Pilihan Tempat Liburan Budget 500 Ribu | Qerja

Liburan di Jakarta dengan Budget Rp 500 ribu? Pilih Tempat Wisata Ini

Eka Utami, 9 months ago
Liburan di Jakarta dengan Budget Rp 500 ribu? Pilih Tempat Wisata Ini

Punya bujet minim, tapi mau jalan-jalan di Jakarta? Tentu saja bisa. Ada banyak pilihan tujuan wisata yang bisa dikunjungi dengan Rp 500 ribu saja. Dengan anggaran tersebut, Anda bahkan bisa bawa keluarga untuk rekreasi di ibukota.

Berikut beberapa pilihan destinasi wisata buat Anda yang punya bujet terbatas.

Kota Tua

Pilihan Tempat Wisata di Jakarta dengan Bujet Rp 500 Ribu
Sumber: Jakarta.go.id

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Kota Tua Jakarta. Mulai dari mengnjungi berbagai museum dan bangunan peninggalan zaman kolonial, merasakan sensasi naik sepeda ontel, hingga menikmati ataksi di pelataran.

Kabar baiknya, Anda tidak harus membayar uang masuk Kota Tua. Harga tiket masuk museum cuma Rp 5 ribu untuk orang dewasa. Sementara tarif sewa sepeda ontel hanya Rp 20 ribu per 30 menit. Adapun harga makanan yang dijual di Kota Tua masih di bawah Rp 100 ribu. Melihat daftar harga yang terbilang murah, Anda bisa ajak pasangan dan anak untuk berwisata dengan bujet Rp 500 ribu saja.

Kebun Binatang Ragunan

Pilihan Tempat Wisata di Jakarta dengan Bujet Rp 500 Ribu
Sumber: Jakarta.go.id

Selain melihat berbagai jenis satwa di dalam kandang di kebun binatang. Ragunan, Jakarta, Anda juga dapat menikmati atraksi satwa, mencoba berbagai wahana, berpiknik, hingga relaksasi di taman refleksi. Beberapa wahana yang tersedia antara lain gajah tunggang, onta tunggang, kuda tunggang, kuda bendi, kereta keliling, sepeda sewa, dan perahu angsa.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan hanya Rp 4.400 untuk orang dewasa, dan Rp 3.400 buat anak-anak. Untuk menonton pentas satwa, Anda cukup membayar Rp 4.400. Sementara wahana lainnya seperti gajah tunggang hingga perahu angsa harganya bervariasi mulai dari Rp 5.400 sampai Rp 10.400, tapi masih tetap terjangkau. Adapun untuk melihat berbagai jenis primata di Pusat Primata Schmutzer, Anda mesti membayar Rp 6.400 untuk hari kerja, dan Rp 7.400 pada akhir pekan.

Baca Juga: 7 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi!

Taman Mini Indonesia Indah

Pilihan Tempat Wisata di Jakarta dengan Bujet Rp 500 ribu
Sumber: Tamanmini.com

Satu lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi sekeluarga dengan bujet Rp 500 ribu adalah Taman Mini Indonesia Indah. Di tempat ini, Anda bisa mengenal berbagai budaya Indonesia dengan mengunjungi anjngan daerah. Anda juga dapat berkeliling taman dan museum dengan berjalan kaki atau bersepeda. Satu wahana yang tidak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah adalah kereta gantung.

Jika ingin mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah, Anda mesti membayar Rp 15 ribu untuk tiket masuk. Tapi, tiket tersebut belum termasuk wahana permainan yang ada di dalamnya. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk masuk musium dan mencoba berbagai wahana bervariasi mulai dari Rp 4.000 sampai Rp 20 ribu. Sementara untuk bisa naik kereta gantung, And aharus merogoh kocek hingga Rp 50 ribu di akhir pekan.

Pantai Ancol

Pantai Ancol memang tidak seindah kawasan pesisir di Bali. Tetapi, jika Anda ingin merasakan suasana pantai, piknik di bawah pohon kelapa dengan ditemani suara desiran ombak, maka bisa berkunjung ke utara Jakarta.

Harga tiket masuk pantai Ancol Rp 25 ribu per orang. Dengan biaya tersebut, Anda bisa membawa beberapa orang teman atau keluarga untuk bisa menikmati suasana pinggir laut. Untuk menekan bujet lebih besar, Anda bisa membawa makanan dan minuman sendiri ke pantai.

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki adalah salah satu pusat kesenian di Jakarta. DI kawasan ini terdapat gedung pertunjukan, ruang pameran, teater kecil,  teater halaman, bioskop hingga planetarium dan perpustakaan daerah. Jadi, Anda bisa menikmati berbagai pertunjukan seperti musik, opera, teater dan tari.

Harga tiket pertunjukan seni di Taman Ismail Marzuki bervariasi, bisa Rp 100 ribu atau lebih. Anda harus riset sebelum memutuskan menonton pentas di Taman Ismail Marzuki dan harus menyesuaikanya dengan bujet pribadi. Sementara untuk tiket Planetarium hanya Rp 7.000 per orang dewasa.

Jadi, bujet kecil tidak jadi halangan buat Anda yang mau rekreasi. Rencanakan liburan Anda dengan cermat sesuai bujet yang tersedia. Dengan begitu, Anda tidak perlu nombok. –Qerja

Baca Juga: Wisata Budaya di Lima Kawasan Pecinan Kota-Kota Besar di Indonesia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next