Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa | Qerja

Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa, Dari Jalan Santai hingga Latihan Beban

Eka Utami, 4 months ago
Olahraga Ringan Selama Bulan Puasa, Dari Jalan Santai hingga Latihan Beban

Olahraga di saat sedang berpuasa? Kenapa tidak? Justru olahraga saat berpuasa bisa mempertahankan kondisi fisik, serta menghilangkan lemas dan ngantuk. Menurut para ahli, olahraga bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme.

Tapi, mengingat kondisi tubuh yang tidak mendapat asupan makanan dan minuman seharian, kita juga harus bijak memilih jenis olahraga yang tepat. Berikut olahraga ringan yang bisa dilakukan di bulan puasa.

Jalan Santai

Berjalan kaki sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa bisa memberikan banyak keuntungan. Pertama, Anda pasti merasakan manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh. Menurut berbagai penelitian, berjalan kaki setengah jam saja bisa meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. Selain itu, jalan kaki juga bisa membakar kalori, membuat badan bugar dan baik untuk kesehatan jantung.

Olahraga ringan ini juga memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Jalan kaki bisa memperbaiki suasana hati, mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri. Bahkan, jalan kaki yang dilakukan bersama teman atau keluarga bisa mempererat hubungan sosial. Jalan kaki di sekitar perumahan pun bisa membuat Anda lebih dekat dengan tetangga.

Bersepeda

Jika sedang tidak ingin jalan kaki, Anda bisa melakukan olahraga ringan lainnya yaitu bersepeda. Dengan catatan, olahraga ini dilakukan dengan intensitas rendah. Saat sedang berpuasa, Anda bisa bersepeda selama 30-60 menit, dua kali sepekan saja. Kalau mau bersepeda dengan intensitas lebih tinggi, lakukan pada malam hari setelah buka puasa.

Bersepeda saat berpuasa akan memberikan manfaat antara lain membakar lemak, membentuk otot, dan memaksimalkan penyerapan nutrisi. Selain itu, bersepeda santai pada sore hari menjelang berbuka juga akan memberikan manfaat kesehatan mental dan sosial seperti saat melakukan olahraga jalan kaki.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Ibadah Puasa Bagi Tubuh

Yoga

Yoga di bulan puasa paling pas dilakukan pada dua jam setelah sahur atau satu jam sebelum berbuka, ketika perut sudah kosong. Nah, saat perut tidak terisi itulah, Anda bisa mempercepat proses detoksifikasi dengan yoga.

Saat melakukan yoga sambil berpuasa, sebaiknya pilih gerakan yang mudah dan fokus pada teknik pernapasan. Beberapa pose yoga yang disarankan dilakukan pada saat sedang berpuasa antara lain sukhasana, cat-cow pose, seated twist, downward dog, warrior one, warrior two, dan forward fold.

Latihan Beban Ringan

Latihan beban pada saat berpuasa sebaiknya tidak terlalu berat dan menggunakan berat badan sendiri seperti push up dan sit up. Anda bisa mengombinasikan latihan tersebut dengan beberapa gerkan peregangan dan pemanasan lainnya. Kalau tidak punya banyak waktu olahraga, latihan ringan tersebut bisa dilakukan selama 10 menit saja.

Gerakan menaikkan dan menurunkan badan dengan tumpuan pergelangan tangan saat push up bermanfaat untuk menghilangkan lemak di sekitar lengan, panggul dan bokong. Gerakan-gerakan tersebut juga bisa memperlancar peredaran darah dan mencegah badan kaku setelah duduk di depan meja kerja seharian.

Aerobik dan Zumba

Dengan mengikuti senam aerobik dan zumba, maka badan Anda akan melakukan banyak gerakan. Tapi, gerakannya ringan dan mudah diikuti kok. Apalagi gerakan ini diiringi dengan alunan musik yang akan membuat Anda merasa senang dan bersemangat.

Selain itu, aerobik dan zumba yang dilakukan dengan benar juga bisa membantu menurunkan berat badan. Aerobik dan zumba selama 30 menit bisa membakar kalori hingga 350.

Jadi, puasa jangan jadi alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga bisa jadi salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan sambil ngabuburit. –Qerja

Baca Juga: Tren Olahraga Tahun 2019. Siap Berkeringat?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next