Gaji Sales dan Benefit Yang Bisa Diterima | Qerja

Minat Bekerja Di Bagian Sales? Cek Gaji Sales Dan Benefit Lainnya Di Sini!

Eka Utami, 2 weeks ago
Minat Bekerja Di Bagian Sales? Cek Gaji Sales Dan Benefit Lainnya Di Sini!

Apa yang Anda pikirkan tentang profesi sales? Mungkin Anda membayangkan seseorang yang mengetuk pintu-pintu rumah atau menyapa di pusat perbelanjaan untuk menjual sebuah produk.

Anda mungkin juga memikirkan tentang tekanan target yang dibebankan di pundak para salesperson. Menjadi seorang sales memang penuh tantangan. Namun jerih payah mereka mendapat ganjaran yang setimpal. Berikut gambaran gaji untuk pekerjaan di bidang penjualan ini.

Gaji Profesi Sales

Gaji awal yang ditawarkan perusahaan untuk posisi sales dimulai dari ratusan ribu rupiah hingga Rp 1,5 juta. Menurut data yang dihimpun dari situs Qerja, perusahaan besar seperti PT Telekomunikasi Seluler atau PT Astra International Toyota Sales Operation Tbk menawarkan nominal ratusan ribu sampai Rp 1 jutaan untuk posisi sales promotion atau mahasiswa yang mengikuti program internship.

Ketika karir sudah menanjak menjadi sales manager dan sales executive, Anda bisa mendapat gaji mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 10 juta. Nominal gaji tersebut sudah lebih tinggi daripada Upah Minimum Provinsi (UMP) di beberapa daerah. Tinggi rendahnya gaji tergantung perusahaan juga. Sebagai contoh, perusahaan energi nasional sekelas PT Pertamina (persero) membayar sales executive dengan gaji Rp 8 juta.

Seiring dengan bertambahnya beban kerja, nominal jagi pun terus meningkat. Seorang sales manager yang bertanggung jawab pada satu wilayah penjualan bisa mendapat bayaran lebih dari Rp 10 juta. Area sales supervisor PT Hanjaya Mandala Sampoerna digaji Rp 11,5 juta. Sementara sales manager di PT Freeport Indonesia mendapat bayaran Rp 43,5 juta.

Selain mendapatkan gaji, bagian sales juga mendapatkan benefit lainnya yang tentunya sangat menggiurkan. Bagian sales atau penjualan biasanya mendapatkan besaran komisi yang cukup menggiurkan.

Rata-rata perusahaan memberikan komisi antara 1%-5% dari total penjualan yang dilakukan oleh bagian sales. Bayangkan bila Anda mampu menjual produk hingga ratusan juta setiap bulannya, sangat lumayankan?

Selain komisi, sales juga mendapatkan bonus dari pencapaian target yang diberikan perusahaan. Ini juga masih belum ditambah dengan tunjangan lainnya jika bekerja di lapangan untuk bertemu dengan konsumen. Dengan banyaknya komponen pendapatan ini, tentunya tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menjadi seorang sales.

Baca Juga: 8 Keunggulan Memilih Sales Sebagai Pekerjaan Pertama

Alasan Bekerja Jadi Salesperson

Tertarik Jadi Salesperson? Cek Dulu Gajinya di Sini!
Sumber: Jopwell X PGA

Alasan yang mendasari pemilihan pekerjaan di bidang penjualan tentu saja harus datang dari dalam diri. Jika Anda memiliki kepribadian terbuka, kepercayaan diri tinggi, kemampuan negosiasi, bisa bekerja di bawah tekanan, dan tak mudah menyerah, maka bisa melamar untuk menjadi posisi sales.

Meski begitu, orang introvert pun bisa mencoba peruntungan di bidang ini. Anda bisa mencoba bekerja sebagai telemarketer yang tidak harus bertatap muka dengan pelanggan secara langsung.

Namun, hal yang membuat banyak orang tergiur dengan pekerjaan sebagai sales tentu saja kompensasi yang ditawarkan perusahaan. Seorang sales assistant di PT Mitra Adiperkasa Tbk menuliskan review di situs Qerja, dan menyatakan bahwa meski nominal gaji yang diterima standar, tapi bisa mendapat bonus besar.

Sementara para teleales di PT AXA Mandiri Financial Services mengaku bisa trip ke luar negeri dengan komisi sampai 2 digit –artinya mendapat pemasukan di luar gaji sampai Rp 10 juta lebih-. Di luar keuntungan materi, Anda juga berkesempatan untuk belajar dan berkembang dengan menekuni profesi ini.

Assistant marketing and sales manager PT Radana Bhaskara Finance mengatakan bahwa pekerjaan ini menantang sehingga ia bisa banyak belajar. Adapun sales marketing staff di PT Buana Cita Abadi merasa beruntung karena bisa mendapat banyak relasi.

Profesi salesperson memang penuh tantangan. Tapi, pekerjaan ini memang menjanjikan kompensasi yang besar dan karir cemerlang. Jika menekuni pekerjaan ini, Anda harus tekun dan pantang menyerah agar bisa menjadi salesperson yang sukses.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang karir di masa mendatang. Hampir semua perusahaan pasti memerlukan tenaga penjual, jadi pekerjaan ini bisa ditemukan di mana-mana. Jika Anda memutuskan berhenti menjadi salesperson pun, keahlian yang dikembangkan saat menjalani profesi ini bisa berguna pada pekerjaan lain.

Nah, jika Anda tertarik untuk menjadi seorang sales, Anda bisa menemukan banyak lowongan sales di  jobs.id. Selamat mencoba, Qolega! –Qerja

Baca Juga: Empat Tips Berkarier di Bidang Sales Tanpa Pengalaman



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next