Keunggulan Fresh graduate di Mata Perusahaan | Qerja

Keunggulan Fresh graduate di Mata Perusahaan

Riyan Sugandy, 7 months ago
Keunggulan Fresh graduate di Mata Perusahaan

Sebagian fresh graduate mungkin merasa minder saat baru terjun ke dunia kerja. Mereka merasa tak siap bersaing dengan kandidat berpengalaman.

Padahal, dari sudut pandang perusahaan, pelamar kerja yang baru lulus kuliah memiliki sejumlah kelebihan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan fresh graduate di mata perusahaan.

Mudah “Dibentuk”

Fresh graduate yang belum pernah bekerja di perusahaan manapun justru memiliki keunggulan di mata user. Mereka bisa “dibentuk” menjadi seorang pekerja yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Perusahaan akan mengajarkan idealisme yang dianut. Dengan demikian, atasan dan rekan kerja akan lebih mudah bekerja dengan karyawan yang memiliki tujuan yang sama.

Lagipula, biasanya fresh graduate belum punya cukup pengetahuan untuk melawan atau menyanggah “doktrin” yang diajarkan perusahaan. Maka, mereka akan berusaha untuk mematuhi aturan dan berusaha menjadi karyawan sebaik mungkin.

Loyalitas

Saat ini, kita melihat fenomena pekerja angkatan milenial yang sering berpindah kerja dalam waktu singkat. Anggapan ini tentu menjadi pertimbangan perusahaan ketika merekrut kandidat pegawai fresh graduate zaman sekarang.

Mungkin karyawan fresh graduate bisa saja pindah kerja dalam waktu satu sampai tiga tahun. Tetapi saat menjadi bagian dari perusahaan, mereka berkomitmen untuk memberikan usaha yang optimal. Mereka akan berusaha mempertahankan pekerjaan pertamanya dengan baik. Salah satu alasannya untuk menjadikan pengalaman ini sebagai catatan baik pada CV kelak.

Baca Juga : 7 Penyebab Fresh Graduate Susah Dapat Kerja (dan Solusinya)

Keinginan Belajar yang Tinggi

Keinginan belajar karyawan fresh graduate masih menggebu. Mereka ingin mengetahui banyak hal di dunia kerja. Selain itu, mereka  merasa masih “hijau” sehingga harus banyak bertanya. Mereka bisa menyerap informasi baru dengan baik.

Maka, setiap arahan atasan atau rekan kerja akan dipelajari dan diterapkan dalam pengerjaan tugas sehari-hari. Sifat ini akan membuat karyawan fresh graduate berkembang.

Berani Mengambil Risiko

Darah muda yang mengalir dalam diri fresh graduate akan langsung mendidih ketika mendapat tantangan. Tanpa pertimbangan panjang, mereka akan mengambil pekerjaan berisiko yang tidak mau dikerjakan oleh karyawan senior. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk menaklukan tantangan yang ada di hadapan.

Kalau berhasil, mereka bisa menjadi salah satu karyawan terbaik. Tetapi, jika gagal, mereka akan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran untuk masa depan.

Memahami Teknologi Terkini

Anak zaman sekarang bisa terpapar teknologi baru dengan mudah. Mereka akan mencoba belajar, mengulik, sampai berusaha menguasai cara mengoperasikan teknologi baru. Jadi, mereka akan lebih mudah beradaptasi dengan cara kerja perusahaan yang menggunakan teknologi terkini. Bahkan, mereka bisa memperkenalkan cara kerja yang lebih efektif dan efisien dengan teknologi.

Selain itu, karyawan fresh graduate yang aktif di media sosial juga mengerti akan isu terkini. Pengetahuan ini akan bermanfaat di dunia kerja. Mereka bisa memberikan ide baru yang segar untuk strategi pekerjaan. Apalagi jika target pasar dar barang atau jasa perusahaan adalah dari kalangan anak muda.

Jadi, Anda harus tetap percaya diri meski menyandang status fresh graduate di antara ratusan pelamar kerja berpengalaman. Anda harus yakin memiliki kemampuan untuk bersaing. Sekarang, Anda tinggal mencari tahu cara untuk menonjolkan kelebihan tersebut di mata perusahaan. –Qerja

Baca Juga : Lagi Nyari Kerja? Cek Dulu Tiga Hal Ini Sebelum Menghadiri Job Fair

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next