Mengenal Pangkat Militer dan Jabatan Dalam TNI | Qerja

Mengenal Pangkat Militer dan Jabatan dalam TNI. Ada Apa Saja?

Eka Utami, 2 months ago
Mengenal Pangkat Militer dan Jabatan dalam TNI. Ada Apa Saja?

Tentara adalah salah satu profesi yang sering dijadikan cita-cita masa kecil, khususnya bagi seorang anak laki-laki. Jika ingin mewujudkan impian tersebut, Anda tentu perlu mengetahui seluk beluk berkarir di dunia kemiliteran. Salah satu hal yang mesti dipahami adalah pangkat dan jabatan dalam TNI, tugas dan tanggung jawab secara umum, dan persyaratan yang mesti dipenuhi.

Berikut beberapa fakta tentang pangkat dan jabatan dalam TNI.

Tamtama

Mengenal Pangkat dan Jabatan dalam TNI
Sumber: Icon0.com

Tamtama adalah golongan pangkat ketentaraan paling rendah dalam struktur organisasi TNI. Tamtama adalah prajurit, atau pelaksana paling siap untuk menjalankan tugas dari atasan.

Untuk menjadi seorang Tamtama, seseorang harus punya latar belakang pendidikan minimal lulusan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat. Dengan berbekal ijazah SMP dan memenuhi sejumlah persyaratan fisik dan mental, seseorang bisa ikut seleksi untuk menjadi taruna di Sekolah Calon Tamtama.

Pada jenjang Tamtama ini, ada beberapa pangkat kemiliteran. Anggota TNI yang sudah lulus dari sekolah calon Tamtama bisa mendapat pangkat Prajurit Dua –atau dalam jenjang TNI AL disebut Kelasi Dua. Peringkat pangkat kemiliteran dalam jenjang Tamtama berikutnya adalah Prajurit Satu, Kopral Dua, Kopral Satu, sampai Kopral Kepala.

Baca Juga: Perbedaan Tamtama, Bintara dan Perwira TNI

Bintara

Bintara adalah kelompok pangkat dalam ketentaraan yang berada satu tingkat di bawah kelompok Perwira pertama dan satu tingkat di atas kelompok Tamtama. Karena posisinya yang berada di tengah-tengah, Bintara punya tugas untuk melancarkan jalur komando dari atas ke bawah. Bintara yang handal mesti mampu menjabarkan pemikiran dan perintah pimpinan, kemudian diwujudkan dalam satu misi atau pekerjaan tertentu. Selain itu, Bintara juga berfungsi sebagai pengawas Tamtama.

Dengan tugas dan tanggung jawab yang lebih berat, maka syarat untuk menjadi calon Bintara paling tidak memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan nilai ujian nasional tertentu. Selain itu, Tamtama berpangkat Kopral pun bisa mengikuti pendidikan untuk menjadi Bintara. Setelah menjalani pendidikan, seorang Bintara TNI diharapkan bisa memiliki kemampuan teknis serta taktis militer dan pengetahuan umum yang lebih dari Tamtama.

Pangkat kemiliteran yang termasuk dalam jenjang Bintara yaitu Pembantu Letnan Satu, Pembantu Letnan Dua, Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Perwira

Perwira adalah golongan kepangkatan militer yang berada di atas Bintara. Anggota TNI berpangkat Perwira memiliki kewenangan di sebuah instansi militer dan bisa memberi perintah operasional kepada anggota di bawahnya. Untuk menunjang tugas dan tanggung jawab tersebut, calon Perwira harus punya bekal pendidikan kepemimpinan dan manajemen.

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk bisa menjadi seorang Perwira di TNI. Pertama, dengan mengikuti Akademi Militer untuk mendapat pangkat Perwira terendah yaitu Letnan Dua. Selain itu, Bintara berpangkat Pembantu Letnan Satu juga bisa mengikuti pendidikan di Sekolah Calon Perwira untuk menjadi Perwira. Ada pula Perwira karir yang berasal dari lulusan diploma atau sarjana.

Jenjang Perwira terbagi dalam tiga golongan. Perwira pertama yang terdiri dari Letnan Dua, Letnan Satu, dan Kapten. Sementara golongan Perwira Menengah, terdiri dari Mayor, Letnan Kolonel, dan Kolonel. Adapun Perwira Tinggi memiliki istilah tersendiri di setiap cabang militer. Di TNI AD disebut Jenderal, pangkat Perwira tinggi TNI AL adalah Laksamana, dan Perwira tinggi TNI AU yaitu Marsekal.

Dengan bekal pengetahuan mengenai jenjang jabatan dan pangkat dalam TNI, Anda bisa punya gambaran bagaimana harus memulai karir di dunia kemiliteran. Anda juga bisa mengulik berbagai persyaratan yang harus dipenuhi dan mengasah keterampilan untuk menjadi seorang tentara profesional. –Qerja

Baca Juga: 4 Fakta yang Perlu Diketahui Sebelum Berkarir Jadi Tentara



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami