Melamar Kerja Lebih Dari Satu Posisi, Bolehkah? | Qerja

Melamar Lebih dari Satu Posisi Di Perusahaan Yang Sama. Boleh Atau Tidak Ya?

Eka Utami, 6 months ago
Melamar Lebih dari Satu Posisi Di Perusahaan Yang Sama. Boleh Atau Tidak Ya?

Setiap orang tentunya memiliki perusahaan impian untuk dijadikan tempat bekerja. Ketika perusahaan itu membuka lowongan untuk beberapa posisi dalam waktu bersamaan, maka kesempatan tersebut tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Untuk memperbesar peluang, seseorang bisa saja memutuskan untuk memasukkan beberapa surat lamaran sekaligus. Tetapi, apakah melamar kerja untuk beberapa posisi di satu perusahaan adalah keputusan yang bijak? Berikut ini adalah beberapa pertimbangannya.

Pastikan Memenuhi Semua Kualifikasi

Sebagian orang memiliki banyak keahlian sehingga mampu melakukan beberapa jenis pekerjaan yang berbeda. Hal ini mungkin terjadi jika seseorang memiliki latar belakang pendidikan tertentu, sementara ia juga punya pengalaman kerja yang tidak berhubungan dengan bidang ilmu yang digeluti di kampus. Atau, orang itu juga pernah mengambil beberapa pelatihan lain.

Jika Anda  memang memiliki keahlian yang mumpuni untuk beberapa pekerjaan yang ditawarkan di satu perusahaan, maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan. Selain skill set tertentu, Anda juga harus memperhatikan level posisi yang diminta perusahaan.

Anda tidak mungkin melamar pekerjaan yang membutuhkan pengalaman selama dua tahun dan lima tahun secara bersamaan bukan?

Pilih Jenis Pekerjaan yang Mirip

Anda harus bijak memilih melamar beberapa pekerjaan dengan fungsi yang hampir sama. Jadi, perekrut akan memahami alasan Anda tertarik pada dua posisi di perusahaan.

Jika melamar untuk beberapa pekerjaan yang sangat jauh berbeda, maka perekrut akan menganggap Anda sebagai kandidat yang tidak fokus. Lebih dari itu, perekrut bisa saja melihat Anda sebagai orang yang sudah hampir putus asa karena belum dapat pekerjaan dalam waktu lama. Hal ini malah akan membuat Anda kehilangan peluang kerja sama sekali.

Baca Juga: Cek Empat Hal Ini Sebelum Kirim Surat Lamaran

Perusahaan Besar atau Perusahaan Kecil?

Kalau melamar ke perusahaan kecil, surat lamaran Anda akan bermuara pada orang yang sama. Sementara jika mencoba masuk ke perusahaan besar, maka surat lamaran yang Anda kirimkan mungkin sampai ke dua (atau beberapa) manajer perekrutan yang berbeda.

Mereka belum tentu berkomunikasi dan membicarakan surat dari pelamar kerja yang masuk secara spesifik. Pertimbangkan kedua hal ini sebelum Anda benar-benar mengajukan diri untuk beberapa posisi di perusahaan yang sama.

Sebagian konselor karir membolehkan Anda menulis pengantar surat lamaran yang sama untuk beberapa pekerjaan. Pada badan surat, Anda dapat membuat penekanan mengenai kontribusi kepada perusahaan sesuai dengan visi dan misi secara general.

Sementara, ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa kandidat harus menyiapkan surat lamaran yang berbeda. Pada surat tersebut, Anda bisa menonjolkan latar belakang pendidikan dan berbagai keahlian yang relevan dengan masing-masing pekerjaan.

Alternatif: Melamar Satu Posisi, dengan Catatan

Keputusan melamar beberapa pekerjaan di perusahaan yang sama memang berisiko. Anda bisa saja diangap tidak mengetahui passion sebenarnya. Pada akhirnya perusahaan malah menolak semua lamaran Anda. Namun, jika Anda hanya melamar satu pekerjaan saja, maka akan membuat kehilangan kesempatan untuk melamar di posisi lainnya.

Sebagai alternatif, Anda bisa saja melamar untuk satu lowongan saja, dengan catatan. Anda bisa menyebut ketertarikan untuk pada posisi lainnya pada surat lamaran atau saat wawancara kerja.

Kemudian, Anda bisa menunggu tanggapan dari perusahaan. Jika perekrut memberi sinyal positif, maka Anda baru bisa maju untuk mengajukan diri pada posisi yang lain di perusahaan impian.

Bila melamar beberapa pekerjaan di perusahaan impian, pastikan hal itu tak membuat Anda tampak realistis. Kalau bisa, batasi diri Anda untuk melamar  2-3 posisi saja. Jangan sampai Anda mengorbankan kualitas aplikasi yang dikirimkan. –Qerja

Baca Juga: Pernah Ditolak Perusahaan Impian? Berikut Tips Menyiapkan Lamaran Kerja Untuk Kesempatan Kedua



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami