7 Resep Sukses Bekerja Freelance | Qerja

7 Resep Sukses Bekerja Freelance

Qerja, 3 years ago
7 Resep Sukses Bekerja Freelance

Makin berkembangnya teknologi dan makin mudahnya akses internet membuat banyak orang mulai meninggalkan pekerjaan tetap dan memilih menjadi freelancer. Selain waktu bekerja yang fleksible, bekerja freelance juga mengurangi stress dan waktu yang terbuang saat menghadapi kemacetan yang menjadi rutinitas banyak pekerja.

Meskipun terkesan lebih fleksibel dan santai, bekerja freelance juga banyak kekurangannya. Di antaranya kontrak kerja yang hanya sementara dan penghasilan yang kadang naik dan turun, tergantung orderan yang didapat. Belum lagi pandangan publik yang menganggap bekerja sebagai freelance tak sesukses bekerja kantoran.

Anggapan itu jelas tidak semua benar. Banyak kok freelancer yang sukses dalam karier dan bisa hidup berkecukupan.

Bagi Anda yang akan terjun menjadi freelancer profesional, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar karier Anda sukses. Penasaran? Silakan disimak beberapa tips berikut ini:

1. Anda Yakin Sudah Siap?  
Pertanyaan ini harus Anda jawab terlebih dahulu sebelum terjun ke profesi tersebut. Kesiapan Anda akan berpengaruh dengan banyaknya pekerjaan yang akan didapatkan. Bila Anda memilih bekerja secara freelance karena tidak ingin terikat oleh waktu dan lebih suka bermalas-malasan, baiknya urungkan niat Anda.

Menjadi freelancer artinya Anda harus aktif mencari “job” atau pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Pekerjaan itu tidak datang dengan sendirinya karena Anda harus berusaha keras. Bila Anda bermalas-malasan, maka dijamin karir Anda sebagai pekerja freelance tidak akan mengalami kemajuan.

2. Buka Jaringan
Memiliki jaringan yang kuat dan banyak adalah modal utama menjadi seorang freelancer yang sukses. Jaringan itu akan memberikan Anda informasi tentang pekerjaan yang cocok, bahkan mungkin juga memberi pekerjaan langsung.

Saat ini para pekerja freelance diuntungkan dengan banyaknya media sosial sehingga kita bisa menawarkan jasa dengan lebih mudah. Jadi disarankan freelancer memiliki banyak media sosial dan aktif berinteraksi.

Simak kiat memperluas jaringan dari The Networking Queen Sari Kusumaningrum di sini.

3. Percaya Diri
Pekerja freelance haruslah percaya diri dan pintar mempromosikan dirinya pada calon klien. Jadi buat Anda yang gengsian atau pemalu, baiknya Anda buang sifat tersebut. Jangan sungkan bertanya pada calon klien yang potensial apakah mereka membutuhkan bantuan Anda. Kalau Anda ragu dan malu, dijamin Anda akan kalah saing dengan freelancer lain yang lebih agresif.

Anda juga bisa menerapkan 8 trik berikut ini untuk terlihat lebih percaya diri di depan klien.

4. Disiplin Waktu
Meski memiliki waktu yang lebih fleksibel, bukan berarti freelancer bisa bekerja sesukanya. Disiplin waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang dijanjikan pada klien merupakan hal yang penting untuk karier Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next