Pilihan Aplikasi Booking Tiket Di Smartphone | Qerja

Bingung Pilih Aplikasi Booking Tiket Online? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Di Sini!

Eka Utami, 2 weeks ago
Bingung Pilih Aplikasi Booking Tiket Online? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya Di Sini!

Seiring dengan meningkatnya minat traveling di kalangan masyarakat Indonesia, maka berbagai aplikasi booking tiket online pun bermunculan. Para penyedia layanan jasa pemesanan tiket terus berusaha memberikan harga terbaik, diskon, dan cara pembayaran aman. Pada akhirnya, kita diuntungkan dengan berbagai kemudahan booking tiket yang ditawarkan.

Buat Anda yang sudah sering traveling, pasti sudah mengenal berbagai aplikasi booking tiket online. Anda juga tahu titik kelemahan dan keunggulan aplikasi tersebut. Tetapi, setiap orang punya preferensi masing-masing, sehingga jika satu aplikasi sudah memberikan keuntungan berlimpah, maka akan memaafkan beberapa kesalahan kecil di sana-sini.

Bagaimana pun, tidak ada aplikasi yang sempurna. Maka, kami akan menuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi booking tiket online sehingga Anda bisa lebih cermat dalam memilih.

Traveloka

Mau Pakai Aplikasi Booking Tiket Online? Cek Dulu Kelebihan dan kekurangannya
Sumber: Play.google.com

Traveloka adalah aplikasi booking tiket online yang ada di top of mind masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mengaku nyaman menggunakan aplikasi ini karena salah satu kelebihannya yaitu  jaminan keamanan dari penyedia layanan, seperti jaringan privat https trenkripsi yang menjaga semua transaksi. Selain itu, Traveloka juga menawarkan kemudahan cara pembayaran yang mudah, cepat, dan efisien, bahkan bisa dilakukan di Indomaret.

Tetapi, aplikasi booking tiket online ternama pun masih punya kekurangan. Beberapa pengguna merasa terganggu dengan berbagai gambar yang bergerak dan icon di laman muka. Sehingga, sebagian orang sulit mencari tiket atau hotel yang diinginkan. Selain itu, Traveloka belum banyak menawarkan destinasi wisata di belahan dunia lainnya.

Tiket.com

Salah satu pesaing kuat yang menantang dominasi Traveloka adalah Tiket.com. Aplikasi booking tiket online ini juga menjanjikan keamanan transaksi yang didukung oleh Verified by Visa, MasterCard SecureCode, dan Teknologi GeoTrust. Selain itu, Tiket.com pun menawarkan berbagai macam kelebihan cara pembayaran, mulai dari transfer bank hingga kartu kredit, dan bisa dilakukan dengan ePay BRI.

Namun, Tiket.com masih belum sempurna, masih ada kekurangan. Pengguna aplikasi mengelukan rumitnya langkah pembelian tiket karena harus mengisi form terlalu banyak. Selain itu, harga yang ditampilkan Tiket.com sering tidak valid karena menunjukkan angka hasil pencarian pelanggan terakhir. Ketika mencoba menelusuri harga sendiri, Anda bisa saja menemukan angka yang berbeda.

Baca Juga: Co-founder Tiket.com Mikhael G Undarsa Bicara Soal Industri Startup Digital

Pegipegi

Pegipegi menawarkan kelebihan berupa kemudahan pemesanan moda transportasi dan akomodasi traveling seperti aplikasi booking tiket online pada umumnya. Mulai dari kemudahan pemesanan, kelengkapan informasi, harga kompetitif, hinggga beragam cara pembayaran. Tetapi, satu hal yang melekat di benak para traveler adalah aplikasi ini menawarkan diskon yang berlimpah. Jika beruntung, pengguna aplikasi bisa mendapat potongan harga hingga 50 persen.

Hanya saja, saat ini aplikasi masih banyak kekurangan. Sebagian pengguna yang mengeluhkan kesalahan yang terjadi di aplikasi. Misalnya, ada orang yang tiba-tiba keluar atau log out sendiri setelah order. Selain itu, setiap kali update aplikasi ada berbagai error, seperti data penumpang yang pernah diinput hilang sehingga pengguna harus mengulanginya.

Skyscanner

Skyscanner juga merupakan aplikasi booking tiket online yang direkomendasikan banyak orang. Skyscanner membantu pengguna mendapatkan tiket moda transportasi sesuai kebutuhan dengan berbagai fitur seperti notifikasi bila terjadi perubahan harga, hingga mampu menampilkan harga terjangkau untuk perjalanan tertentu. Selain itu, kelebihan Skyscanner adalah tidak ada hidden fee atau biaya tambahan yang dibebankan kepada pengguna.

Tetapi, tentu saja Skyscanner punya kekurangan. Banyak pengguna aplikasi yang mengeluhkan perubahan harga yang ditampilkan saat mencari dan saat klik tautan. Selain itu, isu yang mendera Skyscanner baru-baru ini adalah terkait sharing data dengan Facebook, sehingga sebagian pengguna langsung uninstall aplikasi. Tetapi, Skyscanner berjanji akan memperbaharui aplikasi untuk mengatasi masalah tersebut.

KAI Access

Mau Pakai Aplikasi Booking Tiket Online? Cek Dulu Kelebihan dan kekurangannya
Sumber: Play.google.com

KAI ACCESS adalah satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Jadi kelebihan aplikasi ini pasti terpercaya. Lewat aplikasi ini, PT KAI berjanji akan memudahkan pemesanan tiket kereta, perubahan jadwal tiket, hingga reservasi satu jam sebelum keberangkatan.

Aplikasi ini memang masih banyak kekurangan dan mendapat review negatif oleh pengguna. Masyarakat mengeluh kesulitan mengakses  aplikasi yang “selalu sibuk”, diminta mengecek koneksi internet, kesulitan memasukkan data pribadi, dan sebagainya. Selain itu, meski sudah ada barcode setelah memesan, petugas tetap meminta menukar dengan boarding pass. Isu terakhir yang mencuat terkait ketiadaan informasi jumlah kursi yang tersedia, hanya ditulis “available”.

Setelah menimbang kelebihan dan kekurangan berbagai aplikasi booking tiket online, Anda bisa menjatuhkan pilihan yang tepat. Semoga Anda mendapat harga terbaik, kemudahan pemesanan, dan kenyamanan saat perjalanan. –Qerja

Baca Juga: Keuntungan Pakai Kartu Kredit untuk Traveling



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next