Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat? | Qerja

Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?

Eka Utami, 1 year ago
Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?

Jika resolusi kesehatan 2019 adalah berolahraga rutin, kini saatnya mengintip tren latihan yang bakal nge-hits tahun depan. Sebagian besar olahraga yang diprediksi menjadi populer di tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan 2018. Hal ini karena jenis latihan yang banyak dilakukan pada 2018 terbukti efektif untuk mencapai tujuan kebugaran.

Namun, orang akan semakin kreatif. Jadi, kita akan menemukan beberapa perkembangan latihan dari tren olahraga yang dilakukan pada 2018.

Kelas Olahraga Berkelompok

Kelas olahraga berkelompok akan terus berkembang pada 2019. Anda bisa latihan bersama teman sekantor setelah pulang kerja, atau sahabat semasa kuliah yang punya tujuan kesehatan yang sama. Selain mempererat hubungan pertemanan, latihan ini juga terbukti membuat Anda mendapat teman baru dan memperluas jaringan.

Beberapa jenis kelas olahraga yang bisa dipilih seperti zumba. Anda tidak perlu khawatir merasa bosan dengan zumba karena menurut Pelatih Fitnes Bersertifikat Marcello Pedalino pada blog Myfitnesspal, latihan zumba tahun depan akan dimodifikasi dan lebih menantang. Misalnya, dengan melakukan plank selama 3 menti di sela cha cha slide. Selain zumba, kelas lain yang bisa diikuti antara lain PoundFit, aerobik, dan sebagainya.

Olahraga dengan Perangkat Canggih

Sejumlah gawai terbaik memiliki fitur yang terkait kesehatan dan aktivitas olahraga, mulai dari pengukur kecepatan langkah dan lari, pemantau detak jantung, hingga alat yang bisa memotivasi orang untuk aktif bergerak. Perangkat canggih tersebut diciptakan dalam bentuk benda yang bisa dipakai di badan pengguna seperti jam dan helm. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan kegiatan olahraga yang terukur dan mengecek hasilnya secara langsung.

Perkembangan teknologi tersebut mendukung tren olahraga tahun 2019. Maka, kita akan melihat semakin banyak orang yang berlari di stadion atau bersepeda di tempat tertentu dengan menggunakan jam canggih di tangannya atau alat lain yang menempel di badan.

Baca Juga: Lima Trik Agar Terbiasa Olahraga Pagi Hari

Olahraga dengan Personal Trainer

Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?
Sumber: Pixabay

Kebutuhan tenaga personal trainer akan emakin meningkat tahun depan. Hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat tentang pentingnya berolahraga yang benar.

Personal trainer bisa membantu membimbing untuk melakukan latihan yang tepat, memberi motivasi, bahkan ‘memaksa’ Anda berolahraga agar segera mencapai resolusi sehat yang diinginkan. Tidak hanya itu, personal trainer jugadapat memberikan saran gizi yang terbaik untuk kesehatan Anda.

Olahraga Beban Tubuh

Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?
Sumber: Bruce Mars

Olahraga beban tubuh selalu menjadi tren sepanjang masa. Latihan ini diminati karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tanpa alat. Jadi, buat Anda yang tidak sempat pergi ke pusat kebugaran, masih bisa melakukan latihan untuk menjaga badan tetap sehat.

Beberapa jenis olahraga dengan beban tubuh yang bisa dilakukan antara lain push up, jumping jack, hingga naik turun bangku atau tangga. Sementara alat bantu yang digunakan bisa berupa matras, kursi, atau tembok.

HIIT (High-Intensity Interval Training)

Olahraga intensitas tinggi atau yang lebih dikenal dengan HIIT  adalah salah satu latihan yang nge-hits pada 2018. Olahraga ini semakin diminati karena efektif dan efisien. Dengan melakukan salah satu dari berbagai jenis latihan kardio dalam waktu singkat, kemudian diselingi periode istirahat, Anda sudah bisa membakar banyak kalori. HIIT cocok untuk Anda yang memiliki waktu sempit, tapi ingin terus menjaga kebugaran.

Menurut Instruktur HIIT Melanie Kotcher pada blog Myfitnesspal, latihan HIIT akan dikombinasikan dengan kelas kebugaran berbasis fleksibilitas lainnya seperti pilates. Latihan HIIT berguna untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme dengan cepat, sementara unsur Pilates menguatkan, meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi stres.

Buat Anda yang belum terbiasa berolahraga, mulailah pergi ke pusat kebugaran, mendaftar kelas latihan, berakhir pekan di stadion, atau memulai olahraga ringan di rumah. Jangan sampai Anda terlambat ikut kelas zumba yang sudah penuh atau berebut personal trainer di pusat kebugaran favorit. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next