Resolusi Keuangan Tahun 2019 dan Cara Mewujudkannya | Qerja

Resolusi Keuangan Tahun 2019 dan Cara Mewujudkannya

Eka Utami, 5 months ago
Resolusi Keuangan Tahun 2019 dan Cara Mewujudkannya

Masalah keuangan adalah salah satu problema yang sering dihadapi pekerja kantoran. Sebagian orang kesulitan melakukan pengaturan finansial, sehingga setiap bulan selalu dijalani dengan menghitung hari menuju gajian. Bahkan, ada orang yang mengalami defisit keuangan sehingga harus berutang.

Agar kondisi finansial selalu sehat, Anda harus mulai membuat perencanaan keuangan yang lebih matang di masa depan. Jadikan hal itu sebagai resolusi di tahun 2019. Berikut beberpa resolusi keuangan dan cara mewujudkannya.

Memiliki Arus Kas Sehat

Sebelum memasuki tahun 2019, ada baiknya Anda melakukan cek kesehatan finansial. Anda bisa melakukan pendataan jumlah aset, utang, dan pos-pos pengeluaran. Setelah berhitung, Anda bisa menentukan perencanaan keuangan berikutnya.

Untuk mewujudkan arus kas yang sehat, Anda bisa membuat perencanaan keuangan untuk membagi gaji bulanan ke dalam pos-pos pengeluaran. Sebagai pemula, Anda bisa mulai memwujudkan resolusi dengan membuat perencanaan untuk beberapa pos yaitu pengeluaran rutin bulanan, dana darurat, investasi, dan tak lupa untuk gaya hidup. Parameter kesehatan arus kas seseorang adalah ketika punya pencatatan keuangan baik, pengeluaran terkendali, dan masih punya dana untuktabungan dan investasi.

qc-jkt-2019

Bebas dari Utang Konsumtif

Jika selama ini kondisi keuangan “berdarah” karena digerogoti bunga utang, Anda bisa menggunakan bonus akhir tahun untuk membayar utang yang terus menghantui setiap bulan. Anda harus berkorban di awal demi mewujudkan resolusi bebas utang di tahun 2019. Anda bisa memulai menutup utang dengan saldo terkecil dan berusaha melunasi utang dengan bunga tertinggi.

Setelah bebas dari cicilan tersebut, Anda harus menjaga diri agar tidak terjerat utang konsumtif lagi. Anda harus lebih bijak menggunakan kartu kredit, jangan gunakan untuk membeli barang yang tidak perlu.

Baca Juga: Infografis: Tingkat Kesadaran Merencanakan Keuangan & Investasi Karyawan

Punya Tabungan

Resolusi Keuangan Tahun 2019 dan Cara Mewujudkannya
Sumber: Skitterphoto

Niat buat punya tabungan pasti selalu ada di benak Anda. Tetapi, setiap kali mendapat gaji, uangnya selalu habis digunakan untuk berbagai keperluan. Bahkan sebagaian dana yang sudah disisihkan untuk simpanan di awal bulan, terpaksa dipakai juga.

Untuk mewujudkan resolusi ini, Anda mesti buru-buru buka rekening tabungan otomatis saat kantor bank sudah aktif di hari pertama tahun 2019. Fitur autodebet, Anda akan “terpaksa” menabung setiap bulan sehabis gajian. Anda sendiri yang menentukan besaran dana yang akan disisihkan untuk menabung, dan lama masa menabung. Dengan tabungan otomatis ini, Anda bisa konsisten menjalankan resolusi dan punya tabungan.

Investasi

Resolusi Keuangan Tahun 2019 dan Cara Mewujudkannya
Sumber: Pixabay

Buat Anda yang belum pernah berinvestasi, mulailah di tahun 2019. Anda bisa memilih produk investasi yang tidak memerlukan dana besar seperti reksadana. Untuk itu, mulai sekarang Anda bisa memelajari jenis reksa dana yang sesuai. Kalau mendapat bonus di akhir tahun ini, Anda juga bisa menggunakan dana untuk membeli emas.

Bila Anda sudah terbiasa berinvestasi, kini saatnya membenahi portofolio. Anda bisa cek kinerja reksa dana yang dimliki, kemudian memutuskan untuk menambah dana di reksa dana tersebut atau mencoba investasi baru. Idealnya, aset likuid yang mesti dimiliki mencapai 15 persen dari total portofolio. Jika Anda sudah berusia 35 tahun ke atas, cobalah lebih membuat resolusi lebih menantang dengan target memiliki aset produktif yang memberikan penghasilan pasif.

Dengan mengikuti tips keuangan di atas, semoga resolusi keuangan Anda akan terwjud. Kuncinya adalah konsistensi dalam menjalankan upaya menuju target yang sudah ditetapkan. –Qerja

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja Millennial



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next