Lima Pilihan Aplikasi Diet Di Smartphone | Qerja

Pilihan Aplikasi Diet Untuk Resolusi Penurunan Berat Badan Tahun Ini!

Eka Utami, 9 months ago
Pilihan Aplikasi Diet Untuk Resolusi Penurunan Berat Badan Tahun Ini!

Salah satu resolusi tahun baru yang populer adalah target untuk hidup sehat. Beberapa resolusi kesehatan antara lain rutin berolahraga dan menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk menjaga berat badan adalah dengan melakukan diet. Tetapi, masalahnya, selama ini diet selalu gagal karena tidak konsisten menjalankan program.

Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberhasilan diet tahun 2019 demi mewujudkan resolusi tahun baru. Berikut beberapa pilihan aplikasi diet untuk Anda.

Lose It

Aplikasi Diet Buat Mendukung Resolusi Penurunan Berat Badan
Sumber: Loseit.com

Aplikasi Lose It membantu rencana penurunan berat badan yang disesuaikan dengan keinginan pengguna. Anda bisa memulai dengan memasukkan detail profil dan arget berat badan yang diinginkan. Kemudian, aplikasi akan menghitung besaran kalori harian terbaik untuk Anda. Selain kalori, Lose It juga bisa melacak kebutuhan dan pemenuhan makronutrien, dan air.

Lose It juga akan memberikan informasi makan sehat. Bahkan, aplikasi bisa memberi rekomendasi porsi makanan yang pas untuk Anda. Agar diet terasa menyenangkan Anda bisa bergabung dengan komunitas yang punya tujuan menurunkan berat badan. Anda bisa mendapat inspirasi, panduan, dukungan, dan bahkan tantangan.

Fooducate

Seperti nama aplikasinya, Fooducate bisa memindai makanan yang akan Anda pilih, kemudian akan memberikan informasi tentang bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Fooducate punya ratusan ribu data produk makanan yang sudah diberi grade berdasarkan kandungan nutrisi. Anda bisa mengetahui kandungan gula tambahan, pemanis buatan, lemak trans, penyedap, dan pewarna makanan yang ada di dalam makanan. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai panduan saat berbelanja ke supermarket.

Dengan memelajari nutrisi yang terdapat di dalam makanan, maka Anda bisa memilih makanan sehat. Selain panduan nutrsisi makanan, Fooducate juga menyediakan tips untuk penurunan berat badan, diet, dan kesehatan dari para ahli. Pada akhirnya, Anda bisa menjaga asupan makanan yang pas, sehingga mencapai berat badan yang diinginkan sesuai resolusi tahun baru yang sudah ditetapkan.

Calorie Counter by Fatsecret

Pada aplikasi ini, Anda bisa menggunakan Food Diary untuk melacak makanan yang sudah dikonsumsi. Fatsecret juga bisa mengenali makanan dan melacak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, ada Exercise Diary buat mencatat semua kalori yang sudah dibakar. Fatsecret juga dapat terintegrasi dengan aplikasi kesehatan lain seperti Google Fit, Samsung Health dan Fitbit. Kemudian, dengan bagan berat badan dan jurnal, Fatsecret akan merekam kemajuan Anda dan mendampingi sampai mencapai resolusi penurunan berat badan yang diinginkan.

Lose Weight Without Dieting

Aplikasi Lose Weight Without Dieting menawarkan cara menurunkan berat badan yang menyenangkan. Anda cukup merekam semua makanan yang dimakan, dan aplikasi akan menilai apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Selain itu, aplikasi juga akan akan menghitung kalori, protein, lemak, dan karbohidrat. Jika lupa merekam makanan apa pun, aplikasi akan mengingatkan Anda.

Selain memantau asupan makanan, aplikasi juga bisa merekam  semua jenis latihan fisik sehingga Anda bisa menghitung ulang asupan kalori tubuh yang disesuaikan dengan kegiatan olahraga. Anda juga dapat menimbang hasil pengukuran tubuh seperti lingkar pinggang dan paha untuk pemantauan kemajuan program diet. Jika Anda belum memahami rencana makan sehat dan olahraga yang cocok untuk penurunan berat badan, maka aplikasi akan menyarankan nutrisi khusus dan rencana pelatihan yang sehat dan berkelanjutan.

MyPlate

Aplikasi Diet Buat Mendukung Resolusi Penurunan Berat Badan
Sumber: Livestrong.com

Aplikasi ini akan membantu Anda menyusun sasaran kalori harian yang disesuaikan berdasarkan informasi profil pribadi. Jika ingin lebih spesifik, Anda bisa meninjau data sasaran harian khusus untuk asupan protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, natrium dan lainnya. MyPlate juga akan melacak melacak asupan cairan tubuh Anda. Fitur lain dari aplikasi ini adalah pengaturan pengingat waktu makan untuk membuat Anda tetap di jalur diet.

Anda juga bisa mengintegrasikan aplikasi dengan Google Fit untuk melacak aktivitas berjalan, berlari, dan bersepeda setiap hari. Anda pun dapat merancang latihan khusus saat menggunakan peralatan olahraga atau monitor detak jantung.

Dengan konsistensi menjalankan diet dan bantuan berbagai aplikasi di atas, Anda bisa mendapat berat badan ideal sesuai keinginan. Semoga resolusi tahun baru Anda kali ini tercapai. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Aplikasi Smartphone Untuk Mengecek Kesehatan Bagi Pekerja Kantoran



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next