Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga | Qerja

Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Eka Utami, 12 months ago
Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang bisa dipilih untuk menyeimbangkan kehidupan dan pekerjaan. Dengan berolahraga, kita akan mendapat tubuh yang sehat sehingga bisa menjalankan aktivitas kerja dengan baik.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga adalah penggunaan energi yang besar untuk bergerak. Otot-otot pun bekerja keras untuk mendukung setiap aksi yang dilakukan. Makanya, kita dianjurkan makan sekitar 30 menit setelah berolahraga untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang hilang dan memperbaiki sel yang rusak.

Tetapi, kita tidak boleh makan sembarangan. Pilihlah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein dengan perbandingan 3:1. Karbohidrat akan membantu memaksimalkan sintesis glikogen yang berperan mengatur kadar gula darah.

Sementara protein membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan memperbaiki sel yang rusak. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Pisang

sumber : maxpixel.net
sumber : maxpixel.net

Pisang mengandung karbohidrat yang penting untuk mengisi kembali glikogen otot dan mengatur kadar gula darah. Berdasarkan sebuah penelitian, fungsi pisang sama dengan minuman berenergi yang berguna untuk mengganti nutrisi dan mencegah radang pasca-latihan. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang diperlukan otot, mencegah kram, dan rehidrasi.

Kabar baiknya, pisang adalah buah yang mudah ditemukan di berbagai tempat, mulai dari tukang buah di pinggir jalan sampai supermarket besar. Anda bisa langsung mengudap pisang begitu saja tanpa harus repot mengupas kulitnya dengan pisau. Jadi, daripada Anda membeli minuman berenergi, lebih baik konsumsi pisang dan air putih saja setelah berolahraga.

Telur

Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein. Artinya, dengan mengonsumsi telur, kita sudah bisa memenuhi sekitar 10-13 persen kebutuhan protein harian. Protein  mengandung asam amino esensial yang akan membantu memperbaiki sel yang rusak setelah berolahraga. Selain itu, telur mengandung mineral seperti magnesium, besi, kalsium, dan zinc untuk memperbaiki dan membantu pertumbuhan sel.

Namun, telur juga mengandung kolesterol yang tinggi. Jadi, Anda harus memperhatikan jumlah telur yang dikonsumsi dalam sehari agar tidak berlebihan.

Yoghurt

Yoghurt
Sumber : Jules

Yoghurt mengandung karbohidrat yang penting untuk membangun cadangan energi Anda setelah latihan yang melelahkan. Yoghurt rendah lemak juga memiliki kandungan 15 gram protein yang dibutuhkan tubuh.

Setelah berolahraga, Anda bisa mengonsumsi yoghurt tanpa rasa yang dicampur dengan buah-buahan segar. Buah-buahan bisa memberikan rasa manis pada yoghurt. Dengan begitu, Anda tidak perlu memilih yoghurt dengan tambahan perisa yang mengandung gula.

Baca Juga: Pilihan Cara Makan Siang Sehat di Kantor

Tuna

Tuna adalah sumber protein tanpa lemak yang bagus. Enam ons tuna dapat memberikan 33 gram protein untul tubuh Anda. Selain itu, tuna juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan jantung saat latihan.

Tapi, tuna tidak mengandung karbohidrat. Jika memilih mengonsumsi tuna setelah olahraga, Anda mesti memakannya bersama dengan karbohidrat. Setangkap roti isi tuna sudah cukup mengisi kebutuhan karbohidrat dan protein.

Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan karbohidrat kompleks, serat pangan, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serta mineral seperti magnesium. Karbohidrat kompleks akan membantu memulihkan glikogen dalam tubuh sehingga kadar gula darah tetap terjaga. Hal ini akan menghindarkan Anda dari kemungkinan pusing atau bahkan pingsan setelah berolahraga. Selain itu, salah satu kandungan mineral dalam ubi jalar, yaitu magnesium, berguna untuk memperkuat tulang dan membantu menjaga otot-otot yang sehat.

Anda bisa mengemas ubi jalar yang dikukus atau dipanggang di dalam kotak bekal untuk dibawa ke tempat olahraga. Ubi jalar akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Beberapa jenis makanan di atas bisa dimakan sebagai camilan setelah berolahraga. Sementara itu, ada pula jenis makanan yang lebih pas dikonsumsi saat jam makan besar. Anda bisa memilih makanan bergizi yang sesuai kebutuhan. –Qerja

 Baca Juga: Pilihan Makanan untuk Mengatasi Stres Kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next