Bingung Menghitung Zakat? Gunakan Aplikasi Penghitung Zakat Ini | Qerja

Bingung Menghitung Zakat? Gunakan Aplikasi Penghitung Zakat Ini

Eka Utami, 1 month ago
Bingung Menghitung Zakat? Gunakan Aplikasi Penghitung Zakat Ini

Ketika Tunjangan Hari Raya sudah turun, jangan lupa sisihkan sebagian untuk zakat, infak dan sedekah. Zakat adalah salah satu kewajiban umat Islam yang memiliki harta yang sudah mencapai nisab. Biasanya, zakat fitrah dibayarkan menjelang akhir Ramadan. Sebagian orang juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membayar zakat mal, infak, sedekah, dan fidyah.

Meski sudah paham tentang kewajiban zakat, namun tak semua orang mengerti cara menentukan besaran zakat yang harus dikeluarkan. Tetapi, kita bisa memanfaatkan teknologi masa kini untk menghitung dan membayar zakat, bahkan menjadi alarm untuk menyucikan harta setiap bulan.

Berikut beberapa aplikasi yang menyediakan fitur kalkulator untuk menghitung zakat.

Zakatpedia

Bingung Menghitung Zakat? Coba Aplikasi Ini
Sumber: Play.google.com

Zakatpedia adalah aplikasi yang dikelola oleh LAZNAS (Lembaga Amil Zakat Nasional) Inisiatif Zakat Indonesia. Pada aplikasi ini, Anda bisa menghitung zakat dari semua harta yang dimiliki selama setahun dan nilainya sudah setara emas 85 gram. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembayaran zakat fitrah, profesi, perniagaan, emas dan perak, peternakan, pertanian, sewa aset, dan hadiah. Bahkan, Anda juga dapat menyalurkan infak dan sedekah, sampai fidyah.

qc-jkt-2019

Lebih dari itu, Zakatpedia juga melayani program penggalangan dana untuk kalangan kurang mampu. Setelah berzakat atau berdonasi, Anda bisa mengecek histori zakat sesuai tanggal.

Amalin

Bingung Menghitung Zakat? Coba Aplikasi Ini
Sumber: Play.google.com

Satu lagi aplikasi yang menyediakan fitur kalkulator untuk menghitung zakat mal adalah Amalin. Tidak hanya itu, Amalin juga dilengkapi dengan alarm yang akan mengingatkan Anda untuk membayar zakat setiap bulan. Alarm tersebut bisa disetel secara manual sesuai kebutuhan.

Di luar zakat, Amalin juga menyediakan program donasi yang bisa Anda salurkan untuk beasiswa dan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan dhuafa, hingga dakwah. Donasi dan zakat Anda bisa dibayarkan dengan cara transfer manual, Paypal, dan bayar langsung di Rumah Amal Salman.

Baca Juga: Lima Fakta Seputar Zakat Profesi

Kalkulator Zakat – Syaban

Fungsi aplikasi ini sudah jelas untuk menghitung zakat Anda. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengira zakat uang, pertanian, emas, dan perak. Berdasarkan ulasan dari pengguna, aplikasi kalkulator zakat mudah digunakan buat orang awam, pemula, dan wirausahawan baru. Apalagi, ukuran aplikasi hanya 2,4 MB sehingga tidak memberatkan pengguna ponsel dengan kapasitas memori kecil.

Selain untuk menghitung zakat, aplikasi ini juga memberikan fasilitas lain untuk menambah wawasan pengguna. Fitur tambahan yang ada dalam aplikasi ini adalah pengertian zakat, sejarah zakat, hukum zakat, macam-macam zakat, hingga penerima zakat.

Hitung Zakat Muslim

Aplikasi Hitung Zakat Muslim hanya menyediakan fitur unggulan untuk menghitung zakat secara mandiri. Anda bisa memperkirakan jumlah zakat fitrah, penghasilan dan mal berdasarkan rumus syariah Islam. Aplilkasi ini ringan karena tidak mengandung fitur yang bermacam-macam. Jadi, setelah Anda menghitung zakat sendiri, lalu bisa membayar zakat ke badan amil di Masjid, Musala, atau lembaga lainnya.

Namun, aplikasi ini menyediakan fitur penghubung ke situs Dompet Dhuafa dan Rumah Zakat. Hal ini memudahkan pengguna yang ingin berdonasi lewat dua lembaga tersebut.

ZakatKLIK!

Seperti aplikasi lainnya, ZakatKLIK! juga menyediakan kalkulator yang memudahkan Anda menghitung zakat kapan saja di mana saja. Salah satu fitur unggulan ZakatKLIK! adalah pembayaran melalui internet banking.

Anda bisa menemukan hal menarik lain di ZakatKLIK! yaitu berbagai info zakat harta, catatan pembayaran zakat pribadi, pengajuan bantuan dari zakat, dan sebagainya.

Jadi, tak ada alasan lagi buat lupa bayar zakat atau bingung menghitung besaran zakat. Kita bisa mengunduh aplikasi zakat di atas untuk memudahkan menunaikan ibadah. –Qerja

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Zakat Mal? Berikut Ini Perhitungannya!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next