indonesia. Sale Stock juga menawarkan layanan pengembalian barang sampai dengan 30 hari dan tanpa biaya kirim untuk seluruh wilayah Indonesia

Menurut survei iPrice, Sale Stock berada di peringkat ke tujuh sebagai e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Jumlah pengunjung situs Sale Stock pada kuartal tiga 2018 mencapai 4.333.000 per bulan. Sale Stock terus memanfaatkan kekuatan media sosial untuk mendapat engagement dengan masyarakat.

Kulineran

Kulineran adalah situs jasa pesan antar makanan secara online di Yogyakarta. Melalui Kulineran, warga Yogyakara dan sekitarnya bisa memilih ribuan menu dari 105 resto yang telah tergabung bersama startup tersebut.

Usaha rintisan ini didirikan oleh Ogi Sigit Pornawan, Herlin Dwi Yudiandari, Nugroho Andi Hastanto, Mariana Ros Afianti, dan Ferry Wiharsasto pada 2014. Berbekal data kenalan partner restoran yang menawarkan menu khas, pendiri Kulineran berharap bisa membidik pasar masyarakat Yogyakarta yang butuh jasa pengantaran makanan online. Kini, Kulineran telah berhasil mendapat ribuan member dan menjalankan puluhan order delivery setiap hari.

Baca Juga: Mengapa Generasi Milenial Lebih Memilih Startup Berisiko Dibandingkan Jenjang Karier Tradisional?

Kulina

Selain Kulineran, startup lain asal Yogyakarta yang bergerak di bisnis pengantaran makanan adalah Kulina. Awalnya, Founder Kulina, Andy Fajar Handika adalah pengusaha kuliner yang menjalankan usaha restoran. Saat masih menjalankan restoran Foodfezt, Andy juga mengembangkan bisnis delivery makanan dengan nama Makandiantar pada 2015.

Mulanya, Makandiantar hanya beroperasi di Yogyakarta dan menawarkan menu makanan dari restoran FoodFezt. Sekarang Kulina telah berkembang menjadi platform marketplace yang mempertemukan antara katering dengan pelanggan secara online. Kulina mengklaim telah melayani pemesanan makanan hampir di seluruh wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Mereka bisa mendapatkan pesanan sekitar 3000-5000 porsi sehari.

Tonjoo

Tonjoo adalah startup yang terdiri dari para WordPress Developer di Yogyakarta. Perusahaan rintisan ini didirikan oleh Pranowo S. Putro dan Todi Adiyatmo, yang menguasai berbagai bahasa pemrograman.

Kini, Tonjoo adalah situs web yang menawarkan jasa pengembangan perangkat lunak di Jakarta dan Yogyakarta. Mereka akan membantu klien untuk merancang, mengembangkan, dan menyediakan situs web berbasis WordPress, situs web khusus, sistem informasi, berbagai plug-in, aplikasi seluler, pemasaran digital, dan sebagainya. Keahlian khusus Tonjoo terutama pada teknologi WordPress.

RUNSystem

Bisnis RUNSystem dimulai pada 2013 di Yogyakarta. Perusahaan rintisan ini didirikan oleh Sony Rachmadi Purnomo dan Tan Kian Gee yang berharap bisa membantu pengembangan perusahaan manufaktur. Pada tahun 2014 pula RUNSystem mengikuti program Indigo Incubator 2014 yang diadakan oleh PT. Telkom Indonesia. Startup ini akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari PT. Telkom Indonesia, Tbk dalam rangka pengembangan produk dan layanan.

Kini, RUNSystem telah menjadi startup penyedia layanan software ERP untuk bisnis skala menengah hingga besar di industri manufaktur, distribusi, perdagangan, dan jasa. ERP adalah Enterprise Resource Planning, sebuah aplikasi manajemen bisnis untuk pengelolaan bisnis terintegrasi. Mereka membuka layanan untuk perusahaan di indonesia dan tidak menutup kemungkinan klien dari wilayah Asia Pasifik.

Pijar Psikologi

Tujuh Perusahaan Startup Asal Yogyakarta
Sumber: Pixabay

Mikael Reno Prasasto merasa terganggu dengan anggapan orang tentang ilmu psikologi yang dilihat seperti praktik perdukunan. Hal itu terjadi akibat pengetahuan kesehatan mental yang minim di kalangan masyarakat. Maka, ia punya ide untuk mendirikan Pijar Psikologi untuk memberikan informasi dan jasa layanan konsultasi kesehatan mental. Startup asal Yogyakarta ini diwujudkan pada Januari 2015 dengan bantuan 14 psikolog.

Pijar Psikologi telah menjadi sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses. Para pendiri perusahaan bercita-cita mengedukasi masyarakat sehingga timbulnya kesadaran akan permasalahan psikologis. Pada akhirnya, stigma negatif mengenai permasalahan psikologis dapat dikurangi. Dan, apabila masyarakat mengalami masalah psikologis, akan melakukan tindakan tepat.

Dengan berkembangnya berbagai perusahaan startup di Yogyakarta, kini Anda bisa melihat kota tersebut sebagai salah satu tempat yang menarik untuk memulai karir. Jika Anda berniat mencari lowongan kerja di Yogyakarta, jangan lewatkan penawaran posisi terbaik dari berbagai perusahaan rintisan tersebut. –Qerja

Baca Juga: Kandidat seperti Apa yang Dicari Perusahaan Startup?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next