Manfaat Joging Untuk Pekerja Kantoran | Qerja

Manfaat Joging Untuk Pekerja Kantoran

Eka Utami, 6 months ago
Manfaat Joging Untuk Pekerja Kantoran

Joging adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan sebelum atau setelah pulang kerja. Lari di pagi hari akan menjadikan tubuh kita lebih segar dan merasa bahagia, sehingga bisa menyebarkan suasana positif ke kantor.

Sementara olahraga di sore atau malam hari akan membuat kita lebih rileks. Berikut beberapa manfaat joging untuk pekerja kantoran.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat berolahraga, sel darah putih bersirkulasi lebih cepat sehingga mampu mendeteksi serangan virus dan bakteri lebih dini. Tetapi, efek peningkatan daya tahan tubuh tidak bisa dirasakan dnegan hanya joging sekali-sekali saja. Anda harus berolahraga teratur, setidaknya 20-30 menit sehari untuk mempertahankan diri dari serangan penyakit seperti flu.

Fisik yang kuat akan mendukung aktivitas sehari-hari di tempat kerja. Dengan kondisi tubuh yang prima, Anda bisa menyelesaikan tugas lebih cepat, dan pada akhirnya menjadi lebih produktif.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat Joging untuk Pekerja Kantoran
Sumber: Pixabay

Joging teratur yang dipadukan dengan diet akan memberikan efek penurunan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan bobot tubuh dengan melakukan olahraga lari, maka harus ingat bahwa satu kilogram berat badan hampir sama dengan 7.000 kalori. Jadi, Anda harus punya program, dan berhitung lama waktu lari yang dibutuhkan, dan kalori dalam makanan yang dikonsumsi sehingga bisa mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan memiliki berat badan ideal, maka pekerjaan kantor akan terasa lebih mudah. Tubuh yang “lebih ringan” membuat Anda bisa bergerak lincah. Anda akan selalu siap bekerja berpindah tempat jika dibutuhkan, dari meja kerja, ruang meeting, sampai bertemu klien. Anda juga akan lebih percaya diri ketika harus presentasi.

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk

Meningkatkan Daya Ingat

Ketika terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan setiap hari, maka kita akan sering lupa pada hal-hal kecil. Pada akhirnya, penurunan daya ingat bisa berpengaruh pada pekerjaan juga. Kita jadi tidak bisa menyelesaikan dokumen dengan cepat dan efektif.

Tetapi, olahraga seperti berlari bisa mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru di hippocampus. Bagian otak tersebut memainkan peran besar dalam ingatan jangka panjang. Joging bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, khususnya yang membutuhkan dukungan memori.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Olahraga lari dengan intensitas sedang akan meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah ke otak mengalami peningkatan. Suplai oksigen yang cukup akan membuat sel saraf menghantarkan tangkapan sensoris lebih cepat.

Jadi, joging akan membuat kerja otak lebih baik sehingga kemampuan belajar meningkat. Kita akan lebih mudah mengolah informasi baru, meningkatkan atensi di ruang meeting, hingga menambah kosakata.

Memperbaiki Mood dan Menghilangkan Stres

Manfaat Joging untuk Pekerja Kantoran
Sumber: Pixabay

Saat berlari, otak melepaskan endorfin sehingga menciptakan perasaan bahagia. Orang yang joging pada pagi hari sebelum bekerja, maka akan membawa perasaan senang ke kantor dan menunjukkan sikap baik kepada rekan kerja atau atasan.

Sebaliknya, jika Anda mengalami stres di tempat kerja, maka dapat mengembalikan perasaan bahagia yang hilang dengan berlari. Joging setelah pulang kantor bisa memperbaiki mood sehingga Anda tidak tenggelam dalam tekanan, kebingungan, kelelahan kerja, dan depresi. Sebagai bonus, waktu tidur Anda akan terasa lebih berkualitas.

Jadi, luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari di sela kesibukan kerja. Anda bisa memilih joging, olahraga yang mudah dan murah, tapi bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. –Qerja

Baca Juga: Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next