Aplikasi Kontrol Smartphone Anak untuk Orangtua Pekerja | Qerja

Aplikasi Kontrol Smartphone Anak untuk Orangtua Pekerja

Eka Utami, 4 months ago
Aplikasi Kontrol Smartphone Anak untuk Orangtua Pekerja

Kids zaman now sudah akrab dengan smartphone dan gadget lainnya. Bahkan terkadang mereka lebih pandai menggunakan alat-alat dibandingkan orangtuanya.

Orangtua tentu merasa khawatir dengan konten yang dibaca atau ditonton anak di smartphone. Terlebih lagi jika kedua orangtua bekerja dan tidak bisa memantau anak setiap saat. Untuk mengurangi kekhawatiran, berikut beberapa aplikasi untuk kontrol smartphone anak.

Google Family Link

Google telah mengeluarkan Google Family Link untuk membantu para orangtua memantau penggunaan smartphone anak. Awalnya, aplikasi ini hanya diperuntukkan bagi anak berusia di bawah 13 tahun, tapi kini jangkauan umur diperluas hingga remaja.

Dengan Google Family Link, orangtua bisa mendapatkan laporan penggunaan smartphone oleh anak-anaknya, sehingga bisa dijadikan dasar pembuatan aturan pemakaian gadget. Orangtua bisa mematikan smartphone dari jarak jauh, menentukan batas menatap layar, menyetujui dan memblokir aplikasi dari Play Store, melihat posisi anak, hingga mengunci perangkat pada jam istirahat. Bahkan, jika anak berusaha menonaktifkan aplikasi, orangtua akan mendapat notifikasi.

Find My Kids

Aplikasi Kontrol Smartphone Anak untuk Orangtua Pekerja
Sumber: Findmykids.org

Seperti judulnya, Find My Kids adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan anak. Orangtua bisa memastikan anak tidak mengunjungi tempat berbahaya. Selain itu, Find My Kids dilengkapi fitur untuk merekanm suara di sekitar anak. Find My Kids juga dilengkapi dengan kemampuan memantau aplikasi yang dibuka anak, hingga pemberitahuan kondisi baterai ponsel anak.

Tetapi, Find My Kids tidak berfungsi sebagai aplikasi pengawas saja. Orangtua juga bisa berkomunikasi dengan anak dan mengirim stiker lucu. Jika anak berhasil meraih prestasi tertentu, Anda bisa mengirimkan pujian padanya.

Baca Juga: Pelajaran Kepemimpinan dari Ibu Bekerja yang Sukses

Kids Place: Parental Control

Kids Place menawarkan fitur utama berupa kontrol aplikasi yang dapat diakses oleh anak, sehingga si kecil bisa berselancar di dunia maya dengan aman dan nyaman. Aplikasi ini juga bisa mengatur lama waktu penggunaan gadget dan aplikasi. Selain itu, Kids Place dapat membantu mencegah anak-anak mengunduh aplikasi baru, menelepon, mengirim pesan, atau melakukan tindakan lain yang dapat mengakibatkan uang terbuang sia-sia.

Aplikasi ini bisa disesuaikan untuk anak kecil hingga remaja. Kids Place dilengkapi fitur auto restart jika smartphone digunakan oleh anak di bawah umur yang secara tidak sengaja menekan tombol keluar dari aplikasi.

Kids Zone

Bagi orangtua, Kids Zone menawarkan paket perlindungan smartphone anak yang terbilang lengkap. Orangtua bisa mengatur lama waktu menatap layar, memblokir aplikasi yang tidak baik untuk anak, mencegah anak menggunakan internet, hingga memantau aktivitas anak di media sosial.

Sementara itu, dengan aplikasi ini, anak-anak bisa membuat profil sendiri, serta memasang dan mengatur wallpaper yang disukai. Anak-anak juga bisa mengunduh aplikasi yang sesuai usianya.  Kids Zone juga akan memberi tahu anak jika waktu menatap layar sudah hampir habis dengan cara menghitung mundur.

Screen Time Parental Control

Aplikasi Kontrol Smartphone Anak untuk Orangtua Pekerja
Sumber: Screentimelabs.com

Fungsi utama aplikasi Screen Time Parental Control adalah untuk pengaturan waktu penggunaan smartphone oleh anak. Dengan begitu, si kecil akan belajar dan memahami lama waktu yang diperbolehkan untuk memanfaatkan ponsel dengan lebih sehat. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan melihat penggunaan dan lama pemakaian satu aplikasi, notifikasi aplikasi baru yang diunduh anak, sampai pemantauan situs web yang pernah dikunjungi anak.

Jika Anda mengunduh versi premium, maka akan mendapat fitur tambahan seperti memblokir aktivitas smartphone saat jam tidur, membatasi pengginaan ponsel di waktu sekolah, dan dapat mematikan gadget anak sementara. Anda juga dapat berbagi cara pengaturan waktu penggunaan smartphone anak dengan pasangan, paman dan bibi, atau kakek dan nenek. Jika anak telah terbiasa dengan jadwal dan mematuhi peraturan yang Anda buat, maka aplikasi akan memberikan “reward” berupa perpanjangan waktu akses smartphone di siang hari.

Aplikasi kontrol smartphone anak memang bisa membantu Anda mengawasi si kecil dari jarak jauh. Tetapi, Anda harus bijak menggunakan teknologi ini, jangan sampai menjadi orangtua yang selalu mengendalikan anak. Hal yang terpenting adalah luangkan waktu berkualitas dengan anak tanpa smartphone dan aplikasi agar timbul hubungan harmonis dan saling percaya. –Qerja

Baca Juga: Tips Membahagiakan Anak untuk Orangtua Pekerja yang Sibuk



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next