Bagaimana Cara Menghadapi Rekruter Di Job Fair | Qerja

Bagaimana Cara Menghadapi Rekruter Di Acara Job Fair

Riyan Sugandy, 4 months ago
Bagaimana Cara Menghadapi Rekruter Di Acara Job Fair

Datang ke sebuah job fair adalah salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan impian. Maka, peserta bursa kerja harus mengoptimalkan upaya untuk menonjolkan diri di antara ratusan pengunjung lainnya. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan perekrut dari perusahaan yang diincar, serta memamerkan pencapaian akademis dan pengalaman.

Tetapi, bicara dengan orang yang baru dikenal –perekrut- memang tidak mudah. Apalagi, kita seperti dituntut untuk membuat lawan bicara terkesan. Usahakan agar perekrut mengingat kita sebagai salah satu kandidat potensial.

Kabar baiknya, semua orang yang menghadiri job fair menghadapi masalah yang sama. Maka, kita perlu selangkah lebih maju dengan mempelajari kisi-kisi etika berbicara dengan perekrut di bursa kerja.

Mulai Dengan Senyuman 

Ketika sampai di hadapan perekrut, perkenalkan diri Anda sambil tersenyum. Senyuman bisa membuat Anda merasa lebih baik dan percaya diri. Senyuman bisa membuat lawan bicara menangkap kesan yang ramah.

Anda bisa berlatih senyum di depan cermin sebelum berhadapan langsung dengan perekrut. Kalau perlu, Anda dapat meluangkan waktu untuk melihat senyum dan keseluruhan penampilan Anda di toilet sebelum masuk ke tempat penyelenggaraan job fair. Pastikan Anda memasang senyum terbaik yang tulus, bukan senyum miris yang dipaksakan.

Jabat Tangan Erat

Saat berkenalan, Anda pasti berjabat tangan dengan perekrut. Lakukan jabat tangan formal Anda dilakukan dengan benar. Ambil inisiatif untuk mengulurkan tangan lebih dulu, lalu sambut tangan perekrut dan genggam dengan tegas –jangan terlalu kuat atau lemah. Kemudian berikan sedikit gerakan tangan ke atas dan ke bawah.

Sambil berjabat tangan, Anda dan perekrut saling menyebutkan nama masing-masing. Perhatikan saat ia mengatakan namanya. Anda bisa mengulang penyebutan nama perekrut agar lebih terpatri dalam ingatan.

Perkenalkan Diri

Setelah saling memperkenalkan nama, Anda bisa memberikan informasi identitas diri lebih jauh. Anda bisa menyebutkan latar belakang pendidikan dan tahun kelulusan. Setelah melewati tahap perkenalan singkat, mungkin perekrut akan mengajak Anda untuk masuk ke stand, mengisi beberapa data hingga meminta salinan CV.

Sebagai tambahan basa-basi untuk mengisi kekosongan pembicaraan saat sedang mengisi data, Anda bisa mengungkapkan perasaan senang karena telah diberi kesempatan untuk bicara dengan perekrut. Anda juga dapat mengungkapkan alasan singkat tentang latar belakang pendidikan yang bisa memenuhi syarat yang diajukan ;perusahaan.

Gali Informasi Sebanyak Mungkin

Pada titik ini, Anda mungkin sudah berada dalam situasi dan tempat yang cukup nyaman untuk berbicara. Cobalah untuk menggali informasi yang cukup mengenai kebutuhan pekerja yang dia butuhkan dan apa yang bisa Anda tawarkan.

Momen ini mungkin akan sangat sulit terjadi sebenarnya karena venue yang ramai dan berbagai kebutuhan. Usahakanlah untuk melakukan ini ketika kondisi venue agak sepi atau tidak terlalu ramai dengan pengunjung yang datang.

Buat Penutup Yang Berkesan

Setelah “menjual diri” dengan memamerkan segala kelebihan, kemudian Anda akan terlibat sesi tanya jawab singkat. Pilih pertanyaan penting yang ingin Anda tahu mengenai perusahaan dan jenjang karir. Kemudian, tutup pembicaraan dengan mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan perekrut.

Terakhir, Anda bisa menanyakan cara terbaik untuk mengetahui proses perekrutan selanjutnya. Apakah perusahaan akan menghubungi atau pelamar harus memantau dari situs perusahaan? Lalu, Anda juga perlu meminta cara berhubungan dengan perekrut lebih lanjut. Dengan begitu, Anda bisa mengucapkan terima kasih kembali lewat email, menanyakan hasil seleksi, hingga menambah jaringan baru.

Dengan memberikan kesan baik selama di job fair, perekrut akan menilai Anda sebagai salah satu kandidat yang patut diperhitungkan. Ingin mencoba berinteraksi langsung dengan rekruter selama job fair berlangsung?

Yuk, datang ke acara Qareer Carnival 2019 Jakarta tanggal 28-29 Juni 2019. Dengan menghadirkan 40 perusahaan dari berbagai industri, kalian bisa langsung berinteraksi dengan rekruter di acara ini. Daftar Qareer Carnival 2019 Jakarta sekarang juga sebelum terlambat!  –Qerja

Baca Juga : Benarkah Waktu Yang Tepat Untuk Resign Adalah Setelah Lebaran?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami