Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres | Qerja

Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres

Eka Utami, 1 month ago
Pilihan Olahraga untuk Mengurangi Stres

Kita tahu bahwa olahraga bisa membantu mengurangi stres. Hormon yang dilepaskan saat melakukan aktivitas fisik akan membuat kita merasa lebih tenang. Lebih dari itu, beberapa olahraga tertentu bisa memberikan efek relaksasi tambahan. Berikut pilihan olahraga yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres.

Yoga

Prinsip dasar yoga adalah menyatukan tubuh dan pikiran. Ketika melakukan gerakan yoga, pikiran kita dituntut untuk fokus. Ditambah lagi dengan pengaturan napas dalam setiap gerakan. Hal ini akan membuat Anda menjadi tenang.

Selain itu, yoga juga melatih respons melawan stres yang disebut sistem saraf parasimpatis. Dengan latihan yoga teratur, kadar hormon stres akan turun dan variabilitas detak jantung meningkat. Pada saat berada dalam kondisi tertekan, Anda bisa lebih mentolerir stres.

Jalan Santai

Berjalan-jalan dapat membuat otak Anda menjadi lebih tenang. Bahkan, jika Anda memilih berjalan melewati ruang terbuka hijau, maka akan menempatkan otak dalam kondisi meditasi. Jadi, cobalah berjalan di luar ruangan selama 20-30 menit beberapa kali dalam seminggu untuk mengurangi stres dan meningkatkan daya ingat serta fokus.

qc-jkt-2019

Jalan santai bisa dilakukan bersama dengan teman, kerabat, dan hewan peliharaan. Dukungan sosial dari teman, keluarga dan anggota masyarakat telah terbukti meningkatkan ketahanan stres dan menurunkan kadar hormon stres kortisol. Kontak fisik dengan orang terdekat atau hewan kesayangan bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kortisol.

Tai Chi

Tai chi adalah olahraga dari Cina yang berbasis di seni bela diri, dan melibatkan gerakan lambat dan napas dalam. Dengan kombinasi gerakan lambat, kesadaran penuh saat bernapas, maka akan memberikan efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati. Itulah alasan tai chi bisa membantu Anda mengurangi stres dan kecemasan, serta memperbaiki mood.

Sebagai bonus, latihan tai chi secara teratur juga bisa menurunkan berat badan. Berdasarkan sebuah penelitian, latihan tai chi lima kali seminggu selama 45 menit dapat menurunkan bobot tubuh hingga hampir setengah kilogram. Hal itu terjadi tanpa harus mengubah gaya hidup lainnya.

Baca Juga: Tujuh Pilihan Olahraga Malam untuk Pekerja Sibuk

Renang

Berenang mengharuskan Anda berkonsentrasi karena harus melakukan koordinasi gerak tubuh agar tidak tenggelam. Dengan demikian, pikiran Anda akan teralihkan dari masalah penyebab stres.

Lebih dari itu, saat menceburkan seluruh tubuh ke dalam air, Anda akan merasakan efek pijatan dari air yang bergerak di atas tubuh. Hal ini juga bisa  meningkatkan relaksasi.

Tenis

Gerakan yang Anda lakukan saat tenis bisa mengatasi ketegangan otot di tubuh yang terkait dengan stres. Tenis juga bisa meningkatkan kesehatan jantung sehingga membantu tubuh Anda lebih baik dalam mengatasi tekanan hidup sehari-hari.

Olahraga tenis harus dimainkan dengan orang lain. Jadi, Anda perlu mengajak setidaknya satu orang teman untuk bermain bersama. Ketika Anda fokus untuk mengalahkan lawan main, maka hal itu akan mengalihkan pikiran dari masalah hidup dan pekerjaan lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan tenggelam dalam kecemasan dan depresi akibat stres kerja.

Kickboxing

Stres adalah emosi yang dirasakan dalam keadaan tekanan. Salah satu respon alami tubuh saat stres adalah perlawanan fisik. Sebagian orang yang mengalami stres, melampiaskannya dengan  memukul bantal atau melempar barang. Tetapi, Anda bisa memilih cara lain yaitu dengan memukul dan menendang karung tinju.

Olahraga yang melibatkan gerakan  memukul dan menendang target adalah kickboxing. Pada olahraga ini, Anda akan belajar memukul dan menendang dengan teknik yang benar. Setelah melampiaskan “kemarahan” dengan meninju, Anda akan merasa lega dan damai. Selain itu, Anda juga akan mendapat manfaat kesehatan, membakar lemak, hingga berlatih bela diri.

Menari

Jika menari bisa disebut sebagai salah satu olahraga, maka Anda bisa menjadikan aktivitas fisik ini sebagai salah satu cara menghilangkan stres. Saat tubuh Anda menyukai dan menikmati setiap gerakan yang diiringi musik, maka otak akan ikut merasa lebih baik. Setelah menari, Anda akan merasa lebih tenang dan optimis.

Saat menari, tubuh akan melepaskan endorfin. Hormon tersebut akan membantu meningkatkan kualitas tidur. Akhirnya, menari akan membuat Anda terhindar dari stres akibat susah tidur pada malam-malam sebelumnya.

Semua aktivitas fisik yang disebutkan sebelumnya bisa menghasilkan hormon kebahagiaan. Selain itu, olahraga juga dapat membuat pikiran kita fokus melakukan gerakan alih-alih tenggelam dalam stres. Jadi, jika Anda berada dalam tekanan, jangan lari kepada hal-hal negatif. Mari berolahraga! –Qerja

Baca Juga: Mau Olahraga Malam? Perhatikan Dulu Lima Hal Ini!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next