Manfaat Bermain Bulu Tangkis Bagi Pekerja | Qerja

Suka Main Bulu Tangkis Setelah Pulang Kantor? Ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Eka Utami, 2 years ago
Suka Main Bulu Tangkis Setelah Pulang Kantor? Ini Manfaatnya Buat Kesehatan

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak di sudut kota, remaja, pekerja kantoran, hingga para orang tua.

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang memilih bulu tangkis sebagai olahraga yang dilakukan setelah pulang kantor atau pada akhir pekan. Anda tidak salah, karena badminton memang banyak manfaatnya.

Meningkatkan Fungsi Jantung

Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio yang akan membuat otot jantung lebih kuat. Bila otot jantung kuat, maka akan bisa mengalirkan darah dan oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh.

Selain itu, olahraga bulu tangkis bisa membantu menyingkirkan lemak ekstra dan kolesterol dalam tubuh. Pada akhirnya, olahraga ini akan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Menurunkan Berat Badan

Bulu tangkis melibatkan banyak aktivitas fisik, mulai dari menepuk, melompat sambil melakukan smash, berlari mengejar shuttlecock, dan sebagainya. Dengan bermain bulu tangkis selama satu jam, Anda sudah bisa membakar sekitar 400-550 kalori. Jumlah kalori yang dibakar saat melakukan badminton lebih banyak ketimbang berlari, menyelam, dan main sepak bola.

Jika Anda bermain badminton secara teratur, maka akan bisa menurukan berat badan hingga 4 kilogram dalam sebulan. Dengan begitu, Anda terlihat lebih ramping dan sehat.

Baca Juga: Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?

Mengurangi Stres

manfaat bulu tangkis
sumber : aaron blanco

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dengan olahraga maka hormon bahagia seperti endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan akan dilepaskan. Hormon positif akan menghilangkan stres, meningkatkan kesehatan mental, membuat pikiran lebih positif dan memperbaiki kualitas tidur.

Jadi, di sela hari yang sibuk dan penuh tekanan, Anda perlu meluangkan waktu sejenak buat berolahraga. Anda bisa memilih melakukan olahraga bulu tangkis selama 15-30 menit untuk mengembalikan perasaan bahagia.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Saat aktif bergerak, darah akan mengalir ke kepala sehingga dapat meningkatkan kerja saraf dan massa otak Anda. Jika Anda melakukan olahraga kardio seperti bulu tangkis secara rutin, maka kemampuan nalar akan meningkat.

Selain itu, olahraga bulu tangkis menuntut koordinasi tubuh dan pikiran yang baik. Anda perlu mengawasi shuttlecock, menyusun strategi dengan cepat,  dan memprediksi serangan lawan. Pada akhirnya hal ini akan keterampilan berpikir dan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup.

Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi

Olahraga bulu tangkis dilakukan oleh setidaknya dua orang atau lebih. Jadi, mau tidak mau, Anda harus mengajak seseorang ke lapangan untuk bermain bersama. Anda bisa meminta rekan kerja yang juga penggemar bulu tangkis, teman semasa kuliah, atau pasangan untuk olahraga bersama sepulang kantor atau di akhir pekan. Agar tidak bosan, Anda bisa mengajak teman yang berbeda setiap akan berolahraga.

Dengan mengajak orang lain berolahraga bersama, Anda bisa mengobrol dan bersenda gurau di sela masa rehat, atau berdiskusi lebih dalam sambil makan setelah berolahraga. Pada akhirnya, Anda bisa mempererat hubungan dengan teman dan kolega, serta memperluas jaringan.

Kalau Anda bingung mencari cara untuk tetap sehat dan bergerak aktif di waktu senggang, cobalah kembali melirik bulu tangkis, olahraga klasik yang selalu menyenangkan. Bulu tangkis bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa menyewa lapangan khusus pada malam hari setelah pulang kerja, atau bermain saja di taman dan di depan rumah saat akhir pekan. Dan, pastinya bulu tangkis akan memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next