Gaji Bagian Administrasi Dan Keuntungan Lainnya | Qerja

Mau Berkarir di Bagian Administrasi? Cek Dulu Gajinya Di Sini!

Eka Utami, 9 months ago
Mau Berkarir di Bagian Administrasi? Cek Dulu Gajinya Di Sini!

Departemen administrasi adalah bagian pendukung pekerjaan di sebuah perusahaan. Sebagian tugas staf administrasi antara lain untuk mengoordinasikan rapat gabungan, menyusun dokumen, memastikan persediaan alat tulis kantor, hingga menyiapkan tiket dan akomodasi pegawai yang akan dinas di luar kota.

Jika tertarik untuk bekerja di bagian administrasi, cek dulu besaran gaji yang ditawarkan berbagai perusahaan untuk posisi ini.

Gaji Terendah untuk Posisi Staf Administrasi

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs Qerja, gaji paling rendah diterima staf administrasi dimulai dari Rp 1,5 juta. Perusahaan yang menawarkan besaran gaji tersebut bergerak di berbagai bidang mulai dari konsultan, sektor perkebunan, hingga bank.

Namun, ada pula kantor pemerintahan di daerah dan sekolah-sekolah yang menggaji staf administrasinya lebih kecil lagi, di bawah Rp 1 juta. Nominal tersebut memang masih jauh di bawah dari Upah Minimum Provinsi di berbagai daerah. Tapi, biasanya jobdesc staf administrasi dengan gaji minimum tidak terlalu memberatkan.

Mungkin Anda hanya akan ditugaskan untuk mengurus administrasi pembukuan saja, menangani departemen pergudangan saja, atau bagian kasir. Jika Anda berniat memulai karir sebagai staf administrasi dan menerima tawaran gaji minimum tersebut, jangan lupa untuk memperhitungkan tunjangan dan fasilitas yang bisa diberikan perusahaan.

Tapi, menurut pengakuan dari sebagian besar pemilik akun Qerja, sebenarnya rata-rata gaji staf administrasi yang wajar berkisar antara Rp 2,5 juta sampai Rp 8 juta.  Nominal gaji Rp 2,5 juta sudah lebih tinggi dari UMP di beberapa daerah.

Sementara itu, ada pula perusahaan atau instansi yang berani membayar gaji staf administrasi dengan angka yang besar, di atas Rp 10 juta. Sebagai contoh, Otoritas Jasa Keuangan yang membayar tenaga administrasi dengan gaji Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Bahkan, perusahaan multinasional seperti PT Chevron Pacific Indonesia siap menggaji pegawai di departemen administrasi dengan bayaran Rp 16,5 juta. Besaran gaji yang ditawarkan tersebut tentu sebanding dengan beban kerja.

Baca Juga: Berapa Kenaikan Gaji Anda Seharusnya Di Tahun 2019? Cek Dulu Empat Hal Ini!

Alasan Bekerja di Bagian Administrasi

Mau Berkarir di Bagian Administrasi? Cek Dulu Gajinya
Sumber: Startup Stock Photos

Pekerjaan di bagian administrasi perlu didukung oleh sejumlah skill yang mumpuni. Jika Anda menyukai kerapian, mampu mengorganisir kegiatan, kecepatan mengetik dokumen, dan jeli terhadap hal-hal detail, maka bisa mencoba karir di bidang ini. Selain itu, Anda juga perlu mempunyai kecakapan dalam komunikasi dengan berbagai jenis orang.

Selain itu, dengan melakukan pekerjaan di bidang administrasi, Anda bisa membuka kesempatan untuk belajar, berkembang, dan bertumbuh dalam karir. Anda bisa menggali kemampuan untuk membuat dan mempresentasikan proyek, memperluas jaringan, hingga menjalin kedekatan secara profesional dengan atasan.

Dengan menekuni pekerjaan di bagian administrasi, Anda pun bisa meraih karir yang cemerlang. Jika menunjukkan dedikasi untuk mengurus administrasi dari kantor kecil, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat kesempatan bekerja di perusahaan multinasional di masa mendatang. –Qerja

Baca Juga: 6 Rahasia Staf Admin yang Sukses



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next