Aplikasi Belajar Bahasa Asing Di Smartphone | Qerja

Mau Belajar Bahasa Asing Pakai Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini!

Eka Utami, 7 months ago
Mau Belajar Bahasa Asing Pakai Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini!

Salah satu keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini adalah kemampuan berbahasa asing. Sebab, kita bisa saja diterima kerja di perusahaan asing, bekerja sama dengan tenaga ahli dari negara lain, atau mungkin berkarir di luar negeri. Bahasa asing yang diperlukan bukan saja Bahasa Inggris, melainkan bahasa lain di dunia.

Masalahnya, kita tidak selalu punya waktu untuk menghadiri kelas bahasa. Tetapi, di era teknologi seperti sekarang, belajar bahasa asing pun bisa dilakukan melalui smartphone.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda belajar bahasa asing.

Memrise

Memrise adalah aaplikasi pembelajaran bahasa asing yang diciptakan developer asal London. Aplikasi ini menggunakan teknik pembelajaran audio, gambar, dan memori untuk membantu pengguna mengaitkan kata satu sama lain agar lebih mudah diingat. Di ujung latihan ada tes reguler untuk memastikan Anda mengingat konsep bahasa yang dipelajari.

Bahasa asing yang bisa dipelajari dnegan Memrise antara lain Prancis, Inggris, Spanyol, Jerman, Rusia, Italia, Portugis, Swedia, Norwegia, Denmark, Turki, Tionghoa, Jepang, dan Korea.

Duolingo

Dengan aplikasi Duolingo, Anda bisa melatih keterampilan berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis dalam bahasa asing sembari bermain game. Seperti halnya permainan, Anda punya “nyawa” yang bisa hilang jika salah menjawab pertanyaan latihan. Tetapi, jangan khawatir, apabila Anda gagal menaklukan tantangan, maka Duolingo akan memberikan saran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Setelah bermain bersama Duolingo, Anda bisa meningkatkan kekayaan kosa kata dan keterampilan tata bahasa dengan menjawab pertanyaan dan menyelesaikan pelajaran. Anda dapat memulai pelajaran dengan kata kerja, frasa, dan kalimat dasar.

Baca Juga: Belajar Bahasa Asing agar Bisa Lebih Bersaing dalam Karier

Busuu

Konsep belajar bahasa asing di aplikasi Busuu adalah belajar kelompok. Sebelum menggunakan aplikasi, Anda perlu mendaftar, dan calon pegguna akan diseleksi terlebih dahulu. Jika sudah masuk komunitas Busuu, Anda dapat berlatih bicara dan menulis dengan penutur asli. Anda juga bisa membantu orang lain mempelajari bahasa ibu yang dikuasai.

Busuu mengakomodir belajar bahasa asing dari Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Cina, Jepang, Polandia, Turki, Rusia, dan Arab. Dengan Busuu di ponsel, Anda bisa belajar bahasa asing di mana saja, kapan saja, hanya 10 menit saja sambil menunggu antrian kopi, teman, dan saat perjalanan ke kantor.

Tandem

Mau Belajar Bahasa Asing Pakai Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini
Sumber: Tandem.net

Tandem adalah aplikasi berbasis komunitas seluler sehingga Anda dapat berlatih bahasa asing dengan penutur asli. Aplikasi ini seperti media sosial, di mana Anda bisa belajar bahasa dengan teman melalui teks, pesan suara, dan video.

Jika ingin belajar bahasa asing, Anda harus menunjukkan keseriusan, karena Tandem akan menyeleksi calon anggota. Setelah bergabung dengan komunitas, Anda akan dipertemukan dengan mitra pertukaran bahasa yang ingin dipelajari. Rekan Anda bisa mengajarkan tata bahasa dan kosa kata yang benar sampai bahasa gaul yang umum digunakan. Sebaliknya, Anda juga bisa mengajarkan bahasa ibu kepada teman tersebut.

Beelinguapp

Mau Belajar Bahasa Asing di Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini
Sumber: Beelinguapp.com

Beelinguapp mengajak Anda belajar bahasa asing dengan buku audio. Aplikasi ini memungkinkan Anda membaca dan mendengarkan cerita dalam bahasa asing dan bahasa ibu yang disandingkan berdampingan. Anda akan melihat dan membedakan dua kosa kata, kalimat, dan tata bahasa yang berbeda dalam satu layar. Aplikasi akan membantu Anda dengan menyorot bagian kalimat yang sedang dibaca.

Di Beelinguapp, Anda bisa belajar bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Portugis, Korea, Prancis, Hindi, Rusia, Turki, Tionghoa, Arab, Jepang, dan Italia.

Dengan menguasai bahasa asing dari berbagai negara, Anda bisa mengasah kemampuan mengingat, memudahkan perkenalan dengan orang baru, dan mempererat jalinan pertemanan dengan teman di luar negeri. Kemampuan berbahasa asing juga bisa memperluas jaringan dan meningkatkan karir. –Qerja

Baca Juga: Mau Jadi Yang Paling Update? Download Pilihan Aplikasi Berita Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next