Berapa Besaran Kenaikan Gaji Di Tahun 2019 | Qerja

Berapa Kenaikan Gaji Anda Seharusnya Di Tahun 2019? Cek Dulu Empat Hal Ini!

Riyan Sugandy, 10 months ago
Berapa Kenaikan Gaji Anda Seharusnya Di Tahun 2019? Cek Dulu Empat Hal Ini!

Kenaikan gaji tentunya merupakan sebuah hal yang banyak diharapkan oleh para pekerja di Indonesia setiap pergantian tahun. Tetapi, sebelum meminta kenaikan gaji, ada kalanya kita juga harus tahu berapa angka yang ‘wajar’ untuk kenaikan gaji tersebut.

Ada beberapa pembanding yang bisa kita gunakan untuk mengetahui angka tersebut. Pembanding-pembanding ini bisa menjadi patokan berapa persentase kenaikan yang bisa Anda ajukan.

Kenaikan Gaji PNS dan UMP 2019

Kenaikan gaji PNS dan juga UMP bisa dijadikan sebagai patokan kenaikan gaji. Karena dari kedua hal ini bisa kita sedikit simpulkan berapa kenaikan gaji yang dianggap ‘wajar’ oleh Pemerintah.

Seperti yang kita ketahui, PNS di tahun 2019 ini mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5% diluar kenaikan gaji berkala dan juga kenaikan golongan. Kenaikan gaji ini merupakan kenaikan gaji  PNS setelah llima tahun tidak ada kenaikan gaji.

Selain itu, pemerintah juga menetapkan kenaikan Upah Minimum Provinsi  (UMP) tahun  2019 sebesar 8,03%. Dengan kenaikan ini, Provinsi DKI Jakarta memiliki UMP tertinggi dengan nominal sebesar RP3,9 juta di tahun 2019.

Baca Juga : Mau Berkarir di Bidang IT? Cek Dulu Gajinya

Tingkat Inflasi Tahun 2019

Inflasi atau kenaikan harga tentunya akan berpengaruh kepada harga berbagai barang di Indonesia. Di tahun 2019 ini, diperkirakan angka kenaikan inflasi akan berada dikisaran 4,9%. Angka ini masih merupakan sebuah angka proyeksi saja karena akan ada banyak berbagai faktor yang berpengaruh terhadap besaran inflasi.

Jika berdasarkan kepada data Inflasi Bank Indonesia, selama tahun 2015-2018 angka inflasi Indonesia tidak pernah melebihi angka 5%. Tetapi bila kita melihat kepada data tersebut, pada tahun 2013-2014 terjadi inflasi hingga mencapai angka 8%. Bila kita ingat kembali, pada tahun tersebut merupakan tahun politik saat dilaksanakan Pemilu 2014.

Apakah siklus tersebut akan terulang pada tahun 2019 ini? Ya, semoga saja hal tersebut tidak terjadi.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Pertumbuhan ekonomi merupakan indikator yang menunjukan adanya peningkatan bisnis dan juga konsumsi dari sebuah negara. Semakin tinggi peningkatannya maka bisa disimpulkan bahwa negara tersebut memiliki pertumbuhan industri dan bisnis yang baik.

Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu berada dalam kondisi yang positif setiap tahunnya. Ini tentunya merupakan sebuah kabar baik karena menunjukan bahwa kondisi ekonomi Indonesia cukup baik untuk berbisnis dan berusaha.

Selain itu, pertumbuhan Indonesia juga berada pada kondisi yang stabil dengan berada pada kisaran angka 5% setiap tahunnya. Untuk tahun 2019 ini, Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 berada pada kisaran 5-5,4%.

Angka ini tentunya bukan sebuah angka yang  baru dan bila benar maka kondisi ekonomi Indonesia tidak akan terlalu jauh berbeda dengan kondisi sebelum tahun 2019.

Gaji Perusahaan Lain Untuk Posisi Yang Sama

Melakukan benchmarking untuk gaji juga bisa menjadi salah satu opsi untuk mengetahui berapa gaji yang pas di tahun 2019. Tentunya untuk melakukan benchmark ini, Anda harus melakukannya dengan perusahaan yang bergerak dalam industri yang sama dengan perusahaan Anda.

Selain itu, pastikan juga posisi yang ingin Anda ketahui agar nominalnya semakin akurat dengan kisaran gaji yang ada saat ini. Jika Anda tidak memiliki informasi mengenai hal ini, maka Anda bisa mengecek gaji secara online di situs Qerja.com.

Kesimpulan

Tentunya banyak pekerja yang sangat berharap akan adanya kenaikan gaji di tahun 2019. Dengan menimbang empat hal diatas sebenarnya bila Anda mendapatkan kenaikan gaji lebih dari 7% dari gaji Anda sebelumnya sudah menjadi hal yang cukup baik.

Tetapi kembali lagi, Anda juga harus memperhatikan kinerja perusahaan dan juga Anda sendiri sebagai pegawai. Bila kondisi perusahaan memang tidak baik dan prestasi Anda biasa-biasa saja tentunya hal tersebut akan sangat sulit untuk terwujud. Nah, berapa kira-kira kenaikan gaji yang Anda inginkan di tahun 2019 ini, Qolega? -Qerja

Baca Juga : Cara Mengungkapkan Terima Kasih pada Atasan Setelah Kenaikan Gaji dan Bonus



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami