Pilihan Aplikasi Scanner Di Smartphone | Qerja

Pilihan Aplikasi Scanner Untuk Smartphone. Pindai Dokumen Kapan Saja, Di Mana Saja!

Eka Utami, 4 months ago
Pilihan Aplikasi Scanner Untuk Smartphone. Pindai Dokumen Kapan Saja, Di Mana Saja!

Salah satu peralatan kantor yang sering digunakan oleh pekerja kantoran adalah mesin scanner. Karyawan perlu memindai dokumen cetak agar bisa dijadikan file digital. Masalahnya, alat tersebut besar, berat, dan merepotkan untuk mungkin dibawa kemana-mana.

Sementara itu, di dunia kerja yang serba dinamis seperti sekarang, kita tidak selalu berada di kantor setiap saat. Kita bisa saja perlu memindai dokumen di tempat-tempat yang tidak terduga.

Tapi kini ada aplikasi scanner yang memudahkan Anda memindai dokumen dengan hanya menggunakan smartphone.

CamScanner

CamScanner membantu Anda memindai, menyimpan, menggabungkan dokumen dari berbagai konten di smartphone, iPad, tablet, dan komputer. Cukup gunakan kamera ponsel Anda untuk mengubah berbagai dokumen cetak menjadi digital, mulai dari kwitansi, catatan, faktur, diskusi papan tulis, kartu nama, sertifikat, hingga buku dan artikel.

qc-jkt-2019

Setelah memindai, Anda bisa melakukan tindakan lebih lanjut seperti mengubah format JPG menjadi eksistensi PDF, mengirim hasil scan, mengatur ukuran halaman, memotong halaman, dan menambah password pada dokumen tertentu. CamScanner juga didukung layanan penyimpanan cloud seperti Box.com, Google Drive, Evernote, Dropbox agar Anda bisa mengamankan dokumen penting yang jumlahnya banyak.

Tiny Scanner

Dengan aplikasi Tiny Scanner yang terpasang di ponsel, maka Anda sudah punya pemindai portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Anda bisa memindai dokumen, foto, kwitansi, hingga laporan kemudian menyimpannya dalam bentuk gambar atau PDF. Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain pemindaian dalam warna, skala abu-abu, atau hitam dan putih. Anda juga bisa mengatur halaman PDF dengan ukuran kertas Legal, A4, dan lainnya.

Setelah memindai berkas, Anda bisa memberi nama dan mengatur dokumen digital dalam folder. Anda langsung bisa membagikan dokumen melalui email, Dropbox, Evernote, Google Drive, OneDrive, dan Box. Bahkan, Anda dapat langsung mentransfer hasil scan ke komputer dengan menggunakan wifi.

Fast Scanner

Hampir semua fitur yang ditawarkan Fast Scanner sama dengan aplikasi lainnya. Fast Scanner memindai semua jenis dokumen, mulai dari tanda terima hingga beberapa halaman buku. Dokumen yang dipindai, kemudian disimpan sebagai file PDF. Tetapi, And atetap bisa menambahkan halaman baru atau menghapus halaman yang ada dalam file PDF tersebut.

Namun, seperti namanya, Fast Scanner mengutamakan kecepatan kerja. Jika ingin mengirim hasil scan melalui email, Anda hanya perlu mengetuk tombol “Kirim” saja.

Baca Juga: Aplikasi Backup Data untuk Smartphone Android

Microsoft Office Lens

Microsoft Corporation juga membuat aplikasi pemindai dokumen yang canggih. Aplikasi ini bisa bekerja dengan bahasa Inggris, Jerman, Spanyol dan Cina.

Dokumen yang telah dipindai dengan format PDF bisa diubah ke dalam format Word dan Power Point. Kemudian, Anda bisa menyimpan dokumen tersebut di OneNote, OneDrive, atau galeri smartphone.

Scanbot

Aplikasi Scanner: Memindai Dokumen Kapan Saja, Di Mana Saja
Sumber: Scanbot.io

Scanbot adalah aplikasi scanner untuk perangkat iPhone, iPad atau Android, yang mudah dan praktis. Saat Anda memindai dokumen, Scanbot menawarkan berbagai cara untuk menangkap dokumen dengan sempurna. Anda bisa langsung lima mode warna berbeda dan menerapkan filter-nya, memotong dokumen, serta meluruskannya.

Anda bisa melakukan banyak hal dengan dokumen yang sudah dipindai dalam bentuk PDF. Mulai dari menyorot teks, menambahkan catatan, menambahkan gambar pada halaman yang dipindai atau membubuhkan tanda tangan. Hasil scan juga dapat dimodifikasi dan diperbaiki dengan memindahkan, menghapus, atau menambahkan halaman.

Dengan aplikasi scanner, Anda bisa menangkap berbagai ide di papan tulis dan di dokumen cetak, menyimpan kontak jaringan, dan mengamankan kwitansi penting. Mobilitas tinggi tidak akan menghalangi Anda untuk tetap melakukan berbagai pekerjaan yang dulu hanya bisa dilakukan di kantor. –Qerja

Baca Juga: Mau Belajar Bahasa Asing Pakai Ponsel? Coba Lima Aplikasi Ini



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next