Aplikasi Smartphone Untuk Ibadah Muslim | Qerja

Pilihan Aplikasi Smartphone Untuk Ibadah Muslim di Bulan Ramadan

Eka Utami, 2 months ago
Pilihan Aplikasi Smartphone Untuk Ibadah Muslim di Bulan Ramadan

Teknologi masa kini juga bisa mendukung ibadah yang sifatnya spiritual. Coba saja cek beberapa aplikasi yang dibuat untuk mengingat waktu salat, jadwal imsakiyah, sampai Alquran. Kita bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengoptimalkan ibadah selama bulan Ramadan.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa diunduh untuk mendukung ibadah Anda pada Ramadan tahun ini.

Muslim Pro

Pilihan Aplikasi untuk Mendukung Ibadah di Bulan Ramadan
Sumber: Play.google.com

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi yang pas buat menemani harihari Anda di Bulan Ramadan. Aplikasi ini menawarkan fitur paling lengkap bahkan pada versi gratisnya, mulai dari menampilkan waktu imsak dan buka puasa, hingga lokasi rumah makan halal yang bisa dituju untuk membatalkan puasa. Untuk menunjang fungsi jadwal imsakiyah, Muslim Pro ini akan meminta izin untuk mengakses lokasi pengguna saat pertama kali dijalankan.

Selain itu, buat Anda yang hendak menjaga salat tepat waktu, aplikasi ini bisa mengingatkan waktu salat, arah kiblat, hingga masjid terdekat dari lokasi pengguna. Fitur tambahan lain yang juga berguna antara lain Alquran, doa harian, asmaul husna, kalender hijriyah, hingga informasi tata cara haji dan umrah. Jika tertarik berlangganan versi premium, Anda akan terbebas dari gangguan iklan, bisa mengunduh dan mendengarkan murrotal offline, dan mendengar variasi suara murrotal Alquran.

Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Pilihan Aplikasi untuk Mendukung Ibadah di Bulan Ramadan
Sumber: Play.google.com

Sebenarnya fitur-fitur yang ada pada Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla sudah ada pada aplikasi Muslim dan Ramadan lainnya. Tetapi, ternyata aplikasi khusus pengingat salat, imsakiyah dan kiblat yang sederhana, akurat, dan andal tanpa digabung fitur lain ini masih diminati banyak orang.

Salah satu keunggulan aplikasi ini yaitu pilihan notifikasi salat dengan azan atau alarm standar. Anda bisa mengatur notifikasi salat khusus saat di tempat kerja sehingga tidak mengganggu teman sekantor yang sedang berkonsentrasi menyelesaikan tugas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline.

Baca Juga: Trik Menjaga Produktivitas Kerja pada Pekan Pertama Ramadan

Ramadan Legacy

Ramadan Legacy adalah aplikasi yang akan membantu Anda membuat perencanaan selama bulan suci. Anda akan dihadapkan pada daftar ibadah Ramadan mulai dari puasa, salat wajib, membaca Alquran, shalawat, tarawih, dan lainnya. Anda bisa memberi tanda centang setiap kali selesai beribadah. Dengan begitu, Anda akan termotivasi untuk meningkatkan ibadah setiap hari.

Selain itu, Anda juga bisa berbagi cerita pengalaman Ramadan kepada pengguna aplikasi di seluruh dunia, mulai dari foto makanan berbuka, pengetahuan Ramadan, dan kutipan yang menginspirasi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penunjuk arah kiblat, dan waktu salat yang bisa melakukan hitung mundur sebelum waktu ibadah selanjutnya.

Al Quran Indonesia

Aplikasi ini paling cocok buat Anda yang punya target khatam Al Quran di bulan Ramadan dan memperdalam ilmu agama dari kitab suci. Aplikasi ini menawarkan Al Quran digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full. Anda bisa membaca  114 surah secara offline tanpa batas dari satu aplikasi saja. Memang, Al Quran Indonesia versi gratis masih mengandung iklan, namun penempatannya tidak pada posisi ketika Anda sedang membaca ayat suci.

Fitur yang diinginkan pengguna aplikasi seperti ini tentu saja kenyamanan dalam membaca. Maka, Al Quran Indonesia didesain dengan tampilan antarmuka yang user friendly, mode layar yang bisa diubah landscape atau portrait, bisa di-setting gelap atau terang, hingga kemudahan menggeser layar saat berpindah surah atau juz. Selain itu, Al Quran Indonesia disertai fitur pendukung seperti jadwal salat, imsakiyah, alarm azan, arah kiblat, sampai kalender hijriyah.

MyQuran

Pilihan Aplikasi untuk Mendukung Ibadah di Bulan Ramadan
Sumber: Thewalistudio.com

Aplikasi MyQuran telah mendapat sertifikat tashih dari Kementerian Agama pada 2015. Artinya Alquran digital pada aplikasi ini telah dijamin legalitas dan kebenarannya.

Beberapa fitur pada aplikasi yang bisa mempermudah pengguna antara lain penanda untuk menyimpan surah terakhir yang dibaca, fungsi pencarian, tajwid berwarna, dan swipe halaman dengan dua jari saja. Selain itu, ada fitur alarm untuk mengingatkan membaca ayat suci sehingga pengguna bisa tertib dalam mencapai target khatam Alquran pada bulan Ramadan.

Dengan mengunduh aplikasi di atas, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk aktivitas yang lebih positif di bulan Ramadan. Pilih aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhan dan gaya Anda. –Qerja

Baca Juga: Ibadah dan Amalan di Sela Jam Kerja Selama Bulan Puasa



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next