Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android | Qerja

Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android

Eka Utami, 5 months ago
Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android

Smartphone yang kita punya saat ini dibuat untuk bisa melakukan banyak hal, mulai dari menelepon, mengirim dan menerima pesan, mengetik dokumen, merekam, memotret, dan sebagainya. Segala hal yang dilakukan dengan smartphone bisa disimpan di dalam memori. Tetapi, ruang penyimpanan smartphone tidak mampu menyimpan semua data penting itu.

Untuk itu, kita perlu melakukan pencadangan data smartphone. Jadi, kita tidak perlu kehilangan data dan bisa membukanya kembali saat diperlukan di masa mendatang. Berikut rekomendasi aplikasi backup data untuk smartphone android.

Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud gratis dari Google. Anda bisa menyimpan berbagai file seperti video, foto, dan dokumen dalam ruang Drive sebesar 15GB. File yang ingin dicadangkan harus diunggah sendiri ke Drive, tidak bisa otomatis. Anda hanya bisa mencadangkan file personal, dan tidak bisa mencadangkan pesan, kontak, dan kalender.

Drive adalah tempat yang aman untuk semua file. Kelebihan Drive lainnya adalah mudah dijangkau dari smartphone, tablet, atau komputer. Anda juga dapat mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, atau meninggalkan komentar di salah satu file atau folder.

qc-jkt-2019

Super Back Up & Restore

Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android
Sumber: Play.google.com

Dengan Super Back Up & Restore, Anda dapat membuat cadangan untuk aplikasi, kontak, pesan teks, riwayat panggilan, bookmark, kalender ke kartu SD Anda, Gmail, atau Google Drive. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyimpan data kontak di grup. Pengguna juga bisa mengatur dan mengubah folder cadangan pada menu setting.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda bisa mengatur pencadangan secara otomatis. Aplikasi akan langsung mengunggah data yang ingin dicadangkan ke Google Drive atau Gmail pada jadwal yang sudah ditentukan. Data yang sudah dicadangkan di Google Drive bisa diunduh kembali.

Baca Juga: Pilihan Aplikasi Podcast Untuk Pemula

Helium

Helium memungkinkan Anda membuat cadangan aplikasi, data, kontak, pesan, dan log panggilan ke kartu SD atau cloud storage seperti Dropbox, Box atau Google Drive. Seperti aplikasi backup data lainnya, Anda juga bisa mengatur jadwal pencadangan data dengan Helium.

Aplikasi Helium memungkinkan pengguna melakukan backup and restore di PC. Tetapi, pengguna yang tidak memiliki akses root harus menginstall Helium di komputer. Sementara pengguna yang memiliki akses root bisa langsung menjalankan Helium di komputer secara langsung.

Titanium

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda membutuhkan akses root. Setelah memiliki akses root, Anda dapat menggunakan Titanium dan membuat cadangan, memulihkan, membekukan aplikasi dan data, termasuk semua aplikasi yang dilindungi dan aplikasi sistem.

Bila menggunakan aplikasi premium, Anda bisa mengoperasikan pencadangan tanpa menutup aplikasi apa pun. Anda juga dapat memindahkan aplikasi dari dan ke kartu SD. Anda dapat menelusuri data aplikasi dan melihat informasi terperinci tentang aplikasi tersebut.

G Cloud Back Up

Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android
Sumber: Play.google.com

Setelah mengunduh G Cloud Back Up, Anda perlu membuat akun untuk kemudian bisa memanfaatkan aplikasi ini. Anda akan memiliki free storage sebesar 1 GB dan bisa menambahkannya hingga 10 Gb dengan mudah. Ruang cadangan tersebut dapat digunakan untuk backup data SMS, log panggilan, dokumen, kontak, pengaturan sistem, foto, video, dan musik.

Pengguna bisa mengakses pesan, log panggilan, kontak, musik, video dan melihat foto yag telah tersimpan dari web www.gcloudbackup.com. Selain itu, G Cloud Back Up juga memungkinkan ANda melakukan pencadangan ke kartu SD eksternal. Setelah itu, Anda dapat memindahkan file kita ke perangkat baru dengan mudah. Jika ingin melakukan pencadangan otomatis, Anda memerlukan koneksi Wi-Fi.

Anda bisa memilih aplikasi backup data yang paling sesuai dengan kebutuhan. Beberapa aplikasi membutuhkan akses root. Jadi, sebelum Anda memilih aplikasi tersebut, pahami juga kelebihan dan kekurangan rooting smartphone. –Qerja

Baca Juga: Mau Jadi Yang Paling Update? Download Pilihan Aplikasi Berita Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next