5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda | Qerja

5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda

Qerja, 4 years ago
5 Jenis Rekan Kerja yang Harus Diwaspadai Demi Kelancaran Karier Anda

Bekerja bukan saja untuk mencari nafkah bagi kelangsungan hidup Anda dan keluarga. Bekerja juga artinya mendapatkan keluarga baru yang sebelumnya tidak Anda kenal namun akan selalu Anda temui selama bekerja di tempat tersebut.

Dalam proses kerja sama di kantor, tidak jarang Anda menemukan beberapa kendala. Dari mulai masalah kerja, masalah pribadi, dan masalah yang timbul akibat gesekan rekan sekerja. Hal yang terakhir ini harus Anda sikapi dengan serius karena akan mempengaruhi karier Anda ke depannya.

Anda harus bisa mencermati seperti apa tipe rekan kerja Anda. Yang mana yang harus diwaspadai dan mana yang bisa dijadikan rekan tempat berbagi. Jangan sampai kebaikan Anda dijadikan alat untuk kemajuan karier rekan kerja, sementara Anda yang bekerja keras tidak mendapatkan apa-apa.

Berikut beberapa tipe rekan kerja yang harus diwaspadai karena akan menganggu peningkatan karier Anda di tempat kerja:

qc-jkt-2019

1. Si Sok Senior
Yang seringkali menciptakan ketimpangan di kantor adalah mereka yang sudah lebih dulu menjadi karyawan tetap, alias para “senior”. Mereka kadang bertindak semaunya dan kerap melebihi atasan dalam hal perintah sana sini.

Bila Anda adalah karyawan baru, apalagi masih dalam status kontrak, tak heran jika sering kali menjadi sasaran. Tentunya Anda terganggu dengan sikap mereka yang menonjolkan senioritas, dan ini akan mengganggu kinerja Anda sebagai karyawan baru.

Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda perhatikan kondisi dan sistem yang diterapkan kantor terlebih dahulu. Bila sistem senioritas itu sudah lama berjalan, baiknya Anda ikuti saja kondisi tersebut dengan sabar sampai Anda diangkat menjadi karyawan tetap.

Tetapi kalau ternyata kantor Anda menerapkan sistem demokratis dan tak pandang senioritas, Anda bisa melaporkan mereka pada atasan.

2. Pendompleng
Rekan kerja seperti ini akan menunjukkan dari pembicaraannya bahwa dia sudah banyak bekerja, padahal kenyataannya dia malah “mendompleng” pekerjaan yang Anda lakukan.

Sebaiknya tunjukan sikap yang tegas pada tipe rekan kerja seperti ini, termasuk menegurnya saat dia tidak bekerja dan hanya mengakui pekerjaan yang sudah Anda lakukan sebagai pekerjaanya.

Masih belum kapok juga? Lapor pada bos!

3. Tak Beretika
Pasti Anda sangat terganggu saat sedang bekerja sementara rekan di sebelah Anda memukul meja sambil berteriak mendengarkan musik. Atau saat Anda sedang dikejar deadline, dia malah mengajak ngobrol dan mengosipi si Bos.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next