Tujuh Cara Melawan Godaan Menunda Kerja | Qerja

Tujuh Cara Melawan Godaan Menunda Kerja

Eka Utami, 7 months ago
Tujuh Cara Melawan Godaan Menunda Kerja

Hampir semua orang pernah merasa malas dan menunda tugas kantor, apalagi kalau deadline pekerjaan masih lama. Waktu luang yang dimiliki malah dihabiskan untuk hal tidak berguna seperti bergosip dengan teman kerja, atau berselancar di dunia maya.

Setelah terlena dan mengikuti hawa nafsu, di akhir hari Anda menemukan diri telah kehilangan waktu berharga. Memang, godaan menunda kerja sulit dihindari, tetapi bukannya tidak mungkin dilawan. Berikut tujuh cara melawan godaan “hantu” procastination yang disarikan dari situs Fast Company.

Mengingat Tujuan Karir yang Lebih Besar

Salah satu hal yang membuat kita menunda pekerjaan adalah karena kesulitan. Kita tidak tahu harus memulai kerja dari mana. Sehingga kita membenarkan alasan bahwa butuh waktu untuk bersantai dulu, menenangkan pikiran demi mendapat inspirasi.

Sekarang, coba ubah pola pikir Anda dengan mengaitkan tugas yang sulit tersebut dengan hasil besar yang akan dicapai. Jika berhasil melampaui tantangan, Anda bisa saja mendapat promosi seperti yang diinginkan selama ini. Dengan memasukkan energi positif ke dalam pekerjaan, maka Anda akan dapat menyelesaikan tugas lebih cepat dan bersemangat.

Mulai dengan yang Mudah

Kita sering memulai pekerjaan secara berurutan seperti yang diajarkan di buku panduan. Tapi, jika langkah pertama yang harus dilakukan adalah tugas sulit, maka kita akan merasa stres duluan dan menunda pekerjaan yang tersisa.

Anda bisa menyiasatinya dengan mengerjakan tugas paling mudah dari serangkaian pekerjaan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami perlawanan secara emosional dalam bekerja. Saat berhasil menyelesaikan tugas sedikit demi sedikit, Anda akan lebih bersemangat mengerjakan pekerjaan sulit berikutnya.

Memecah Pekerjaan Menjadi Tugas Kecil

Poin ini masih terkait dengan pembahasan sebelumnya. Jika memecah pekerjaan menjadi beberapa bagian, maka kita akan melihat beberapa tugas mudah yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

Anda bisa mengerjakan beberapa tugas ringan dan cepat terlebih dahulu. Sementara tugas sulit yang memerlukan konsentrasi penuh bisa dikerjakan di waktu berikutnya. Untuk mengerjakan pekerjaan yang menantang, pilih waktu di mana Anda merasa produktif.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Dengan Sistem Startline

Melawan Penyebab Gangguan Pekerjaan

Tujuh Cara Melawan Godaan Menunda Kerja
Sumber: Tookapic

Pada titik ini Anda sudah tahu hal-hal yang akan mengganggu konsentrasi dan menunda pekerjaan. Buat Anda yang suka mengobrol, biasanya bisa teralihkan dengan sapaan teman kerja yang mengajak bergosip. Sementara untuk Anda yang suka belanja, mudah tergoda untuk mengecek online shop setiap saat.

Buat Anda yang sering terganggu dengan ajakan gosip teman kantor, pasang earphone di telinga, sehingga orang lain menangkap sinyal “tidak bisa diganggu”. Sementara untuk pecinta belanja bisa mematikan jaringan internet di smartphone agar tidak tergoda mengecek situs belanja.

Mengenali Lingkungan Kerja Terbaik

Orang yang bekerja cerdas memahami cara kerja yang paling efektif. Morning person bisa sangat produktif di pagi hari, sementara night owl bisa bekerja optimal di malam hari. Selain itu, ada orang yang hanya bisa kerja saat suasana hening, dan sebaliknya ada orang yang tidak terganggu dengan keramaian.

Jadi, Anda harus mengenali tipe lingkungan kerja terbaik agar tidak bisa mencari alasan untuk menunda pekerjaan. Misalnya, buat Anda yang hanya bisa konsentrasi di tempat sepi,  jika perlu pindah dari meja kerja  untuk beberapa jam. Anda bisa mencari sudut ruang kantor yang tidak terlal banyak orang, atau malah meminta izin pada atasan untuk bekerja di luar kantor sementara waktu.

Menyiapkan Hadiah

Tujuh Cara Melawan Godaan Menunda Kerja
Sumber: Pixabay

Anda juga perlu memotivasi diri sendiri dengan hadiah. Penghargaan pada diri sendiri harus berupa hal yang tidak biasa dinikmati atau dilakukan, sehingga hadiah terasa istimewa.

Misalnya, Anda berjanji akan mentraktir diri sendiri dengan mocca latte double krim jika berhasil mengerjakan satu proyek dalam dua jam. Hadiah ini akan membuat And alebih bersemangat dan termotivasi untuk mengerjakan tugas tanpa menunda.

Mengatasi Perfeksionisme

Hasil kerja yang sempurna sebenarnya baik. Tetapi, terkadang keinginan untuk menjadi sempurna, tanpa kesalahan bisa menjadi batu sandungan untuk menyelesaikan tugas. Ketakutan akan kesalahan, hingga terjebak pada satu masalah pada proses pengerjaan, membuat kita menyerah dan akhirnya menunda pekerjaan.

Untuk mengatasi perfeksionisme, kita harus menanamkan pikiran positif bahwa terkadang membuat kesalahan bisa jadi pelajaran berharga. Setelah membuat kekeliruan dalam pekerjaan, kita bisa bekerja lebih baik dan mendekati kesempurnaan.

Procastination adalah musuh produktivitas. Anda harus melakukan berbagai cara untuk melawannya jika ingin sukses dalam pekerjaan. –Qerja

Baca Juga: Tujuh Alasan Anda Menunda Pekerjaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next