Lima Profesi Tenaga Medis Yang Banyak Dicari | Qerja

Lima Profesi Tenaga Medis Yang Masih Banyak Dicari Hingga Saat Ini

Riyan Sugandy, 11 months ago
Lima Profesi Tenaga Medis Yang Masih Banyak Dicari Hingga Saat Ini

Dunia kesehatan atau medis merupakan salah satu bidang yang sudah dikenal lama di dunia. Bahkan sejak jaman dahulu, orang-orang yang memiliki pengetahuan di dalam dunia medis sudah mendapatkan tempat yang terhormat di masyarakat.

Seiring dengan perkembangan jaman, profesi di dalam tenaga medis juga semakin beraneka ragam. Profesi tenaga medis apa saja sih yang biasanya kita temui sehari-hari? Buat yang belum tahu bisa baca artikel berikut ini hingga akhir ya!

Perawat

Selain dokter, perawat juga merupakan salah satu profesi di bidang kesehatan yang sering kita jumpai. Profesi ini memang nampak sepele saja bahkan tidak jarang dianggap hanya sebagai pembantu dokter.

Tetapi, profesi ini sebenarnya memiliki kelas yang sama dengan seorang dokter. Bila dokter memiliki tugas untuk memberikan pengobatan, maka seorang perawat memiliki tugas untuk merawat dan memastikan bahwa pasien tersebut menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

Apoteker

Profesi Apoteker atau Farmasis mungkin akan sangat jarang Anda temui bahkan di rumah sakit sekalipun. Bukan karena tidak ada, tetapi apoteker memang lebih sering bekerja di belakang meja untuk meracik resep yang diberikan oleh dokter kepada pasien.

Menjadi seorang apoteker juga memerlukan banyak tahap untuk dilewati. Seorang apoteker biasanya harus menempuh kuliah di jurusan Farmasi. Setelah lulus sebagai sarjana Farmasi, seorang apoteker juga harus menjalani pendidikan profesi Apoteker selama 1 tahun sebelum dinyatakan layak menjadi seorang Apoteker.

Analis Kesehatan

Sama seperti Apoteker, Analis Kesehatan juga pastinya agak jarang kita jumpai karena biasanya mereka bekerja di dalam laboratorium dan jarang berinteraksi dengan pasien. Tugas utama seorang Analis Kesehatan secara singkat adalah melakukan pemeriksaan dan analisa terhadap bahan yang dianggap berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat.

Peran seorang Analis Kesehatan bisa kita lihat ketika kita melakukan medical check up. Setiap sampel hasil pengujian pasien akan diperiksa untuk mengetahui tingkat kesehatan pasien tersebut. Profesi ini masih cukup langka karena belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan ini.

Tenaga Rekam Medis

Salah satu profesi lainnya yang mungkin Anda tidak sadar sering temui adalah Tenaga Rekam Medis. Sama seperti tiga profesi sebelumnya, profesi ini juga bekerja di belakang layar dan jarang berinteraksi secara langsung dengan pasien.

Tenaga Rekam Medis atau Administrator Informasi Kesehatan merupakan tenaga medis yang bertugas untuk melakukan proses pengarsipan informasi kesehatan perorangan atau masyarakat. Nantinya data yang sudah diolah oleh Tenaga Rekam Medis bisa menjadi rujukan bagi tenaga medis lainnya untuk melakukan tindakan terhadap seorang pasien.

Dokter

Profesi ini mungkin adalah profesi tenaga medis yang sering disebutkan sebagai cita-cita ketika kita masih anak-anak. Tetapi setelah menjadi dewasa tentunya kita menyadari bahwa menjadi seorang dokter tidaklah mudah. Sehingga tidak heran profesi ini cukup langka dan sangat dihargai mahal di masyarakat.

Untuk menjadi seorang dokter tidak hanya cukup mengenyam bangku kuliah saja, tetapi ada beberapa proses yang wajib diikuti sebelum seorang dokter bisa melakukan praktek. Mulai dari praktik pra klinik, klinik hingga ujian komprehensif praktek dari negara dan kampus.

Kabar baiknya, beberapa posisi tenaga medis tersebut sedang dicari oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Bagi Anda yang memiliki keahlian atau lulus dari jurusan-jurusan tersebut bisa langsung daftar melalui situs jobs.id.

Ada puluhan lowongan tenaga medis Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk berbagai posisi. Lowongan ini terdiri dari lowongan untuk lulusan S1, DIV dan juga DIII di wilayah Jabodetabek. Daftar dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan kemudian lamar di jobs.id dengan mudah! Jangan sampai ketinggalan ya, Qolega! – Qerja

Baca Juga : Apa Saja Keuntungan Mendaftar Lowongan Management Trainee?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next