Enam Tanda Anda Sudah Siap Menjadi Manager | Qerja

Enam Tanda Anda Sudah Siap Jadi Manajer

Eka Utami, 8 months ago
Enam Tanda Anda Sudah Siap Jadi Manajer

Kebanyakan karyawan mendapat promosi untuk naik jabatan menjadi manajer karena prestasi. Kesuksesan tersebut diraih karena kemahiran seseorang dalam mengerjakan berbabagi pekerjaan teknis. Sementara itu, ada pula orang yang mengalami transisi dari jabatan menjadi manajer hanya karena “sudah waktunya”. Seseorang yang telah lama mengabdi pada perusahaan dianggap mampu memimpin sebuah divisi.

Padahal, peran individu dan peran manajerial sangat berbeda. Seseorang yang ahli dalam bidangnya belum tentu bisa mengelola sumber daya manusia. Kemampuan untuk memimpin sebuah departemen bisa muncul secara alami dalam diri sendiri, atau diasah melalui pelatihan dan pengalaman.

Jika Anda tertarik untuk mengajukan diri sebagai manajer, kenali dan ukur kemampuan diri terlebih dahulu. Berikut tanda Anda siap menjadi manajer.

Memiliki Visi Kerja Yang Baik

Anda punya visi yang jauh ke depan, bukan sekadar pengembangan karir pribadi di masa mendatang. Tetapi, Anda juga memikirkan kemajuan tim dan cara untuk mencapai tujuan perusahaan. Misalnya ketika membuat satu keputusan terkait pekerjaan, Anda sampai mempertimbangkan banyak hal termasuk faktor eksternal seperti perkembangan industri dan kondisi ekonomi.

Ketika sudah memikirkan banyak hal di luar kepentingan pribadi, maka Anda telah memiliki motivasi internal untuk menjadi seorang manajer.

Memiliki Ambisi

Sebelum mengajukan diri menjadi manajer, Anda perlu melakukan refleksi diri untuk melihat visi karir ke depan. Apakah Anda puas dengan hanya melaksanakan tugas sehari-hari untuk berkontribusi pada perusahaan? Atau, Anda merasa harus mengubah sistem dan budaya kerja organisasi sehingga perusahaan lebih maju?

Ketika Anda punya visi misi serta ambisi untuk mewujudkannya, maka bersiaplah untuk mengambil peran besar di posisi manajerial.

Keinginan Belajar Berbagai Keterampilan

Enam Tanda Anda Siap Jadi Manajer
Sumber: Pixabay

Pada titik ini, Anda menyadari bahwa seorang manajer harus memiliki banyak keterampilan. Anda ingin tahu berbagai keahlian yang lebih luas bukan hanya memperdalam bidang ilmu sendiri. Misalnya Anda seorang ahli komputer, tetapi merasa perlu belajar soal pemasaran, pengelolaan keuangan, dna sebagainya.

Saat menyadari keinginan menguasai seperangkat keterampilan di luar bidang ilmu sendiri, maka Anda siap menjadi manajer.

Baca Juga: Menurut Google, Ini Enam Keahlian Yang Perlu Diasah Manajer Baru

Memiliki Kemampuan Memecahkan Masalah

Enam Tanda Anda Siap Jadi Manajer
Sumber: Pixabay

Seorang manajer akan dihadapkan pada masalah setiap hari. Ia harus mengenali sumber daya yang dimiliki dan menggunakannya untuk mengatasi tantangan di depan mata.

Kemampuan memecahkan masalah seringkali tidak disadari oleh diri sendiri. Tetapi, kemampuan itu akan dikenali oleh orang-orang di sekitar Anda. Jika atasan atau rekan kerja sering meminta bantuan untuk mendapatkan solusi atas masalah pekerjaan, maka itu artinya Anda sudah siap jadi manajer.

Mengutamakan Kerja Kolaboratif

Salah satu tanda siap jadi manajer yaitu ketika Anda bersemangat bekerja dalam tim. Anda tidak mengeluh ketika harus menghadiri rapat dan menjauh dari meja kerja. Sesi brainstorming justru menjadi saat yang Anda nantikan. Meski sering meeting, Anda sudah bisa mengatur waktu sehingga pekerjaan pribadi tidak keteteran.

Pada saat melakukan tugas manajer, Anda memang harus menghadiri banyak rapat baik dalam grup atau pertemuan empat mata. Anda mesti mengecek kemajuan kerja tim atau perkembangan anggota tim. Sebab, selain menjalankan fungsi pengelolaan, Anda juga berperan sebagai supervisor.

Peduli Keberhasilan Orang Lain

Ketika bekerja dalam sebuah tim, Anda akan memikirkan kemajuan bersama. Jika salah satu anggota tim gagal, maka Anda juga ikut bertanggung jawab. Maka, setiap kali mengerjakan tugas kelompok, Anda merasa harus meluangkan waktu untuk membantu orang lain setelah menyelesaikan tugas individu.

Dengan menunjukkan sikap tersebut, maka Anda sudah bisa dikatakan siap menadi manajer. Calon pemimpin akan meprioritaskan keberhasilan tim.

Kalau Anda sudah menyadari tanda kesiapan untuk menjadi manajer, perjuangkan mimpi tersebut. Anda bisa mengungkapkan pada atasan saat evaluasi one-on-one terkait hal ini. Dengan begitu, Anda bisa mendapat tugas dan peran tambahan agar mendapat poin lebih banyak untuk promosi berikutnya. Semoga sukses! –Qerja

Baca Juga: Hindari Enam Kesalahan Ini Jika Baru Pertama Kali Menjadi Manajer

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next