Ask the Expert: Menghadapi Anak Buah yang Kinerjanya Buruk | Qerja

Ask the Expert: Menghadapi Anak Buah yang Kinerjanya Buruk

Qerja, 5 years ago
Ask the Expert: Menghadapi Anak Buah yang Kinerjanya Buruk

Saya punya anak buah di kantor yang underperforming dan kerjanya jelek, tapi saya tidak punya kewenangan untuk memecat karena memang kebijakan perusahaannya seperti itu. Apa yang harus saya lakukan?Anindya, Jakarta

—–

Hai Anindya,

Yang pertama harus dilakukan adalah konseling. Saya juga tidak suka memecat orang, jadi biasanya kalau ada karyawan dengan performance buruk, saya ajak ngobrol sesekali untuk tanya apa saja yang sudah dia kerjakan, apa progress-nya, dan sebagainya. Kalau memang mengecewakan, saya akan memberi perhatian lebih untuk membantu dia jadi lebih baik.

Kalau tetap begitu juga, artinya ada communication breakdown, atau mungkin orang tersebut memang tidak ada motivasi untuk berubah. Kalau imasalahnya di attitude, then there’s no place for him in the company. Tapi kalau kamu nggak punya kewenangan untuk memberhentikan, kamu bisa pindahkan dia ke divisi di mana dia bisa berkontribusi lebih baik sesuai dengan minat dan kelebihannya. Atau pindahkan ke divisi lain dengan bos yang berbeda, yang mungkin komunikasinya lebih cocok dengan dia. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next