Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia | Qerja

Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia

Eka Utami, 10 months ago
Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki sejumlah tempat wisata laut yang menarik. Banyak penyelam yang datang ke negeri ini untuk menikmati keindahan terumbu karang, ikan warna-warni, dan merasakan sensasi berenang bersama satwa langka.

Selain itu, para peselancar juga tak mau ketinggalan untuk menantang ombak tinggi di laut Indonesia. Berikut beberapa destinasi wisata laut yang populer di Indonesia.

Taman Wisata Laut Raja Ampat

Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia
Sumber: Skitterphoto

Jika bicara tentang wisata laut, nama pertama yang muncul di kepala adalah Raja Ampat. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan. Kegiatan wisata yang paling populer di Raja Ampat adalah berenang, snorkeling, hingga menyelam. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang memesona, dan melihat berbagai spesies langka, seperti ikan pari manta dan hiu abu-abu.

Anda bisa berenang dan menikmati sensasi berenang di antara sekelompok ikan warna-warni di sepanjang terumbu karang.  Jika masuk ke laut hingga kedalaman sekitar 30 meter, penyelam bisa melihat hiu karang putih atau hiu karang hitam.

Taman Laut Nasional Bunaken

Taman Laut Nasional Bunaken termasuk ke dalam wilayah Sulawesi Utara. Perairan di sekitar Pulau Bunaken termasuk ke dalam “segitiga emas” laut Filipina, laut Papua, dan laut Indonesia. Hal itu menjadikan perairan Bunaken sebagai salah satu taman laut yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia.

Para penyelam bisa mencoba 20 dive spot di Pulau Bunaken dan sekitarnya. Wisatawan yang menjelajahi perairan dalam di Bunaken akan disuguhi pemandangan 150 spesies ikan dan terumbu karang yang indah.

Baca Juga: 7 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi!

Taman Wisata Laut Wakatobi

Destinasi Wisata Laut yang Populer di Indonesia
Sumber: Flickr

Masih di Sulawesi, ada Taman Nasional Wakatobi yang terkenal dengan surga bawah lautnya. Wakatobi menyimpan 750 dari 850 spesies koral yang ada di dunia, memiliki 112 jenis karang, 93 jenis ikan. Selain itu, topografi bawah laut Wakatobi yang bervariasi juga menjadi daya tarik tersendiri. Kita bisa menemukan bentuk slop, flat, drop-off, hingga gua bawah air di perarian Wakatobi.

Pada Bulan November, para wisatawan Wakatobi bisa saja mendapat kejutan dari kawanan paus sperma yang melintas. Mamalia laut tersebut memang biasa mencari perairan yang lebih hangat dan makanan yang lebih banyak di wakatobi. Selain itu, Wakatobi juga biasa menjadi tempat bermain ikan pari manta yang unik.

Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah merupakan gugusan 22 pulau di Laut Jawa. Beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di tempat ini mulai dari bermain air, berselancar, hingga menyelam. Keindahan terumbu karang di dasar Karimunjawa dianggap sejajar dengan Taman Laut Nasional Bunaken. Bahkan, ada yang menyebut Karimunjawa sebagai The Carribean of Java.

Selain wisata bawah air, Taman Nasional Karimunjawa juga menawarkan wisata pantai yang menarik. Anda bisa berjemur dan menikmati pemandangan pasir mutih yang bersih dan indah. Sementara itu, jika melihat ke arah pulau, Anda akan disuguhkan keindahan bukit yang cantik.

Kepulauan  Derawan

Satu lagi destinasi wisata laut yang populer di Indonesia ada di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Keunggulan tempat wisata ini adalah air yang jernih. Kita bisa melihat ikan-ikan, bunga laut, dan terumbu karang tanpa harus menyelam. Sementara, jika menyelam saat cuaca cerah, jarang pandang bawah laut bisa mencapai 20 meter.

Selain itu, perairan Derawan juga merupakan tempat tinggal berbagai satwa langka yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, barakuda, lumba-lumba, paus, dan lain-lain. Jika beruntung, Anda bisa menyelam bersama penyu berukuran besar atau hiu tutul. Derawan juga menawarkan aktivitas wisata lain seperti melihat proses penyu bertelur.

Keindahan bawah laut Indonesia adalah harta karun yang harus senantiasa dijaga. Jika berkunjung ke destinasi wisata tersebut, Anda mesti ingat untuk menjadi turis yang bertanggung jawab. Jangan menunggangi satwa laut saat menyelam, tidak menyentuh terumbu karang, dan menjaga kebersihan pantai. –Qerja

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata di Yogyakarta Yang Sedang Hits!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next