Investasi Peer to Peer Lending Semudah Nabung | Qerja

Investasi Peer to Peer Lending, Investasi Semudah Menabung!

Riyan Sugandy, 5 months ago
Investasi Peer to Peer Lending, Investasi Semudah Menabung!

Investasi bisa menjadi sesuatu hal cukup membingungkan bagi sebagian orang. Hal ini memang wajar karena untuk melakukan investasi dibutuhkan banyak pertimbangan resiko keuangan yang mungkin terjadi.

Tetapi, di era teknologi seperti saat ini, proses investasi bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan sekarang tidak jauh berbeda dengan proses menabung seperti yang biasa Anda lakukan. 

Selama beberapa tahun belakangan ini, industri fintech di Indonesia berkembang cukup pesat di Indonesia. Salah satu model fintech yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat adalah platform peer to peer lending (P2P)

Bagaimana cara kerjanya? Prinsip investasi P2P lending yaitu sama seperti kamu meminjamkan uangmu kepada orang lain melalui perantara sebuah platform online. Saat peminjam membayar kembali pinjamannya, kamu akan menerima keuntungan sebagai imbalan atas dana yang telah kamu pinjamkan.

Di dunia investasi P2P lending, kamu juga punya pilihan apakah akan memberikan pinjaman pada peminjam yang membutuhkan dana untuk kebutuhan konsumtif atau pada pelaku usaha yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha. Kalau kamu merasa lebih aman dan berfaedah untuk meminjamkan danamu pada pelaku usaha, salah satu platform P2P yang bisa kamu coba yaitu MEKAR.

MEKAR adalah platform pinjaman peer to peer yang menghubungkan siapa saja yang ingin berinvestasi dengan pelaku UMKM yang membutuhkan pinjaman usaha. Seorang investor (atau disebut juga “funder”) menginvestasikan uang mereka pada pinjaman usaha untuk UMKM melalui platform online yaitu sebuah situs web bernama Mekar.id.

Nah, bagaimana sih caranya berinvestasi pada platform P2P seperti MEKAR? Dan benarkah investasi peer to peer lending bisa semudah menabung?

Lakukan Semuanya Secara Online

unnamed (1)

Salah satu kehebatan investasi peer to peer lending adalah semua prosesnya bisa kamu lakukan secara online, jadi kamu bisa berinvestasi dari mana saja dan kapan saja selama kamu terhubung dengan layanan internet. Untuk memulai investasimu, yang perlu kamu lakukan hanyalah mendaftarkan dirimu secara online pada platform P2P yang jadi pilihanmu, lalu pilih pinjaman-pinjaman yang ingin kamu danai, dan lakukan pembayaran/top up saldo untuk memulai pendanaanmu.

Di MEKAR, kamu bisa mendaftar sebagai funder dan memulai investasimu dengan sangat mudah. Namun, seandainya kamu mengalami kesulitan dalam prosesnya, MEKAR memiliki tim layanan pelanggan yang bisa kamu hubungi melalui berbagai kanal komunikasi, seperti misalnya live chat di website, WhatsApp dan email.

Baca Juga : Pilihan Instrumen Investasi untuk Generasi Millennial

Cuma Punya Modal Pas-Pasan? Tak Masalah!

Tak semua orang punya alokasi budget investasi yang besar. Kalau kamu mencari investasi dengan modal rendah dan penghasilan yang dibayarkan secara bulanan, kamu bisa memilih investasi P2P lending. Contohnya di MEKAR kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 saja. Ini tentunya angka yang mudah untuk disisihkan secara rutin demi investasi, terutama bagi kamu yang baru memulai karir dan memiliki penghasilan yang tidak terlalu tinggi. Jadi terasa seperti menabung untuk masa depan!

Kok bisa investasi mulai dari Rp 100.000 saja? Ini karena beberapa platform P2P lending memiliki skema yang disebut crowdfunding, yaitu ketika banyak funder/investor bisa mendanai satu pinjaman secara bersama-sama. Sebagai contoh, ayo kita lihat cara kerja skema crowdfunding di MEKAR pada gambar di bawah.

15 Feb 2019 infografic-01

Dengan adanya fitur crowdfunding seperti di MEKAR, berarti kamu bisa mulai berinvestasi tanpa harus memiliki dana dalam jumlah besar. Ini juga berarti bahwa jika kamu biasanya mengalokasikan, misalnya, Rp 1 juta untuk investasi, kini kamu bisa menginvestasikan uangmu pada beberapa pinjaman sekaligus, sehingga kamu bisa melakukan penyebaran risiko investasi dengan cara mendiversifikasi portofoliomu.

Ayo buat portofolio investasimu sekarang hanya dengan Rp 100.000! Kunjungi platform P2P pilihanmu untuk membuktikan sendiri mudahnya berinvestasi P2P lending, semudah menabung untuk masa depan yang lebih baik secara finansial. -Qerja

Baca Juga : Jenis-Jenis Usaha Fintech Yang Ada Di Indonesia

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next