Tips Traveling Bareng Teman | Qerja

Tips Traveling Bareng Teman

Eka Utami, 10 months ago
Tips Traveling Bareng Teman

Traveling bareng teman tidak selalu asyik seperti yang dibayangkan. Terkadang, Anda dan teman seperjalanan terlibat cekcok untuk urusan sepele higga pengambilan keputusan besar. Maka itu, Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mengajak orang lain plesiran.

Sebelum berangkat, Anda harus mempersiapkan segala hal dengan cermat. Mulai dari penentuan tempat tujuan liburan, biaya, penginapan, tempat makan, transportasi, dan sebagainya. Setelah itu, ikuti tip traveling bareng teman berikut ini agar perjalanan Anda lancar.

Saling Memahami

Tips Traveling Bareng Teman
Sumber: Oleksandr Pidvalnyi

Biasanya, teman yang pilih untuk traveling bareng adalah orang yang sudah memiliki hubungan cukup dekat dengan Anda. Tetapi, betapa pun eratnya hubungan pertemanan, tetap berpotensi konflik di tengah perjalanan.

Jadi, Anda perlu berbagi cerita dan saling memahami sebelum pergi bersama. Sampaikan hal-hal yang akan membuat Anda terganggu atau mengganggu teman saat traveling, begitu juga sebaliknya. Misalnya, Anda adalah orang yang sering buang air kecil. Jika teman sudah mengetahui kebiasaan tersebut, ia akan memaklumi bila harus menunggui Anda yang perlu pergi kamar kecil di tengah perjalanan.

Menjaga Komitmen

Saat membuat perencanaan perjalanan, Anda dan teman-teman pasti sudah menentukan lokasi wisata yang wajib dikunjungi, waktu keberangkatan, dan beberapa hal lainnya. Bayangkan jika salah seorang anggota rombongan perjalanan datang terlambat, maka jadwal acara jadi berantakan.

Anda harus menjaga komitmen tersebut sejak berangkat, di tempat tujuan wisata, hingga pulang kembali ke rumah. Jangan mengambil keputusan tiba-tiba seperti mengubah destinasi atau pilihan moda transportasi dalam kota. Hal tersebut akan mengecewakan semua orang.

Baca Juga: Kapan Waktu Liburan yang Tepat Bersama Keluarga?

Fleksibel

Ketika pergi bersama seorang teman atau grup, Anda akan menemukan masalah ketika ada beberapa orang yang punya keinginan kuat untuk mengunjungi tempat wisata atau restoran tertentu. Terkadang, seseorang yang dominan akan memaksakan keinginannya sehingga anggota rombongan yang lain harus mengikutinya.

Menjaga komitmen pada rencana memang perlu, tetapi, ada kalanya Anda harus fleksibel saat traveling bareng teman. Tenang saja, kalau teman mendapatkan keinginannya kali ini, maka Anda bisa menunggu untuk mendapat kesempatan mengunjungi tempat wisata atau restoran yang diincar.

Batasi Penggunaan Ponsel

Tips Traveling Bareng Teman
Sumber: Rawpixel.com

Kalau pergi bareng seorang teman atau grup, pastikan Anda menikmati waktu berkualitas bersama mereka. Jangan sampai Anda asyik sendiri dengan ponsel dan teman-teman di dunia maya.

Batasi penggunaan ponsel Anda hanya untuk memotret momen penting dan pemandangan menarik, mencari tempat atau alamat di peta, mencari tahu aktivitas menarik di tempat tujuan wisata, dan menghubungi keluarga. Tetapi, saat Anda berjalan atau makan bersama, simpan ponsel tersebut. Anda harus mengobrol dan bercanda dengan teman sambil menatap matanya dan memperhatikan pembicaraannya.

Sisakan Waktu Sendiri

Teman yang bersedia traveling bareng Anda pasti memiliki tempat tujuan wisata yang sama. Tetapi, Anda dan teman mungkin saja memiliki misi perjalanan masing-masing.

Kalau Anda punya beberapa hari traveling bareng teman, sepakati satu waktu untuk berjalan masing-masing. Ketika Anda ingin pergi ke pasar untuk membeli oleh-oleh pesanan, sementara teman tidak setuju dengan ide blusukan, maka jangan memaksakan. Mungkin teman juga ingin mengunjungi tempat lain yang tidak Anda sukai. Setelah menunaikan misi sendiri, Anda dan teman bisa berjanji untuk bertemu di satu titik pertemuan yang mudah dicari.

Dengan tip ini, semoga perjalanan Anda bersama seorang teman atau grup terasa lebih menyenangkan. Selamat liburan! –Qerja

Baca Juga: Tips Traveling Dengan Pesawat untuk Anda yang Takut Terbang



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next