Jadwal Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2019 | Qerja

Catat! Jadwal Libur Nasional Tahun 2019, Siapkan Rencana Cuti Dari Sekarang

Riyan Sugandy, 1 week ago
Catat! Jadwal Libur Nasional Tahun 2019, Siapkan Rencana Cuti Dari Sekarang

Tahun 2019 memang sudah berjalan selama beberapa hari, tetapi masih ada waktu sekitar 11 bulan lagi yang harus dijalani. Nah, bagi Anda yang ingin berencana berlibur di tahun 2019 atau menikmati waktu libur agak lama bersama keluarga, rasanya tidak salah memanfaatkan tanggal libur nasional yang sudah ditetapkan Pemerintah.

Di tahun 2019, ada sekitar 20 tanggal libur yang sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional dan juga cuti bersama. Berikut ini adalah jadwal Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019 :

1 Januari (Selasa): Tahun Baru 2019 Masehi
5 Februari (Selasa): Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili
7 Maret (Kamis): Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941
3 April (Rabu): Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW
19 April (Jumat): Wafat Isa Al Masih
1 Mei (Rabu): Hari Buruh Internasional
19 Mei (Minggu): Hari Raya Waisak 2563
30 Mei (Kamis): Kenaikan Isa Almasih
1 Juni (Sabtu): Hari Lahir Pancasila
3-4 Juni (Senin-Selasa): Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
5-6 Juni (Rabu-Kamis): Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
7 Juni (Jumat): Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah
11 Agustus (Minggu): Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah
17 Agustus (Sabtu): Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia
1 September (Minggu): Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah
9 November (Sabtu): Maulid Nabi Muhammad SAW
24 Desember (Selasa): Cuti bersama Hari Raya Natal
25 Desember (Rabu): Hari Raya Natal

Baca Juga : Enam Manfaat Cuti Tengah Pekan. Tertarik Untuk Coba?

Manfaatkan Libur Panjang

Seperti yang bisa kita lihat di jadwal yang sudah ditentukan, kita bisa memilih beberapa tanggal untuk mengajukan cuti. Sayangnya, tanggal-tanggal tersebut memang ada hanya pada semester pertama tahun 2019. Karena di semester kedua tahun 2019, hari libur keagamaan lebih banyak terjadi pada hari Sabtu atau Minggu.

Jika Anda ingin menambah waktu liburan dengan memanfaatkan cuti diantara hari libur tersebut, Qerja menyarankan Anda memanfaatkan libur di tanggal 5 Februari 2018. Tanggal tersebut merupakan libur untuk perayaan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili yang jatuh pada hari Selasa.

Libur lain yang bisa manfaatkan yaitu pada tanggal 30 Mei 2019 yang jatuh pada hari Kamis. Tanggal tersebut merupakan libur untuk memperingati Kenaikan Isa Almasih.

Selain itu, libur lain yang cukup panjang terdapat pada bulan Juni pada perayaan Hari Raya Idul Fitri dari tanggal 3 hingga 6 Juni 2019. Libur panjang selanjutnya baru bisa Anda dapatkan kembali pada akhir tahun pada perayaan Natal dengan adanya cuti bersama pada tanggal 24 Desember 2019.

Cuti Bersama Mengurangi Jatah Cuti

Sesuai dengan keputusan Pemerintah, cuti bersama yang dilaksanakan pada peringatan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal nantinya akan mengurangi jatah cuti tahunan bagi PNS. Sedangkan bagi perusahaan swasta dan institusi lainnya ditentukan oleh pimpinan di masing-masing institusi.

Oleh karena itu diharapkan Anda bisa lebih bijak dalam menggunakan jatah cuti yang diberikan perusahaan. Seperti yang kita ketahui, jumlah cuti tahunan yang wajib diberikan perusahaan kepada karyawan setiap tahunnya adalah 12 hari.

Jadi bila Anda memang berencana akan memanfaatkan cuti untuk menambah hari libur disela-sela libur panjang, pastikan Anda masih memiliki jatah cuti yang cukup. Nah, kira-kira Anda akan memanfaatkan cuti di bulan mana, Qolega? -Qerja

Baca Juga : Inilah yang Terjadi Jika Anda Jarang Cuti



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next