Merk Paling Populer di Indonesia 2018 | Qerja

Apa Saja Merk Paling Populer Di Indonesia Tahun 2018 Ini?

Riyan Sugandy, 3 months ago
Apa Saja Merk Paling Populer Di Indonesia Tahun 2018 Ini?

Walaupun tidak berbentuk secara nyata, brand merupakan sebuah aset yang cukup berharga dalam sebuah bisnis. Brand atau merk merupakan sebuah identitas dari produk dan layanan yang Anda jual kepada para costumer Anda.

Oleh karena itu, tidak jarang sering diadakan ajang penghargaan tahunan kepada brand atau merk yang berhasil menjaga citra yang mereka miliki. BrandZ, sebuah layanan penilai merk internasional yang dikelola oleh perusahaan Millard Brown, memberikan penilaian untuk merk-merk terkemuka di seluruh dunia.

Berikut ini adalah lima merk asal Indonesia dengan nilai tertinggi di tahun 2018 berdasarkan BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018 yang dirilis pada bulan Oktober 2018 lalu.

Bank Mandiri

merk paling populer

Bank BUMN ini menempati peringkat kelima dalam daftar yang dirilis oleh BrandZ. Merk Bank Mandiri mendapatkan penilaian sebesar $6,427 juta dengan perubahan nilai sebesar 1.8% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bank Mandiri didirikan pada tahun 1998 melalui proses merger dari beberapa bank besar yang ada di Indonesia pada saat itu agar bisa terhindar dari krisis ekonomi yang terjadi. Saat ini Bank Mandiri sudah memiliki 26.000 kantor pelayanan dan juga 18.000  jaringan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

A Mild

Salah satu merk rokok milik HM Sampoerna ini menjadi merk dengan nilai terbesar keempat di tahun 2018. A Mild memiliki nilai sebesar $8,279 juta dengan perubahan nilai sebesar 0% dibandingkan tahun 2017.

Merk A Mild merupakan sebuah produk rokok mild kretek pertama yang diluncurkan pada tahun 1989. Produk ini dibuat sengaja untuk menyusur kalangan usia muda yang saat itu kurang menyukai jenis rokok kretek yang memiliki kadar tar dan nikotin yang tinggi.

Telkomsel

merk paling populer di Indonesia

Telkomsel merupakan sebuah provider telepon selular yang  dimiliki oleh PT Telekomunikasi Indonesia yang didirikan pada tahun 1998. Saat ini Telkomsel sudah berada sebagai perusahaan sendiri yang memiliki berbagai brand lain seperti KartuHalo dan juga As.

Telkomsel berada di peringkat ketiga dalam daftar nilai BrandZ tahun 2018 ini. Nilai yang dimiliki oleh Telkomsel adalah sebesar $8,863 juta dengan perubahan nilai sebesar 3% dibandingkan dengan nilai tahun sebelumnya.

Baca Juga : Tetap Produktif pada Dua Pekan Terakhir Bekerja di Perusahaan

Bank BRI

merk paling populer di Indonesia

Posisi kedua ditempati juga oleh sebuah bank BUMN yaitu Bank BRI, yang memiliki penilaian sebesar $9,385 juta. Nilai ini berubah sebesar 17% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Bank BRI didirikan pada tahun 1895 dan menjadi bank dengan pelayanan terluas di Indonesia dengan jumlah kantor layanan sebanyak 10.643 kantor.

Bank BCA

merk paling populer di Indonesia

Bank BCA menjadi merk dengan nilai tertinggi di Indonesia tahun 2018 menurut BrandZ. Bank BCA memiliki nilai sebesar $12,674 juta dengan perubahan nilai sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya.

Didirikan pada tahun 1957, Bank BCA menjadi bank swasta terbesar di Indonesia dengan 1.200 kantor layanan dan 17.000 ATM di seluruh Indonesia. Kepemiilikan saham bank BCA saat ini dimiliki oleh Keluarga Hartono, yang dikenal sebagai pemilik usaha Djarum Group, yang merupakan salah satu keluarga terkaya di Indonesia.

Masuknya Brand Startup di Tahun 2018

Ada yang cukup menarik di tahun 2018 dalam daftar ini karena muncul perusahaan start up yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapal masuk ke dalam daftar  BrandZ Top 50 Most Valuable Indonesian Brands 2018.

Gojek berada di peringkat ketujuh dengan penilaian sebesar $2,387 juta, Traveloka berada di peringkat ke 20 dengan nilai sebesar $820 juta. Sementara pemain ecommerce Indonesia yaitu Tokopedia dan Bukalapak, masing-masing berada di peringkat 33 dan juga 37.

Masuknya nama-nama startup besar ini menujukan mulai diterimanya perusahaan startup teknologi di Indonesia. Di tahun depan, tidak menutup kemungkinan akan muncul beberapa nama lain dalam daftar yang dirilis oleh BrandZ ini di wilayah Indonesia. -Qerja

Baca Juga : Lima Perusahaan Dengan Tingkat Kepuasan Kerja Tertinggi

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next