Lima Tips Keluar dari Jeratan Hutang | Qerja

Lima Tips Keluar Dari Jeratan Hutang Bagi Pekerja

Riyan Sugandy, 6 months ago
Lima Tips Keluar Dari Jeratan Hutang Bagi Pekerja

Utang bisa menjerat siapa saja, baik karyawan bergaji pas-pasan ataupun karyawan dengan gaji yang sangat tinggi. Tentunya ada alasan tersendiri mengapa seorang karyawan memanfaatkan fasilitas ini, bisa untuk menutupi biaya hidup sehari-hari atau yang gaya hidupnya butuh banyak pengeluaran.

Sebenarnya, memiliki hutang atau pinjaman bukanlah sebuah hal yang memalukan. Bahkan pengusaha kaya pun terkadang perlu berhutang untuk mengembangkan bisnisnya. Namun, jika utang sudah menguasai hidup kita, tentu kita perlu keluar dari jeratannya.

Tidak sedikit cerita mengenai orang-orang yang dikejar-kejar penagih utang (debt collector) yang menagih pembayaran pinjaman hingga ke kantor dan rumah? Tentu kita tidak ingin ini terjadi. Ikuti 5 tips jitu melunasi utang di bawah ini untuk membantu kondisi keuangan Anda agar menjadi lebih stabil!

Berhenti Gali Lubang Tutup Lubang

Hal pertama dan terpenting yang perlu Anda lakukan adalah berhenti menciptakan utang baru untuk melunasi utang lama. Ini adalah pola yang sangat sering terjadi pada orang-orang yang terbiasa berutang. Padahal, hal ini hanya menciptakan lingkaran setan yang semakin membuat Anda terpuruk.

Kalau Anda telusuri cerita orang-orang yang kesulitan melunasi pinjaman di situs-situs pinjol, banyak di antara mereka yang berutang di belasan hingga puluhan aplikasi sekaligus, ini karena mereka mencoba menutup lubang dengan menggali lubang baru.

Padahal sesungguhnya ada lho cara lain yang lebih cermat untuk memanfaatkan situs-situs pinjam meminjam. Tahukah Anda bahwa di situs-situs fintech pinjaman, Anda juga bisa berinvestasi? Ya, Anda bisa memanfaatkan situs fintech pinjam meminjam untuk menumbuhkan uang yang Anda miliki dengan cara berinvestasi pada pinjaman. Dengan begitu, Anda bukannya menambah utang, tapi menambah penghasilan.

Rencanakan Keuangan Dengan Matang

Langkah berikutnya yaitu membuat rencana keuangan. Pada dasarnya, rencana keuangan adalah pengalokasian pos-pos pengeluaran untuk penghasilan yang Anda terima setiap bulan. Nah, cara mudah merencanakan keuangan bisa Anda baca di sini.

Yang perlu diingat saat melakukan perencanaan keuangan bagi Anda yang sudah terlanjur terjerat utang yaitu Anda perlu mengetahui juga kapan utang-utang Anda jatuh tempo dan berapa jumlahnya. Yang lebih penting, Anda harus berkomitmen melunasinya.

Kencangkan Ikat Pinggang

Setelah Anda memiliki perencanaan keuangan, Anda akan bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai setiap pos pengeluaran Anda. Temukan pos-pos pengeluaran yang bisa dikurangi alokasi dananya atau yang bisa ditunda pembayarannya sampai saat Anda sudah melunasi utang-utang Anda. Contohnya, Anda bisa men-downgrade layanan paket data yang Anda gunakan untuk handphone Anda, atau berhenti langganan layanan internet rumah jika kebutuhan berinternet bisa tercukupi dengan menggunakan handphone saja. Anda juga bisa mengurangi anggaran makan di restoran atau menggunakan layanan antar. Lihat tips berhemat lainnya di sini.

Baca Juga : Investasi Peer to Peer Lending, Investasi Semudah Menabung!

Bernegosiasi

Cara berikutnya yang dapat Anda coba adalah bernegosiasi dengan pihak yang memberikan pinjaman. Ini cara yang sebenarnya cukup lumrah ditempuh oleh nasabah-nasabah pengguna layanan kredit di berbagai lembaga keuangan, namun tak banyak yang mengetahuinya.

Bernegosiasilah agar pihak yang memberikan Anda pinjaman mau meringankan beban bunga yang harus Anda bayarkan. Terkadang Anda bisa mendapatkan diskon biaya bunga sehingga Anda tak perlu melunasi keseluruhan bunga pinjaman Anda. Bahkan, jika Anda beruntung, mungkin saja pemberi pinjaman mau menghapuskan seluruh bunga sehingga Anda hanya perlu membayarkan pokoknya saja.

Tak ada salahnya dicoba, kan? Tapi, tetap perlu Anda ingat bahwa pihak pemberi pinjaman memiliki hak untuk menolak pengajuan keringanan pembayaran kredit Anda. Kalau sudah begitu, Anda tetap harus melunasi utang Anda sepenuhnya, ya.

Kreatif Mencari Penghasilan Tambahan

Agar Anda bisa lebih cepat melunasi tumpukan utang, tak ada salahnya Anda mencoba mencari penghasilan tambahan. Manfaatkan setiap waktu luang yang Anda punya untuk kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Berikut beberapa cara kreatif menghasilkan uang yang bisa Anda coba:

  • Menjual barang bekas pakai: Pandanglah setiap sudut rumah Anda, pasti ada banyak barang-barang yang tak pernah Anda gunakan atau butuhkan lagi. Anda bisa menjual barang-barang tersebut di marketplace online seperti Tokopedia atau aplikasi jual beli barang bekas seperti Carousell. Barang yang bisa Anda jual dengan harga jual yang relatif tinggi diantaranya pakaian, buku, barang elektronik, perlengkapan bayi, dan furniture.
  • Menjual jasa: Manfaatkan bakat dan keahlian Anda untuk menghasilkan uang. Tawarkan jasa Anda pada teman dan keluarga yang membutuhkan dengan imbalan uang. Beberapa keahlian yang bisa “dijual” yaitu misalnya fotografi, melukis atau menggambar, desain, memasak dan membuat kue, menulis dan menerjemahkan, membersihkan rumah, dll.
  • Menjadi reseller: Kalau Anda tidak punya barang atau jasa untuk Anda jual, maka Anda juga bisa menjual barang dan jasa orang lain kepada yang membutuhkan. Anda bisa mulai dengan, misalnya, mencari penjual makanan yang produknya cukup enak, lalu menawarkan produk tersebut ke tetangga-tetangga Anda dengan menaikkan sedikit harga jualnya. Dengan cara ini, Anda bisa menghasilkan keuntungan dan menambah penghasilan Anda.

Nah, dengan lima tips di atas, Anda kini sudah siap, kan, untuk keluar dari jeratan utang? Selamat mencoba! -Qerja

Baca Juga : Tips Menyusun Rencana Keuangan Untuk Liburan

*)Artikel ini merupakan kerjasama antara qerja.com dengan mekar.id



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next