Cara Menyiapkan Dana Pensiun Di Usia 30-an | Qerja

Strategi Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 30-an

Eka Utami, 11 months ago
Strategi Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 30-an

Idealnya, menabung dana pensiun sudah dimulai sejak usia 20 tahunan. Jadi, sejak mendapatkan pekerjaan pertama, seseorang sudah harus memikirkan hari tua. Namun, kebanyakan orang melupakan pentingnya dana pensiun ketika usia muda. Selain untuk membiayai gaya hidup, biasanya uang gaji habis untuk membayar cicilan.

Menginjak usia 30-an, orang sudah mulai dewasa dan bijak dalam berpikir. Pada usia ini, sebagian orang sudah mulai berhitung untuk dana pensiun. Meskipun Anda bekerja sebagai aparatur sipil negara dan punya BPJS Ketenagakerjaan, alangkah baiknya mempersiapkan dana pensiun mandiri. Jika memiliki dana pensiun sendiri, Anda bisa menikmati hari tua dengan gaya hidup yang sama seperti saat masih bekerja.

Berikut strategi menyiapkan dana pensiun mulai usia 30-an.

Tagihan Vs Tabungan

Strategi Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 30-an
Sumber: Pixabay

Di umur 20 tahunan, Anda sudah terlanjur mengambil beberapa aset untuk kenyamanan hidup, mulai dari barang elektronik, kendaraan, hingga rumah. Pada usia 30-an, Anda tinggal melunasi cicilan untuk barang-barang tersebut. Selain itu, Anda juga mesti membayar tagihan bulanan lainnya seperti listrik, air, internet, televisi berbayar, kartu kredit, dan uang sekolah anak bagi yang sudah memiliki keturunan.

Biaya hidup sehari-hari, cicilan dan tagihan adalah kewajiban yang tidak bisa ditunda. Jadi, Anda harus menempatkan alokasi dana gaji untuk pos tersebut di daftar teratas. Kemudian, Anda bisa mengatur strategi untuk penempatan sisa uang Anda untuk pos yang lain, salah satunya untuk dana pensiun. Kalau bisa, pisahkan rekening pembayaran tagihan dan tabungan pensiun.

Baca Juga: Ya, Anda Bisa Pensiun di Usia 40-an

Otomatisasi Tabungan

Untuk memulai kebiasaan menabung dana pensiun, memang harus “dipaksa”. Anda mungkin akan berpikir berkali-kali untuk memindahkan sejumlah dana dari rekening gaji ke tabungan khusus pensiun setiap bulan. Anda akan tergoda untuk menggunakan uang demi keperluan konsumtif yang lain.

Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan layanan jasa potongan otomatis atau tabungan rencana di bank. Besaran dana pensiun yang disisihkan tergantung gaji saat ini, dan target keuangan di masa depan.

Investasi

Strategi Menyiapkan Dana Pensiun Mulai Usia 30-an
Sumber: Rawpixel.com

Salah satu strategi untuk mulai menyiapkan dana pensiun adalah dengan berinvestasi. Pilihan instrumen investasi dengan bunga majemuk yang bisa Anda pertimbangkan yaitu reksadana saham atau campuran. Reksadana saham sendiri dapat memberikan imbal hasil sekitar 12 persen per tahun. Bunga tersebut di atas rata-rata inflasi nasional yang berkisar antara 8-10 persen.

Seseorang yang mampu menyisihkan Rp 500 ribu per bulan pada usia 35 tahun, bisa mengumpulkan uang hingga Rp 120 juta pada usia 55 tahun. Jika uang Anda ‘ditabung’ di reksadana saham, berdasarkan perhitungan simulasi di situs Bareksa.com, dana yang terkumpul bisa bertumbuh hingga Rp 500 juta.

Jika Anda baru menyadari pentingnya dana pensiun menjelang usia 40 tahun, maka tetap bisa menggunakan strategi di atas untuk menyiapkan dana pensiun mandiri. Namun, besaran dana yang harus disisihkan setiap bulan harus lebih besar. Dengan dana pensiun mandiri, maka kehidupan hari tua Anda akan lebih nyaman. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Investasi untuk Dana Pensiun



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next