Komedian Ini Berhasil Menjadi Presiden Ukraina | Qerja

Berawal Dari Akting, Komedian Ini Berhasil Menjadi Presiden Di Ukraina

Riyan Sugandy, 6 months ago
Berawal Dari Akting, Komedian Ini Berhasil Menjadi Presiden Di Ukraina

Komedian asal Ukraina, Volodymyr Zelensky, berhasil mendapatkan suara tertinggi melalui exit poll dengan raihan suara mencapai 73%. Dengan raihan angka ini dia berhasil mengalahkan Presiden petahana, Petro Poroshenko. Sebenarnya siapa Volodymyr Zelensky ini? Simak ringkasannya di artikel berikut ini.

Mengawali Karir Sebagai Komedian

Volodymyr Zelensky memulai karir profesionalnya sebagai seorang komedian pada usia 17 tahun dengan mengikuti kontes komedi di stasiun tv KVN. Kemudian dia membentuk sebuah Kvartal 95, sebuah rumah produksi yang berfokus kepada komedi.

Kvartal 95 berhasil mendapatkan sambutan yang cukup hangat dan berhasil menjalankan pertunjukan di stasiun tv lokal dan juga tour di kota-kota bekas Uni Soviet di Eropa Timur.

Volodymyr mulai merambah ke indutri film dengan membintangi film sebuah film komedia romantis, Love in the Big City pada tahun 2008. Film ini sendiri cukup besar di Ukraina hingga dibuat dua film lanjutannya.

Setelah itu dia masih tetap membintangi beberapa film hingga tahun 2015 sebelum akhirnya fokus kembali ke dunia TV.

Menjadi Presiden di Servant of the People

Dia kembali masuk ke dunia televisi dengan sebuah acara tv berjudul Servant of the People yang diproduksi oleh perusahaannya, Kvartal 95. Di sini dia berperan sebagai guru sejarah yang berhasil menjadi Presiden karena membuat video yang viral mengkritik pemerintahan. Acara ini terbilang cukup sukses dan berjalan selama empat tahun dari 2015 hingga 2019.

Di tahun 2018, nama Servant of People didaftarkan menjadi nama partai politik di Ukraina. Keputusan ini diambil karena adanya respon dari masyarakat yang ingin memilih partai ini jika partai ini ada dalam dunia nyata melalui poling yang dilakukan oleh kelompok RATING di Ukraina.

Setelah resmi diakui pemerintah, Partai Servant of the People mengajukan nama Volodymyr Zelensky sebagai calon Presiden. Awalnya hal ini memang dipandang sebagai sebuah lelucon saja, tetapi rupanya Zelensky memang serius dengan apa yang dijalaninya.

Dia berhasil mengungguli para pesaingnya melalui berbagai poling yang diadakan kepada masyarakat. Dengan membawa ideologi untuk membangun Ukraina yang lebih baik dan menjauh dari Rusia, Zelensky berhasil menarik simpati rakyat Ukraina.

Dia berhasil meraih 30.24% putaran pertama pemilihan Presiden Ukraina 2019. Kemudian di putaran kedua dia berhasil meraih suara hingga 73.23% mengalahkan Presiden petahana, Petro Pereschenko. Sehingga sudah dipastikan Volodymyr Zelensky akan menjadi Presiden Ukraina selanjutnya.

Lalu, bagaimana kiprahnya menjadi seorang Presiden dalam kehidupan nyata? Kita tunggu saja selama lima tahun ke depan ya! -Qerja

Baca Juga : Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Dalam Angka



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next