Mau Berkarir di Bidang IT? Cek Dulu Gajinya | Qerja

Mau Berkarir di Bidang IT? Cek Dulu Gajinya

Eka Utami, 4 months ago
Mau Berkarir di Bidang IT? Cek Dulu Gajinya

Karir di bidang IT menjanjikan masa depan cerah seiring dnegan berkembangnya startup digital di berbagai kota di Indonesia. Sementara itu, talenta berbakat yang paham teknologi ini juga masih dicari oleh berbagai perusahaan, mulai dari yang bergerak di sektor industri manufaktur hingga consumer goods.

Seseorang yang berniat meniti karir di bidang IT mestinya punya modal ilmu dari sekolah formal maupun otodidak, keinginan kuat untuk mengulik hal-hal berbau teknologi, dan punya passion yang besar. Kalau Anda sudah siap masuk ke dunia kerja dan meniti karir di bidang IT, cek dulu besaran gaji untuk berbagai profesi yang berkaitan dengan teknologi seperti disarikan dari Salary Guide konsultan Kelly Service dan Michael Page berikut ini.

Data Analyst

Mau Berkarir di Bidang IT? Cek Dulu Gajinya
Sumber: Rawpixel.com

Data Analyst bertugas mengolah data angka menjadi laporan untuk manajemen. Laporan tersebut digunakan untuk mengambil keputusan bisnis seperti penentuan harga produk, hingga strategi mengurangi biaya produksi.

Pada panduan gaji versi Kelly Service, profesional Data Analyst di sektor IT yang merupakan lulusan sarjana dan sudah punya pengalaman kerja 2 tahun bisa dijanjikan gaji minimal Rp 10 juta, dan maksimal Rp 12,5 juta. Sementara lulusan diploma yang baru berpengalaman kerja selama setahun akan ditawari gaji sekitar Rp 4 juta sampai Rp 4,5 juta.

Database Administrator

Pada artikel Qerja pekan lalu, kita sudah membahas profesi Database Administrator yang bertugas merancang, mengimplementasikan, mengelola, merawat, hingga memperbaiki kesalahan basis data organisasi. Pekerjaan menjaga data ini, juga memegang peran penting di perusahaan di bidang IT.

Pelamar kerja lulusan sarjana yang ingin meniti karir menjadi Database Administrator bisa mengharapkan gaji mulai dari 7 juta. Sementara profesional senior ada yang dibayar hingga Rp 17 juta. Biasanya, perushaan akan memberi syarat pengalaman kerja 4-7 tahun untuk posisi Database Administrator.

Baca Juga: 5 Sertifikat Penting untuk Sukses di Bidang IT

Java Programmer

Konsultan Kelly Service menandai profesi Java Programmer sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan pada 2018. Orang yang ahli dalam bahasa pemrograman Java diharapkan mampu membuat berbagai aplikasi untuk mobile, desktop, hingga web.

Lulusan sarjana bidang IT yang baru memulai karir sebagai Java Programmer bisa mengharapkan gaji mulai dari Rp 8 juta. Sementara, tenaga profesional Java Programmer yang sudah berpengalaman kerja sampai 8 tahun bisa menerima gaji hingga Rp 20 juta.

Software Engineer

Michael Page mencatat profesi Software Engineer, sebagai salah satu yang paling dibutuhkan di 2018, mulai dari entry level hingga senior. Profesional di bidang ini melakukan aktivitas engineering, mulai dari analisa, rekayasa, hingga implementasi untuk menghasilkan sebuah software yang mampu memecahkan masalah.

Software Engineer dengan predikat sarjana bisa dapat gaji sekitar Rp 5 juta hingga 15 juta. Bisanya, perusahaan meginginkan tenaga software engineer yang sudah berpengalaman kerja selama dua hingga enam tahun.

UI/UX Manager

Pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT, ada banyak peran yang terkait dengan User Interface atau User Experience. Sebagai contoh, UX Researcher yang bertugas mencari tahu kebutuhan pengguna sebagai salah satu ‘bahan dasar’ dalam pembuatan produk. Sementara UX Designer bertugas merancang produk agar mudah digunakan konsumen.

Sementara untuk posisi lebih tinggi terdapat peran UI/UX Manager yang diharapkan mampu mengelola beberapa produk agar tercipta user experience yang positif. Manager dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan, komunikasi, mengelola tim dan bisa bekerja sama dengan divisi lain. Menurut catatan Kelly Service, perusahaan mencari UI/UX Manager yang sudah berpengalaman kerja 5-10 tahun, dan dijanjikan gaji mulai Rp 25 juta hingga Rp 40 juta.

Buat Anda yang sedang mencari lowongan kerja IT, sebaiknya melakukan riset gaji terlebih dahulu. Pengecekan gaji di industri yang Anda geluti penting untuk modal negosiasi pada tahap akhir wawancara kerja. Sebagai tambahan, untuk profesional di bidang IT yang ingin mencari tantangan baru di luar tempat kerja sekarang, Anda bisa mengharapkan kenaikan penghasilan 20-35 persen saat pindah kerja. –Qerja

Baca Juga: 10 Profesi Bidang IT Dengan Gaji Rata-Rata Tertinggi



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next