Biaya Mudik Tahun 2019 Pilih Yang Mana | Qerja

Perbandingan Biaya Mudik Tahun 2019, Pilih Yang Mana?

Riyan Sugandy, 4 weeks ago
Perbandingan Biaya Mudik Tahun 2019, Pilih Yang Mana?

Mudik merupakan sebuah budaya yang pastinya dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Tidak jarang untuk melakukan mudik, kita harus harus menghabiskan banyak biaya untuk perjalanan ke kampung halaman.

Di tahun 2019 ini, sepertinya kegiatan yang satu ini memang tidak akan juga berhenti walaupun harga tiket perjalanan sedang meningkat. Nah, pilihan akomodasi apa saja yang bisa Anda pilih dan biayanya? Simak di artikel berikut ini

Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Mudik menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi pilihan utama bagi para pemudik untuk menuju kampung halamannya. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, para pemudik bisa menghemat biaya yang cukup besar. Selain itu, mereka juga bisa lebih mobile ketika berada di kampung halaman.

Dengan rampungnya ruas tol trans Jawa, pemudik bisa menggunakan jalur tol mulai dari Merak hingga Surabaya. Kehadiran tol ini tentunya sangat membantu pemudik untuk mencapai tujuan lebih nyaman dan cepat.

qc-jkt-2019

Biaya yang dikeluarkan untuk menikmati jalan tol ini cukup terjangkau. Untuk menggunakan jalan tol dari Merak hingga Pasuruan, pemudik harus merogoh uang sebesar Rp775.500. Selain itu, pemudik juga harus membayar biaya bensin selama perjalanan yang jumlahnya tentu bervariasi sesuai jenis kendaraan.

Bila dibandingkan dengan akomodasi lainnya, menggunakan mobil pribadi lebih murah jika dihitung per penumpang dalam mobil. Tetapi dari segi perjalanan cukup melelahkan dan juga memakan waktu yang sangat lama.

Baca Juga : Kehabisan Tiket Mudik? Temukan Solusinya Disini!

Mudik Menggunakan Bis atau Kereta Api

Menggunakan kendaraan bis umum juga masih menjadi pilihan utama bagi para pemudik. Jumlahnya yang tersedia banyak dengan harga yang cukup terjangkau menjadikan moda transportasi ini bisa menjadi alternatif selain menggunakan kendaraan pribadi.

Sayangnya, jalur darat memang cukup padat pada masa-masa mudik Lebaran. Sehingga perjalanan Anda kemungkinan akan sangat terasa lama dan membosankan.

Alternatif lainnya untuk jalan darat adalah dengan menggunakan kereta api bisa jadi merupakan pilihan terbaik bagi para pemudik. Ini disebabkan perjalanan menggunakan kereta api cenderung lebih tepat waktu dibandingkan dengan jalur darat menggunakan bis.

Untuk masalah harga, tiket kereta api memang cukup bervariasi sesuai dengan kelas yang Anda pilih. Rata-rata tiket kereta dan bis untuk kelas bisnis berada di kisaran harga Rp250.000-Rp350.000 per penumpang.

Dengan waktu tempuh antar kota antar provinsi berkisar antara 6- 12 jam dalam sekali jalan. Bila Anda mudik seorang diri, Anda bisa menghabiskan biaya kurang dari satu juta rupiah untuk menuju kampung halaman dengan nyaman.

Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

Harga tiket pesawat sedang menjadi sorotan dan juga perhatian karena terjadi kenaikan yang sangat tinggi selama tahun 2019 ini. Jika di tahun-tahun sebelumnya Anda bisa menikmati penerbangan dengan biaya dibawah satu juta rupiah sekali terbang, maka hal ini tidak berlaku sekarang.

Tiket penerbangan termurah saat ini untuk kelas ekonomi berada di harga Rp1.000.000 per penumpang dan ini belum termasuk biaya kelebihan bagasi dan sebagainya. Kekurangan lainnya mudik menggunakan pesawat terbang adalah tidak bisa menjangkau kota-kota kecil di Indonesia.

Tetapi bila diilhat dari segi efisiensi waktu, perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang benar-benar sangat efisien. Anda bisa mencapai tempat tujuan dalam hari yang sama.

Dari pilihan-pilihan tersebut, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentunya apapun pilihan yang Anda tentukan, pastikan selalu menjaga kesehatan dan keselamatan selama perjalanan. Agar cita-cita Anda bertemu keluarga di kampung halaman bisa terwujud. -Qerja

Baca Juga : Ikut Mudik Gratis, Apa Saja Untungnya?

Sumber Gambar : jawapos.com 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next