Mengenal Cara Kerja Dengan Sistem Startline | Qerja

Mengenal Cara Kerja Dengan Sistem Startline

Eka Utami, 4 weeks ago
Mengenal Cara Kerja Dengan Sistem Startline

Startline adalah cara kerja alternatif pengganti deadline. Dengan cara kerja startline, pikiran kita tidak mengarah pada penyelesaian pekerjaan sesuai waktu yang telah ditentukan. Tetapi, target kita adalah bagaimana cara untuk segera memulai kerja.

Tertarik untuk mengetahui cara kerja dengan startline lebih jauh? Berikut penjelasannya.

Startline dan Orientasi Tugas

Cara Kerja Cerdas Dengan Startline
Sumber: Rawpixel.com

Startline membuat kita melihat tugas dan waktu dengan cara yang berbeda. Kita tidak lagi bekerja sambil melihat jam dinding setiap saat, tetapi fokus saja pada tugas itu sendiri. Jadi, Anda tidak dikendalikan waktu, melainkan tugas.

Anda juga tidak harus mengidentifikasi pekerjaan berdasarkan prioritas dan target. Anda bisa bekerja sesuai kemampuan. Ketika sedang merasa sangat produktif, Anda bisa memilih dua pekerjaan menantang dan menyelesaikannya dalam sehari.

Selama bekerja, Anda akan merasa terikat dengan tugas, tenggelam dalam pekerjaan. Kunci utama dalam cara kerja startline adalah fokus. Dengan perhatian yang penuh, tanpa terasa pekerjaan itu akan selesai seutuhnya.

Baca Juga: Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Bekerja Menjelang Deadline

Kerja Cerdas dengan Startline

Untuk memulai kerja dengan startline, Anda perlu menulis daftar tugas yang harus diselesaikan. Kemudian, Anda bisa membuat perencanaan waktu memulai pekerjaan. Batasi diri Anda dengan memilih tiga pekerjaan untuk diselesaikan setiap hari. Anda bisa mengombinasikan pekerjaan sulit dan mudah sesuai kemampuan.

Anda bisa membagi setiap tugas ke dalam bagian-bagian kecil. Misalnya, Anda harus membuat laporan, maka akan ada pekerjaan memasukkan data hingga analisis. Lalu, Anda bisa fokus untuk merampungkan setiap tugas kecil agar bisa menyelesaikan keseluruhan pekerjaan besar.

Ingat, kita tidak bekerja dengan deadline, jadi Anda hanya perlu bekerja untuk menyelesaikan tugas harian sesuai rencana tanpa terpaku waktu. Tetapi, jika akhirnya Anda tidak berhasil menyelesaikan salah satu tugas, maka coba buat lagi startline baru untuk tugas tersebut.

Startline Vs Deadline

Cara Kerja Cerdas Dengan Startline
Sumber: Black Ice

Kebanyakan orang yang bekerja dengan deadline cenderung menunda pekerjaan hingga mendekati masa tenggat. Katanya, deadline bisa memacu adrenalin sehingga semua ide dan kreativitas bisa keluar seketika. Akhirnya, pekerjaan bisa selesai juga dalam waktu yang relatif singkat.

Tetapi, selama bekerja mendekati deadline, Anda akan merasakan tekanan. Stres yang dialami menjelang batas waktu berpotensi membuat Anda melakukan kesalahan. Jika Anda gagal fokus dan membuat kekeliruan yang fatal, maka tidak ada waktu lagi untuk memperbaikinya.

Sementara itu, jika bekerja dengan startline, Anda akan merasakan motivasi untuk memulai kerja sesuai rencana yang sudah ditentukan. Setelah itu, perhatian Anda akan terfokus pada penyelesaian tugas, bukan soal waktu. Jika menyelesaikan tugas lebih cepat, maka bisa langsung beralih ke pekerjaan berikutnya, sehingga Anda lebih produktif.

Sebagai bonus, Anda bahkan bisa memiliki banyak waktu luang setelah jam kerja tanpa merasa khawatir. Anda akan merasa bahagia setiap kali berhasil menyelesaikan tugas. Pada akhirnya, Anda bisa mewujudkan keseimbangan kehidupan dan pekerjaan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk bekerja cerdas dengan startline? –Qerja

Baca Juga: Ketika Anda akan Melanggar Deadline Pekerjaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next