Perbedaan Merger Dan Akuisisi Perusahaan | Qerja

Perbedaaan Merger dan Akuisisi Perusahaan Yang Harus Anda Tahu

Eka Utami, 6 months ago
Perbedaaan Merger dan Akuisisi Perusahaan Yang Harus Anda Tahu

Merger dan akuisisi adalah bentuk aksi korporasi perusahaan. Sebagai karyawan, kita bisa terdampak dari aksi korporasi yang dilakukan perusahaan tempat bekerja. Maka itu, meski tidak terlibat dalam pengambilan keputusan perusahaan, kita tetap perlu mengetahui perbedaan dari merger dan akuisisi. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda ketahui mengenai  perbedaan merger dan akuisisi.

Merger

Pengertian merger (penggabungan) yang tercantum pada Undang Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas adalah perbuatan hukum yang dilakukan oleh satu Perseroan atau lebih untuk menggabungkan diri dengan Perseroan lain yang telah ada yang mengakibatkan aktiva dan pasiva dari Perseroan yang menggabungkan diri beralih karena hukum kepada Perseroan yang menerima penggabungan dan selanjutnya status badan hukum Perseroan yang menggabungkan diri berakhir karena hukum.

Tujuan merger antara lain untuk pertumbuhan perusahaan, menambah dana untuk ekspansi, pertimbangan pajak, dan meningkatkan likuiditas. Merger dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu merge horizontal antara dua perusahaan yang jenis usahanya sama, dan merger vertikal antara perusahaan dengan alur produksi berurutan.

Ada juga merger konglomerat yang merupakan gabungan perusahaan yang tidak ada hubungan, dan merger antara perusahaan yang saling berhubungan namun berbeda produk.

Merger tidak serta merta menyebabkan berakhirnya hubungan kerja antara perusahaan dengan karyawan. Namun, pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja setelah terjadi perubahan status, penggabungan, peleburan, atau perubahan kepemilikan perusahaan.

Jika pekerja juga tidak bersedia melanjutkan hubungan kerja, maka perusahaan harus membayar satu kali uang pesangon dan uang perhargaan masa kerja, serta uang penggantian hak. Sementara, jika pengusaha yang tidak mau menerima karyawan yang berasal dari perusahaan sebelum dilebur, maka pekerja berhak mendapat dua kali pesangon, satu kali uang perhargaan masa kerja, dan uang penggantian hak.

Baca Juga: Terancam Dipecat? Pelajari Cara Mengelola Uang Pesangon Berikut Ini

Akuisisi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010 tentang Merger dan Akuisisi, definisi akuisisi adalah perbuatan hukum yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengambil alih saham badan usaha yang mengakibatkan beralihnya pengendalian badan usaha tersebut. Tujuan perusahaan melakukan akuisisi antara lain untuk meningkatkan keuntungan, memperluas pangsa pasar, memperkuat posisi perusahaan pada pasar tertentu, dan memperkuat bisnis utama.

Dengan melakukan akuisisi, perusahaan bisa tumbuh lebih cepat, mengurangi persaingan bisnis, sampai meningkatkan managerial skill. Lalu, bagaimana dampak akuisisi terhadap karyawan perusahaan? Pertama, kita perlu tahu bahwa perusahaan yang diakuisisi tidak bubar atau berakhir.

Hanya saja, kewenangan, keputusan, pengaturan dan sebagainya kini berada di perusahaan yang mengakusisi. Maka aksi korporasi ini pun tidak langsung berpengaruh pada status karyawan perusahaan yang diakuisisi.

Tetapi, jika karyawan tidak mau mengabdi lagi pada perusahaan setelah aksi korporasi, maka perusahaan bisa melakukan pemutusan kerja berdasakan pasal 163 ayat 1 Undang Undang Ketenagakerjaan. Salah satu ketentuan pada aturan tersebut yaitu perusahaan mesti memberikan satu kali uang penghargaan masa kerja, pesangon, serta uang penggantian hak seperti cuti yang belum gugur.

Sementara itu, jika keinginan pemutusan hubungan kerja datang dari pihak perusahaan, maka mesti mengikuti pasal 163 ayat 2 UU Ketenagakerjaan, di mana perusahaan harus membayar dua kali uang penghargaan masa kerja dan pesangon.

Setelah memahami perbedaan merger dan akuisisi, karyawan bisa mengatur strategi karier sebelum perusahaan melakukan aksi korporasi. Dengan begitu, karyawan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk keberlangsungan pekerjaannya. –Qerja

Baca Juga: Tempat Kerja Anda Diakuisisi? Berikut Cara Mempertahankan Pekerjaan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next