Tips Trik Menyiapkan Sahur Untuk Pekerja Sibuk | Qerja

Tips dan Trik Menyiapkan Sahur Praktis untuk Pekerja Sibuk

Eka Utami, 1 week ago
Tips dan Trik Menyiapkan Sahur Praktis untuk Pekerja Sibuk

Pekerja sibuk seringkali kesulitan menyiapkan makanan sahur dengan baik. Pasalnya, mereka harus berangkat ke kantor pagi hari, bergelut dengan pekerjaan sepanjang hari, dan pulang dalam keadaan lelah sehingga tidak sempat memasak.

Pada akhirnya, makanan instan selalu jadi jalan keluar yang paling cepat dan praktis. Tetapi, pekerja yang sibuk bisa mengakali persiapan makan sahur yang praktis dengan tip dan trik berikut ini.

Siapkan Bumbu Dasar

Sebagian orang ingin selalu makan makanan yang baru dibuat, dan tidak mau mengonsumsi masakan yang sudah dihangatkan. Apalagi, jika orang itu juga menghindari makanan instan. Sebagai konsekuensi, ia harus berusaha untuk menyiapkan makanan untuk sahur sendiri setiap hari.

Jika Anda juga termasuk orang yang ingin selalu masak makanan sahur sehat yang praktis, maka siapkan bumbu dasar sejak sebelum Ramadan atau setiap akhir pekan. Anda bisa menyimpan bumbu dasar di dalam wadah kaca tertutup dan menaruhnya di lemari es.

qc-jkt-2019

Ada beberapa jenis bumbu dasar seperti bumbu dasar putih yang biasa digunakan untuk memasak tumisan dan semur, bumbu dasar merah untuk nsai goreng atau sambal goreng. Selain itu, ada bumbu dasar kuning untuk berbagai soto, dan bumbu dasar oranye untuk kari, dan gulai.

Lauk Kering

Satu lagi persiapan yang bisa Anda lakukan di akhir pekan demi sahur praktis di hari kerja. Anda bisa membuat atau membeli beberapa jenis lauk kering yang bisa disimpan di stoples dalam waktu lama. Misalnya, kentang kering pedas, kering tempe, dan abon.

Lauk kering ini bisa menjadi teman makan nasi untuk memperkaya rasa lauk utama Anda. Selain itu, jika tidak sempat memasak dan menyediakan makanan lain, lauk kering juga bisa menjadi lauk utama.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Ibadah Puasa Bagi Tubuh

Makanan Siap Olah

Sekali-sekali Anda bisa mengonsumsi makan makanan siap olah yang praktis untuk sahur. Maka, Anda bisa menyiapkan nugget, sosis, otak-otak, sampai sayuran kaleng di lemari es. Makanan ini bisa jadi penyelamat Anda saat kepepet ketika terlambat bangun sahur. Tinggal goreng dan oseng sedikit, makanan sahur telah siap tersaji.

Tetapi, sebaiknya Anda tidak terlalu mengandalkan makanan siap olah setiap sahur. Atau, kalau Anda sudah merencanakan sahur dengan makanan siap olah, lengkapi nutrisi dengan makanan sehat lainnya seperti buah-buahan segar.

Masak Setelah Tarawih

Sahur praktis memang perlu pengorbanan. Kalau Anda mau menyiapkan hidangan sahur sendiri dengan cepat, maka makanan harus sudah tersedia sebelumnya sehingga tinggal dihangatkan saja. Salah satu waktu yang bisa Anda luangkan untuk memasak makanan sahur yaitu setelah pulang kerja atau setelah salat tarawih.

Saat masak makanan di malam hari, kondisi fisik Anda pun sudah tidak terlalu prima. Jadi, tetap pilih menu masakan yang tidak ribet. Anda bisa membuat sup ayam yang sudah mengandung protein dan sayuran sekaligus, atau menyiapkan dua hidangan lauk dan sayur dnegan bumbu iris saja.

Memasak atau Membeli Makanan Berbuka Lebih Banyak

Jika Anda sempat memasak makanan berbuka, maka buatlah untuk porsi banyak hingga dua kali lipat. Hal ini berlaku pula buat Anda yang terbiasa membeli makanan utama untuk berbuka agar melipatgandakan belanjaan.  Jadi, Anda hanya perlu menghangatkan kemarin sore untuk dimakan pada waktu sahur.

Tetapi, bila bosan dengan menu yang itu-itu saja, Anda harus lebih kreatif dan mau repot sedikit. Anda bisa mengolah makanan berbuka menjadi hidangan praktis yang lain. Misalnya, jika punya beberapa potong ayam goreng,  Anda bisa mengolahnya kembali menjadi ayam suwir yang dicampur dengan nasi goreng.

Sereal dan Oatmeal

Makanan utama yang dikonsumsi saat sahur tidak selalu harus nasi dengan lauk dan sayur. Anda pun bisa memilih oatmeal atau sereal sebagai makanan utama yang sehat dan praktis untuk bekal menghadapi hari puasa. Sereal atau oatmeal bisa dimakan bersama buahbuahan segar seperti pisang.

Selain praktis, oatmeal juga mengandung banyak nutrisi. Dari satu sajian oatmeal, Anda bisa mendapat karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin dan berbagai jenis mineral. Oatmeal pun bermanfaat untuk menjaga berat badan, menurunkan kolesterol, dan baik untuk pencernaan.

Intinya, Anda harus melakukan persiapan dan menimbun bahan makanan agar bisa menciptakan sahur praktis setiap hari. Pastikan sahur praktis Anda tidak selalu denan makanan instan yang tidak sehat. Anda tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar bisa menghadapi hari puasa dengan baik. –Qerja

Baca Juga: Trik Menjaga Produktivitas Kerja pada Pekan Pertama Ramadan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next