Perbandingan Gaji Ecommerce Dengan Retail | Qerja

Perbandingan Gaji Di Industri Retail Dengan Ecommerce. Apa Saja Bedanya?

Riyan Sugandy, 7 months ago
Perbandingan Gaji  Di Industri Retail Dengan Ecommerce. Apa Saja Bedanya?

Perkembangan dunia ecommerce di Indonesia memang cukup pesat selama satu dekade terakhir. Bahkan beberapa diantaranya sudah mencapai level unicorn dengan layanan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Peningkatan yang sangat pesat ini dianggap menjadi sebuah ancaman bagi industri retail di Indonesia. Walaupun sebenarnya masih banyak faktor lain yang membuat industri retail di Indonesia menjadi lesu beberapa tahun terakhir ini.

Selain persaingan pasar, dunia retail dan ecommerce rupanya cukup bersaing dalam hal gaji karyawannya. Berikut ini adalah perbandingan gaji antara pekerja di industri retail dengan ecommerce berdasarkan hasil data dari iprice.com.

Sepuluh Posisi Termahal Di Industri Retail & Ecommerce

Berdasarkan sepuluh posisi termahal, sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan. Sepuluh posisi ini umumnya ditempati oleh posisi mid-top manager dari masing-masing industri.

Adapun untuk nilai rata-rata gaji dari masing-masing industri berada pada kisaran angka Rp20 jutaan. Untuk industri ecommerce, rata-rata gaji berada pada nilai Rp28,3 juta. Sedangkan untuk industri retail berada pada angka Rp24,2 juta.

10 Profesi Termahal Perusahaan E-commerce vs Perusahaan Retail Fisik

Sumber : iprice.com

Perbandingan Gaji Posisi IT Industri Ecommerce dan Retail

Perbandingan Estimasi Gaji Profesi IT dengan Non-IT di Perusahaan E-commerce
Sumber : iprice.com

Sebagai industri yang sangat bergantung kepada teknologi, rasanya memang tidak salah bila posisi IT lebih dihargai di industri ecommerce. Hal ini bisa kita lihat dari perbandingan gaji di bagian IT memang lebih besar bila dibandingkan di industri retail biasa.

sumber : iprice.com
sumber : iprice.com

Walaupun begitu bukan berarti gaji bidang IT  industri retail tidak cukup bersaing. Gaji bagian IT di industri retail sebenarnya cukup kompetitif, untuk level yang sama di industri tersebut.

Tetapi bila dibandingkan dengan industri ecommerce memang memiliki gap cukup jauh. Bila diperhtikan untuk sebuah level job yang sama, pekerja IT di bidang Ecommerce bisa mendapatkan gaji lebih besar dibandingkan dengan retail.

Selain itu, jika diperhatikan dengan seksama, maka kita bisa mendapati bahwa pekerja non IT memiliki peluang gaji lebih besar bila di industri retail.

Nah, bagaimana Qolega, apakah data diatas sudah menggugah minat Anda untuk bekerja di dua industri ini? -Qerja 

Baca Juga : Berapa Gaji dan Tunjangan Anggota DPR Periode 2014 – 2019?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next