Pilihan Olahraga Bela Diri untuk Wanita Karir | Qerja

Pilihan Olahraga Bela Diri untuk Wanita Karir

Eka Utami, 8 months ago
Pilihan Olahraga Bela Diri untuk Wanita Karir

Salah satu tantangan pekerjaan yang dihadapi wanita karir adalah tuntutan lembur. Jika harus pulang malam, maka ia akan menghadapi bahaya dari kejahatan yang mengintai. Maka, wanita karir perlu belajar bela diri.

Berikut beberapa pilihan olahraga bela diri untuk wanita karir. Olahraga ini tidak hanya berguna untuk pertahanan diri, tapi bisa juga membantu menjaga kesehatan dan membentuk tubuh ramping.

Krav Maga

Krav Maga adalah seni bela diri dari Israel. Krav Maga menggabungkan bela diri tinju, muay thai, jiu jitsu, wing chun, hingga gulat. Saat berlatih, Anda akan dihadapkan dalam berbagai situasi terburuk, seperti perkelahian dengan lawan bersenjata, satu lawan satu, sampai musuh dalam jumlah banyak.

Dengan menguasai Krav Maga, wanita pekerja bisa melindungi diri dari kejahatan yang mengancam. Teknik yang diajarkan pada bela diri ini bertujuan untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat dengan menyerang titik terlemah dari lawan.

Aikido

Aikido merupakan seni bela diri yang berasal dari Jepang. Pada Aikido, Anda tidak diajarkan menggunakan pukulan atau tendangan. Anda akan dilatih untuk merespon serangan dan memanfaatkan tenaga lawan menggunakan teknik kuncian dan lemparan.

Bela diri yang cocok untuk wanita karena tidak mengharuskan pelakunya memiliki tubuh besar atau tenaga yang kuat. Meski begitu, teknik Aikido dinilai efektif untuk melumpuhkan lawan  tanpa menyebabkan cedera fatal. Selain itu, latihan Aikido dapat membantu menjaga kesehatan karena meliputi peregangan sendi yang disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.

Brazilian Jiu Jitsu

Berdasarkan namanya, kita sudah tahu bahwa bela diri ini awalnya berasal dari Jepang, yang kemudian dikembangkan di Brasil. Individu yang berlatih bela diri ini akan belajar berbagai teknik cekikan dan kuncian di lantai untuk melumpuhkan lawan.

Brazilian Jiu Jitsu berguna untuk membela diri dari ancaman kejahatan karena Anda akan diajarkan memanfaatkan kekuatan lawan untuk melumpuhkannya. Selain itu, bela diri ini juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mengencangkan otot, hingga membakar lemak sampai 700 kalori dalam sekali sesi latihan. Selain itu, gerakan olahraga yang Anda lakukan selama berlatih bisa melatih mental dan fokus, serta mengurangi stras dan energi negatif.

Wing Chun

Wing Chun adalah bela diri yang diciptakan oleh seorang biarawati di China bernama Ng Mui. Ia mengembangkan ilmu bela diri untuk wanita yang dianggap lemah agar bisa menghadapi lawan dengan fisik besar dan kuat. Setelah berlatih sekian lama, akhirnya Ng Mui menciptakan ilmu bela diri yang disebut Ular dan Bangau. Individu yang mempelajari Wing Chun diajarkan bersikap seperti bangau, tidak banyak bergerak, tapi bisa mematikan ular.

Alasan bela diri ini cocok untuk wanita adalah karena gerakannya yang praktis, efektif dan efisien untuk melawan orang yang berbadan besar. Gerakan Wing Chun diarahkan untuk mengikuti energi lawan, mengandalkan kecepatan, koordinasi tangkisan dan pukulan, pengalihan, kemudian mencari kesempatan untuk lari menyelamatkan diri. Dengan berlatih Wing Chun, Anda akan belajar bersikap tidak keras kepala, fleksibel, reaksi cepat, dan memecahkan masalah.

Taekwondo

Taekwondo adalah ilmu bela diri asal Korea yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Individu yang mempelajari Taekwondo akan dilatih untuk menguasai teknik menendang, meninju, dn mengunci tubuh lawan.

Selain untuk pertahanan diri, posisi bertarung yang diajarkan pada Taekwondo juga akan membantu wanita untuk membentuk postur yang baik. Selain itu, jika melakukan latihan secara rutin, maka otot dan kulit akan terasa lebih kencang. Ditambah lagi dengan peregangan yang dilakukan setiap sesi latihan, akan membuat tubuh lebih fleksibel, serta meningkatkan kecepatan koordinasi.

Muay Thai

Pilihan Olahraga Bela Diri untuk Wanita Karir
Sumber: Pixabay

Kali ini, kita membahas salah satu bela diri dari Thailand. Muay Thai adalah olahraga yang menggabungkan teknik bela diri seperti pukulan, tendangan, dan serangan lutut, serta latihan otot.

Ketika latihan Muay Thai, Anda akan menggerakkan seluruh bagian tubuh. Gerakan memutar, menyerang, dan menendang ternyata bisa mengencangkan bagian tubuh. Pada akhirnya, tubuh Anda bsa ramping. Tak heran jika olahraga ini digandrungi banyak wanita.

Karate

Satu lagi seni bela diri asal jepang yang cocok untuk dipelajari wanita. Karate memang tidak ‘lembut’ seperti Aikido karena Anda akan diajarkan teknik memukul dan menendang.

Dengan menguasai karate, Anda pasti bisa mempertahankan diri sendiri. Tidak hanya itu, karate juga dapat membantu Anda memperkuat otot kaki dan lengan. Ditambah lagi dengan latih tanding berhadapan dengan lawan, Anda akan terbiasa untuk lebih fokus.

Bela diri akan membuat Anda lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi mendesak yang mengancam keselamatan. Anda akan merasa lebih aman meski harus pulang malam sendirian. –Qerja

Baca Juga: Pilihan Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Kantor



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next