Tips Menyewa Mobil Buat Mudik | Qerja

Tips Menyewa Mobil Buat Mudik

Eka Utami, 4 months ago
Tips Menyewa Mobil Buat Mudik

Mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi masih menjadi pilihan utama banyak orang, apalagi buat mereka yang sudah berkeluarga. Dengan menggunakan mobil sendiri, kita tak harus menyambung beberapa moda transportasi –dari rumah, ke terminal, stasiun, atau bandara, hingga angkot untuk menuju ke rumah di kampung-.

Kita juga tidak perlu repot menaikkan dan menurunkan barang berkali-kali dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Mobil yang dibawa mudik pun bisa digunakan untuk bersilaturahmi dan berwisata saat hari raya.

Sebagian orang yang tidak punya mobil sendiri ingin tetap merasakan kenyamanan mudik dengan memilih untuk menyewa kendaraan. Maka tak heran jika tempat penyewaan mobil ramai dikunjungi pelanggan menjelang Idul Fitri.

Jika Anda termasuk orang yang memilih pulang kampung dengan mobil sewaan, berikut beberapa tips  yang bisa diikuti.

Pilih Penyedia Layanan Sewa Mobil Terpercaya

Anda bisa meminta rekomendasi penyedia jasa penyewaan mobil dari keluarga atau teman yang sudah pernah mudik dengan mobil pinjaman. Testimoni dari pelanggan berpengalaman jauh lebih baik daripada Anda membaca iklan yang pemilik tempat penyewaan. Anda bisa menanyakan secara detail mengenai alasan kerabat menyewa mobil dari tempat tersebut, mulai dari perbandingan harga dengan penyedia jasa lainnya, servis, hingga kelengkapan asuransi kendaraan.

Namun, jika Anda mengandalkan usaha sendiri untuk mencari tempat penyewaan mobil, pilihlah penyedia jasa yang sudah terkenal, punya banyak cabang, dan servis 24 jam. Jika Anda mengalami kendala pada kendaraan saat mudik, maka mereka akan siap membantu.

Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Selain penyedia layanan sewa, Anda juga harus menimbang jenis mobil yang akan dipilih buat mudik. Biasanya, pemudik memilih jenis mobil keluarga alias multi purpose vehicle (MPV) yang bisa dibawa perjalanan jauh dan cukup untuk tujuh penumpang.

Selain jumlah penumpang, Anda juga perlu memperhitungkan banyaknya barang bawaan. Terkadang, meski Anda hanya mudik dengan keluarga yang berjumlah tiga atau empat orang, tapi dengankoper dan oleh-oleh cukup banyak, maka perlu memilih mobil MPV juga. Selain itu, Anda pun perlu menimbang barang yang akan dibawa dari kampung. Apalagi jika keluarga Anda terbiasa membawakan buah tangan dan hasil bumi untuk dibawa ke kota.

Baca Juga: Kehabisan Tiket Mudik? Temukan Solusinya Disini!

Bandingkan Harga Sewa

Saat sudah menentukan jenis mobil yang akan dipilih, Anda juga perlu mencari tahu harga sewa setiap kendaraan. Harga sewa berbagai jenis mobil untuk Lebaran 2019 hampir sama, sekitar Rp 500 ribuan untuk sehari. Harga bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata tergantung merk, dan kebaruan mobil. Penyedia jasa sewa mobil juga menawarkan harga paket mulai dari tiga sampai sepulluh hari, di mana lama waktu sewa juga menentukan harga.

Jika menemukan beberapa tempat penyewaan yang menawarkan harga sama, Anda bisa melihat fasilitas lainnya. Siapa tahu penyedia layanan sewa mobil juga menawarkan promo e-toll card. Jadi, harga sewa murah tidak selalu lebih baik. Anda harus bijak menimbang harga sewa yang reasonable.

Cek Persyaratan Sewa

Syarat utama penyewaan mobil untuk mudik adalah identitas asli penyewa seperti Kartu tanda Penduduk dan Surat Izin Mengemudi, serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Selain itu, jika penyewa memberikan jaminan kendaraan, maka STNK harus dengan nama pribadi.

Adapun untuk penyewa lepas kunci, ditambahkan syarat fotokopi pajak bumi bangunan (PBB), rekening listrik, dan rekening telepon. Pemilik tempat penyewaan juga akan mengecek kepemilikan rumah penyewa. Apabila penyewa mengontrak atau tinggal dengan orangtua, maka pemilik rumah harus bersedia menjamin.

Cek Kondisi Mobil

Sebelum menentukan pilihan mobil dan transaksi, Anda perlu mengecek kondisi kendaraan. Anda bisa memotret seluruh bagian bodi mobil, mulai dari depan, samping, belakang hingga bagian dalam. Dengan begitu, Anda dan penyedia jasa sewa tahu kondisi luar mobil sebelum dan sesudah disewa.

Setelah itu, Anda juga harus memeriksa lampu depan, rem, sein. Untuk pengecekan mesin, Anda perlu menyalakan mobil dan mendengarkan suaranya, apakah masih berjalan baik atau tidak. Pastikan juga kelayakan ban, wiper, dan AC berfungsi dengan baik.

Dengan pengecekan mobil rental keseluruhan, perjalanan ke kampung halaman akan terasa lebih nyaman. Semoga mudik Anda tahun ini berjalan lancar. –Qerja

Baca Juga: Perbandingan Biaya Mudik Tahun 2019, Pilih Yang Mana?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next