Mau Cari Kerja di Awal 2019? Lakukan Persiapan ini Mulai Sekarang | Qerja

Mau Cari Kerja di Awal 2019? Lakukan Persiapan ini Mulai Sekarang

Eka Utami, 2 weeks ago
Mau Cari Kerja di Awal 2019? Lakukan Persiapan ini Mulai Sekarang

Mungkin, Desember memang bukan waktu yang tepat untuk mencari kerja. Kebanyakan perusahaan sedang sibuk untuk membereskan laporan akhir tahun. Bahkan, sebagian perusahaan sudah tidak efektif bekerja menjelang akhir tahun.

Tetapi, hal ini bukan berarti usaha mencari kerja harus berhenti. Buat Anda yang ingin mulai mencari kerja di awal 2019, lakukan berbagai persiapan  ini mulai dari sekarang.

Memperbaharui Berkas Lamaran

Mau Cari Kerja di Awal 2019? Lakukan Persiapan ini Mulai Sekarang
Sumber: Lukas

Memperbaharui berkas lamaran kerja bukan hanya menambah daftar prestasi atau keahlian baru di lembar curriculum vitae. Tetapi, salah satu persiapan yang mesti Anda lakukan adalah mencari tahu bentuk surat lamaran atau format CV yang relevan untuk mencari kerja di tahun 2019. Apakah mereka masih menerima berlembar-lembar berkas lamaran atau menyukai resume yang singkat dan padat?

Untuk mendapatkan informasi tentang hal tersebut, Anda bisa bertanya pada teman yang bekerja di divisi sumber daya manusia. Anda juga bisa menanyakan pada kolega yang mendapatkan pekerjaan baru akhir-akhir ini.

Memoles Tampilan Media Sosial

Bukan rahasia lagi kalau perekrut zaman sekarang meneliti calon kandidat dari media sosial. Jadi, gunakan waktu luang di Bulan Desember ini untuk “bersih’bersih” sosial media.

Anda bisa menghapus beberapa foto yang tidak layak, ujaran kebencian ketika sedang emosi, dan berbagi artikel berlebihan di media sosial. Beberapa uanggahan tersebut bisa memberikan pesan yang salah untuk perekrut. Poles media sosial dengan baik untuk menunjukkan persona diri Anda di mata perekrut.

Baca Juga: Tahun Terakhir Kuliah? Ini Saatnya untuk Cari Kerja

Mempersiapkan Rekomendasi

Hampir semua orang di jaringan tahu bahwa Anda adalah tenaga kerja andal yang bertalenta. Etos kerja Anda pun tidak diragukan lagi. Tetapi, tidak semua orang di jaringan merasa nyaman jika tiba-tiba mendapat telepon tak dikenal yang menanyakan tentang profesionalitas Anda.

Jadi, salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan sekarang adalah menghubungi orang-orang yang bisa memberikan rekomendasi untuk mencari kerja di tahun 2019. Katakan pada mereka bahwa Anda sedang mempersiapkan diri untuk kembali ke bursa kerja tahun depan. Anda bisa meminta izin pada mereka agar namanya bisa dicantumkan untuk referensi.

Cuti Januari

Kebijakan libur akhir tahun di berbagai perusahaan berbeda-beda. Ada perusahaan yang meliburkan seluruh karyawannya sejak Hari Natal hingga Tahun Baru dengan memotong cuti tahunan. Ada pula perusahaan yang membebaskan karyawannya memilih hari liburnya sendiri.

Jika Anda masih punya sisa jatah libur yang belum hangus hingga tahun depan, maka persiapan yang bisa dilakukan adalah mengajukan cuti untuk Januari dari sekarang. Hari libur Anda di bulan mendatang bisa digunakan untuk mengikuti proses mencari kerja, mulai dari menyusun berkas lamaran, hingga menghadiri wawancara kerja.

Meningkatkan Keterampilan

Pahami kekurangan Anda dalam hal keterampilan kerja. Apakah Anda merasa ada satu atau dua jenis pekerjaan yang selalu dilalui dengan berbagai kesulitan?

Anda bisa melakukan persiapan dengan mengambil kursus online singkat untuk meningkatkan keterampilan. Anda juga bisa membaca buku untuk menambah keahlian yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan impian di tahun 2019.

Selain beberapa tip di atas, Anda juga bisa mempersiapkan penampilan untuk menghadiri wawancara kerja di awal tahun depan. Anda bisa memanfaatkan diskon Natal dan Tahun Baru untuk mendapatkan dasi, scarf, atau blazer terbaru dengan kualitas baik, tetapi harga lebih murah. Dengan melakukan berbagai persiapan mencari pekerjaan lebih awal, maka Anda akan lebih percaya diri untuk mendapatkan pekerjaan baru di tahun 2019. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Tips Berjejaring untuk Pencari Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next