Cara Perusahaan Menarik Karyawan di 2019 | Qerja

Bagaimana Cara Perusahaan Menarik Tenaga Kerja di Tahun 2019 Nanti?

Eka Utami, 2 years ago
Bagaimana Cara Perusahaan Menarik Tenaga Kerja di Tahun 2019 Nanti?

Pada 2019, pasar kerja semakin ramai dengan berbagai perusahaan yang buka lowongan dan pencari kerja bertalenta. Calon tenaga kerja yang punya keahlian tentu punya daya tawar dan bisa memilih tempat kerja yang paling sesuai dengan kepribadian. Justru tantangan bursa kerja di masa mendatang ada di hadapan perusahaan.

Tahun depan, perusahaan akan lebih berusaha untuk menarik calon karyawan berbakat dengan berbagai cara. Mereka akan memberikan tawaran menarik dari mulai gaji, tunjangan hingga memperbaiki budaya kerja sehingga cocok dengan generasi millenial. Perusahaan ingin agar posisi yang lowong cepat terisi oleh orang yang tepat sehingga tidak ada kepincangan dalam organisasi.

Inilah strategi perusahaan untuk menarik calon tenaga kerja baru di tahun 2019 seperti disarikan dari Business News Daily.

Iklan Lowongan Kerja Lebih “Menjual”

Pada umumnya, iklan lowongan kerja hanya berisi daftar deskripsi pekerjaan dan tugas harian. Selain itu, perusahaan juga akan menuliskan keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menangani pekerjaan tertentu.

Tetapi, generasi millenial menginginkan pertumbuhan dan perkembangan karir. Kedua hal tersebut bisa membuat mereka bertahan di perusahaan dalam waktu relatif lebih lama. Maka iklan lowongan kerja di tahun 2019 akan diperbaharui memuat tentang kesempatan karyawan untuk tumbuh dan berkembang bersama perusahaan.

Paket Tunjangan Menarik

Penawaran gaji tidak selalu menjadi satu-satunya alasan yang menarik pencari kerja. Terkadang, orang cenderung memilih pekerjaan dengan gaji standar rata-rata, asalkan mendapat keseimbangan antara kehidupan dan kerja. Jadi, perusahaan berusaha menawarkan gaji dengan kesejahteraan karyawan.

Maka, salah satu perubahan yang akan terjadi pada dunia kerja tahun depan adalah penawaran paket tunjangan yang lebih menarik dan kompetitif. Misalnya, perusahaan akan bekerja sama dengan perusahaan asuransi atau memperbesar pagu anggaran kesehatan untuk menunjang kehidupan karyawan di luar pekerjaan.

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Perlu Mempekerjakan Kandidat Tanpa Pengalaman?

Transparansi Proses Perekrutan

Minimnya informasi saat proses perekrutan adalah hal yang paling membuat calon tenaga kerja merasa frustasi. Ketidaktahuan tentang jumlah gaji yang jelas –bukan angka kisaran, tunjangan yang akan didapatkan, dan waktu pengumuman pemanggilan kerja, membuat calon tenaga kerja sulit menentukan keputusan. Pelamar kerja berharap perusahaan bisa memberikan informasi spesifik selama proses perekrutan, bahkan untuk hal-hal yang tidak ditanyakan.

Di tahun 2019, perusahaan akan berusaha lebih transparan saat proses perekrutan. Dengan begitu, pelamar kerja tidak perlu membuang waktu untuk menunggu untuk melanjutkan atau meninggalkan proses perekrutan di perusahaan tertentu. Sementara itu, perusahaan secara tidak langsung menyeleksi calon tenaga kerja yang merasa paling cocok dengan tawaran pekerjaan.

Pelatihan

Perusahaan bisa saja mempekerjakan seseorang dengan keahlian lengkap. Tetapi, perusahaan akan berhitung besaran gaji yang harus diberikan kepada satu orang.

Banyak perekrut yang menyukai calon tenaga kerja yang punya semangat dan keinginan belajar tinggi. Meski keahlian mereka tidak sempurna untuk memenuhi posisi yang lowong. Perusahaan akan menawarkan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pegawainya. Apalagi di tengah dinamika pekerjaan dan kemajuan teknologi, setiap orang mesti belajar hal-hal baru.

Tampaknya, perusahaan akan berusaha keras menarik calon tenaga kerja terbaik tahun 2019. Hal ini berarti keuntungan buat pelamar kerja. Meski begitu, buat Anda yang mau mencari kerja tahun depan tetap harus berupaya memoles curriculum vitae dan meningkatkan keahlian. –Qerja

Baca Juga: Lima Cara Mudah Mencari Info Lowongan Kerja Saat Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next