Permainan Seru Untuk Menambah Daya Ingat | Qerja

Game Memory, Permainan-Permainan Seru Untuk Mengasah Daya Ingat!

Eka Utami, 2 months ago
Game Memory, Permainan-Permainan Seru Untuk Mengasah Daya Ingat!

Lupa dan hilang fokus adalah masalah daya ingat yang biasa kita hadapi sehari-hari. Kita sering merasa tiba-tiba kehilangan kunci atau alat tulis, sampai berlama-lama di depan laptop karena tidak berhasil memecahkan masalah mudah.

Untuk itu, kita perlu melakukan upaya untuk mengasah otak demi mengasah memori dan konsentrasi. Berikut cara seru untuk meningkatkan daya ingat dengan game memori di smartphone.

MatchUp

Aturan permainan di game MatchUp sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuka dua kartu dengan gambar yang sama secra beriringan. Apabila kartu pertama dan kedua tidak sama, maka mereka akan menutup kembali. Kemudian, Anda perlu mengingat letak kartu tersebut dan mencari pasangannya agar mendapat poin.

Agar permainan tidak membosankan, MatchUp menyediakan pilihan kategori gambar yang bisa disesuaikan dengan selera pemain. Anda bisa menantang diri dengan memilih tema gambar yang sulit dan jumlah kartu yang lebih banyak sehingga permainan terasa lebih seru.

qc-jkt-2019

Memorado

Sebelum mulai bermain dengan Memorado, Anda akan ditanya tentang skill yang ingin ditingkatkan. Misalnya, Anda mengaku mau mengasah daya ingat. Kemudian, Memorado akan mengukur kemampuan Anda dengan tes sederhana. Dengan begitu, Memorado bisa merekomendasikan game yang cocok dengan tujuan dan kemampuan Anda.

Memorado punya 14 jenis permainan seru dan 420 level yang bisa Anda mainkan. Permainan tersebut bisa melatih daya ingat, logika, konsentrasi, reaksi, dan keterampilan matematika. Selain itu, Memorado juga akan memberikan ujian harian, dan bahkan statistik untuk membantu mengembangkan potensi Anda. Fitur lain yang disiapkan Memorado adalah sesi audio meditatif menenangkan pikiran Anda.

Baca Juga: Sering Lupa? Inilah Aplikasi Reminder Untuk Membantu Anda Mengingat Jadwal

Lumosity

Lumosity mengajak Anda memulai kebiasaan latihan otak dengan tes awal selama 10 menit untuk menetapkan skor dasar. Kemudian, Lumosity akan membandingkan skor tersebut dengan rata-rata nilai yang dicapai orang seusia Anda. Dengan demikian, Lumosity bisa memberikan program pelatihan otak yang dipersonalisasi untuk Anda. Cukup memainkan tiga permainan cepat per hari, Anda sudah bisa mengasah otak.

Lumosity menyediakan 40 permainan seru untuk asah otak yang akan menantang kemampuan kognitif dan akademik inti. Anda bisa memilih puzzle, permainan memori, permainan pemecahan masalah, permainan logika, permainan berpikir kritis, permainan matematika, dan permainan kata dan kosakata.

Brain Wars

Dengan Brain Wars, Anda akan menemukan hal yang lebih seru dari sekadar permainan asah otak: kompetisi. Anda bisa memainkan teka-teki silang, sudoku, dan berbagai pilihan permainan untuk mengasah daya ingat di Brain Wars. Kemudian, rasakan aura pertempuran yang memanas dengan penantang dengan kemampuan setara.

Anda bisa membuktikan keunggulan daya ingat dan mengalahkan pemain dari seluruh dunia jika berhasil mencapai rangking tertinggi. Anda juga bisa menantang teman sendiri dengan bermain bersama secara real time.

Memory Games: Brain Training

Memory Games: Brain Training menyediakan 21 permainan logika untuk melatih daya ingat dan perhatian. Fitur yang ditawarkan antara lain permainan logika sederhana yang bahkan bisa dimainkan anak kecil, bisa bermain tanpa koneksi internet, dan desain permainan selama 2-5 menit.

Satu permainan untuk melatih daya ingat yaitu Memory Grid, yang mudah dan ramah buat pemula. Anda hanya perlu mengingat posisi sel hijau yang tersembunyi pada papan permainan. Jumlah sel hijau yang tersembunyi akan bertambah seiring kenaikan level. Permainan ini akan melatih memori visual Anda.

Dengan berbagai permainan asah otak, Anda dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi stres dan risiko depresi, meningkatkan kecepatan berpikir dan konsentrasi, bahkan mengurangi risiko demensia. –Qerja

Baca Juga: Permainan Populer Saat Meeting yang Membosankan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next